Mentan SYL Buka Peluang Hilirisasi Cokelat dan Pangan Lokal untuk Perhotelan

Oleh : Wiyanto | Kamis, 23 Februari 2023 - 23:01 WIB

Mentan SYL bersama Accor
Mentan SYL bersama Accor

INDUSTRY.co.id-Surabaya - Pangan lokal berhasil menembus dan memenuhi kebutuhan pasar perhotelan, lewat inisiasi Kementerian Pertanian (Kementan), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerjasama dengan hotel - hotel dibawah Accor Group, produk cokelat dalam negeri kini turut berhasil menembus pasar perhotelan.

Saat menghadiri dan membuka acara Exhibition Accor : City of All, Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengungkapkan bahwa Indonesia merupakan negara terbesar ke-4 dunia, dengan potensi pertaniannya yang cukup besar.

“Apa yang kita lakukan hari ini adalah bukti bahwa Indonesia adalah negara ke-4 terbesar, kita punya 27ribu pulau, masyarakat kita hampir 280 juta jiwa, ini bagian dari upaya kita bersama dalam mendekatkan UMKM Pertanian pada kebutuhan global” Ungkap Mentan SYL di Atrium Tunjungan Plaza Surabaya.

Dengan potensi besar tersebut, lanjut Mentan SYL, tidak akan mungkin bagi pertanian Indonesia untuk dapat terus kuat dan bertumbuh tanpa upaya - upaya bersama antara pemerintah pusat, daerah, industri maupun sektor swasta.

“ini merupayakan bagian dari upaya - upaya kita untuk mengkanalisasi berbagai potensi yang ada di Indonesia, pertanian kita membutuhkan ruang ruang untuk bisa berakselerasi lebih kuat dan masif, dan ini membutuhkan tangan - tangan kita semua” tengas Mentan SYL.

Dikesempatan yang sama, Senior Vice President Operations and Government Relations Accor Indonesia & Malaysia, Adi Satria, mengungkapkan bahkan pihaknya bersama Kementan terus berkomitmen dalam memperluas upaya - upay hilirisasi dari produk - produk pertanian dalam negeri.

“Dengan Kementan kita sudah banyak melakukan kerjasama dimulai dengan Ditjen Tanaman Pangan, kita melakukan kerjasama pertama kali waktu itu di Bandung, menggunakan berbagai macam produk pangan lokal, kita lanjutkan di Yogyakarta dengan petani petani singkong yang di Jawa Tengah dan sekitarnya, sekarang kita lanjutkan dengan kopi, cokelat, teh, dan produk produk lainnya dari perkebunan, jadi ini akan terus kita kembangkan” terangnya.

Ia menambahkan kerjasama ini diharapkan tidak hanya berdampak positif pada pembangunan sektor pertanian di Indonesia, tetapi juga memberi dampak baik dan kontribusi positif terhadap pembangunan pariwisata dalam negeri.

“Dengan menggunakan produk - produk Indonesia, kami harapkan pada saat yang bersamaan, kerjasama ini juga turut membantu pariwisata yang ada di Indonesia, dengan menggunakan ekosistem dan produk di Indonesia yang bisa kita kembangkan menjadikan produk yang ada di hotel” jelasnya.

Melanjutkan pengembangan kerjasama sektor pertanian dengan accor group, dalam acara ini juga juga dilakukan penandatanganan kerjasama antara Movenpick Hotel Surabaya City dengan sejumlah Kelompok Tani dan UMKM Cokelat yang berada di Jawa Timur seperti Glen Choco / Doesoen Kakao (Banyuwangi), Vicco Java Heritage (Jember), Madcho (Madiun), Tigco (Trenggalek), Moodco Fine Chocolate (Batu), Cokelat Majapahit (Mojokerto), Korte (Surabaya).

“Jadi ini kita coba dulu di Jawa Timur, karena kita mempunyai beberapa hotel juga di Jawa Timur, dan nanti kita akan perluas ke daerah lain seperti biasa” tutup Adi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:45 WIB

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Jakarta - Koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral serta sosialisasi kebijakan yang masif menjadi kunci keberhasilan mudik sehat dan aman. Hal ini penting dilakukan mengingat jumlah pemudik…