Akademisi IPB: Penyakit Jembrana pada Sapi Bali Tidak Menular ke Manusia

Oleh : Wiyanto | Selasa, 28 Februari 2023 - 16:14 WIB

Dosen IPB
Dosen IPB

INDUSTRY.co.id-Bogor-Dosen Divisi Kesmavet dan Epidemiologi pada Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis IPB University, Denny Widaya Lukman menyampaikan, agar masyarakat tidak perlu khawatir mengkonsumsi daging sapi yang tertular penyakit Jembrana karena penyakit Jembrana tidak menular ke manusia.

“Penyakit Jembrana tidak dapat ditularkan dari sapi ke manusia, artinya penyakit ini tidak bersifat zoonotic,” ungkap Denny yang juga merupakan Anggota Komisi Ahli Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat Veteriner, dan Karantina Hewan Kementerian Pertanian. “Jika orang berdekatan dengan sapi yang sakit atau mengkonsumsi daging sapi tertular jembrana, maka orang tidak akan tertular,” imbuhnya menerangkan melalui keterangan tertulisnya pada hari ini Selasa (28/02).

Denny menjelaskan, penyakit Jembrana merupakan penyakit menular hanya pada sapi Bali (tidak menular ke sapi jenis lain) yang disebabkan oleh virus. Ia sebutkan, penyakit Jembrana hanya ditularkan di antara Sapi Bali melalui kontak langsung atau dapat ditularkan melalui lalat.

“Jadi, jika daging berasal dari Sapi Bali yang tertular penyakit Jembrana, maka orang yang mengonsumsinya tidak akan sakit atau tertular oleh virus tersebut”, ungkap Denny.

Ia pun menjelaskan, virus Penyakit Jembrana tidak tahan dengan pemasakan daging. “Virus dapat “dimatikan” dengan pemanasan (dimasak) pada suhu minimal 55 derajat Celcius selama minimal 15 menit, artinya dengan merebus daging atau memanggang daging maka virus akan mati,” ujarnya menuturkan.

Lebih lanjut Denny menjelaskan, untuk menjamin keamanan dan kelayakan daging yang dikonsumsi masyarakat, maka daging sapi sebaiknya yang berasal dari Rumah Potong Hewan (RPH) resmi. Menurutnya, daging tersebut berasal dari sapi yang telah diperiksa kesehatannya sebelum dipotong, serta diperiksa daging dan jeroannya oleh Dokter Hewan, sehingga daging dijamin kesehatan dan kebersihannya.

“Daging yang berasal dari Rumah Potong Hewan resmi ditandai dengan adanya “cap” pada permukaan daging,” ungkap Denny.

Ia pun mengajak masyarakat agar konsumen tidak perlu khawatir dan takut mengonsumsi daging dengan membeli daging pada kios dan pedagang langganan atau kios resmi. “Masaklah daging dengan baik agar kita terhindar dari kuman-kuman penyakit seperti kuman penyebab diare,” Imbuh Denny.

“Saya memberikan apresiasi terhadap upaya Kementerian Pertanian (Kementan) yang bergerak cepat melakukan pengendalian Jembrana dengan melaksanakan tindakan-tindakan pengendalian dan penanggulangan PMK," kata Denny. “Saya lihat pendampingan dan koordinasi secara intensif terus dilakukan, terutama dalam melakukan kegiatan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) kepada masyarakat dan peternak agar penyakit ini segera terkendali,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:30 WIB

Dukung Proyek IKN, Industri Keramik Siap Investasi di Kaltim

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) optimis pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN)…

Proses bongkar muat sekam padi di storage area sekam padi di Pabrik Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Rabu, 24 April 2024 - 18:13 WIB

Keren! Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca, SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif Menjadi 559 Ribu Ton

Jakarta– Isu perubahan iklim yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca (GRK) telah menjadi perhatian dunia, dengan munculnya komitmen global untuk mewujudkan net zero emission pada 2060.

Industri keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:00 WIB

Asaki Desak Pemerintah Segera Terapkan Antidumping Keramik China, Besaran Tarif Capai 150%

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mendesak KADI untuk bekerja serius dan segera menerapkan kebijakan Antidumping untuk produk keramik impor asal Tiongkok yang secara tren tahunan…

Platform Teknologi Laboratorium di Indonesia Digelar untuk Ketujuh Kalinya

Rabu, 24 April 2024 - 17:56 WIB

Program Keberlanjutan dan Kecerdasan Buatan Menjadi Topik Hangat pada Pameran Lab Indonesia 2024

Jakarta– Lab Indonesia 2024 kembali mempertemukan elit industri laboratorium ilmiah dan analisis pada tanggal 24 – 26 April 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).

Pembukaan kantor baru Thermo Fisher Scientific

Rabu, 24 April 2024 - 17:50 WIB

Ekspansi di Asia Pasifik, Thermo Fisher Scientific Buka Kantor di Jakarta dan Jalin Kemitraan Baru

Perusahaan menandatangani dua Nota Kesepahaman (MoU) dengan National Battery Research Institute dan Mandaya Hospital Group sebagai bagian dari ekspansi strategisnya di Indonesia