Dosen UBSI Gelar PM Komunikasi Efektif dalam Keluarga

Oleh : Herry Barus | Minggu, 19 Maret 2023 - 07:49 WIB

Dosen UBSI Gelar PM Komunikasi Efektif dalam Keluarga
Dosen UBSI Gelar PM Komunikasi Efektif dalam Keluarga

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Komunikasi keluarga adalah pembentukan pola kehidupan dimana dalam keluarga terdapat unsur pendidikan, membentuk sikap dan membentuk perilaku anak yang berpengaruh pada perkembangan anak.

Peran keluarga dalam tumbuh kembang sangatlah penting. Karena itu, orang tua harus menguasai pola komunikasi yang efektif dalam mendidik anak agar dapat berkomunikasi dengan baik, baik kepada keluarga ataupun dengan masyarakat.

Hal itu terungkap saat Sejumlah dosen dan mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) menggelar kegiatan pengabdian masyarakat (PM) dengan tema Mengusung tema Komunikasi Efektif dalam Keluarga, di kampus UBSI Kaliabang, Kota Bekasi, Sabtu (18/3/2023).

Menggandeng mitra dari  Keluarga PKK RW 09 Prima Harapan Regency, Bekasi Utara yang lokasinya berada tak jauh dari kampus UBSI Kaliabang, kegiatan PM kali ini diketuai Faqihar Risyan S.Ikom, MM dengan anggota Wulan Muhariani M.I.Kom, Sri Wulandari M.Ikom dan Dhefine Armelisa S. Ikom, M.M, serta melibatkan lima mahasiswa dari Prodi Ilmu Penyiaran.

"Kasih sayang orangtua pada anak dan sikap orang tua menghadapi anaknya penting untuk pendidikan sang anak. Penuturannya dalam menanamkan nilai–nilai dalam kehidupan baik tentang agama, lingkungan sekitar dan sosial budaya yang diajarkan adalah bagian penting untuk membentuk anak dengan pribadi yang baik dan bisa membaur dengan masyarakat," terang Wulan Muhariani, yang bertindak sebagai penyampai materi.

Menurut dia, keluarga adalah pendidikan pertama yang diperoleh anak. Karakter anak juga akan terbentuk dengan menggunakan komunikasi yang diajarkan oleh keluarga. "Orang tua bertindak sebagai model seperti sifat atau perilaku yang dilakukan orang tua terhadap anaknya atau orang lain maka, itu yang akan dilakukan anak tersebut kepada temannya atau orang lain," katanya.

Sementara itu, Budi Santoso, ketua RW 09 Prima Harapan Regency, Bekasi Utara menyambut baik kegiatan PM yang melibatkan warganya. Menurutnya, kegiatan PM ini sebagai wujud kolaborasi antara dunia kampus dengan masyarakat sekitar. "Ini merupakan sinergi yang bagus, di mana insan kampus bisa memberikan pengetahuan kepada masyakarakat, sehingga masyarakat dapat meningkatkan kemampuannya," katanya.

Budi berharap agar kegiatan semacam ini terus dilakukan agar masyarakat yang dipimpinnya dapat mengembangkan diri dalam mendidik putra-putrinta, dan juga bisa mengembangkan komunikasi yang efektif agar dapat mencapai tujuan-tujuan yang diimpikan. "Saya sangat mendukung sekali kegiatan semacam ini. Kedepannya, kolaborasi seperti ini terus berlanjut," tandasnya.

Antusias warga terlihat dengan banyaknya pertanyaan diajukan. Acara ditutup dengan pembagian hadiah dan foto bersama

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…