HSE Magazine Diluncurkan, Fokus pada Health, Safety, and Environment

Oleh : Hariyanto | Rabu, 01 Februari 2023 - 09:24 WIB

Peluncuran HSE Magazine
Peluncuran HSE Magazine

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Kasus kecelakaan kerja di Indonesia cenderung terus meningkat dari tahun ke tahun. Mengutip data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, dalam dua dasawarsa terakhir, kasus kecelakaan kerja yang terjadi telah meningkat lebih dari 100 persen, dari 104.714 kasus pada 2001 menjadi 265.334 pada 2022.

Berdasarkan catatan BPJS Ketenagakerjaan, setiap hari rata-rata 7 – 8 pekerja meninggal dunia akibat kecelakaan kerja. Sedangkan 19 pekerja lainnya setiap hari mengalami cacat akibat kecelakaan kerja. Atas kecelakaan kerja tersebut, BPJS Ketenagakerjaan pada 2021 telah menggelontorkan uang sebesar Rp1,79 triliun untuk membayar klaim. Jumlah ini meningkat 14,97% dibandingkan pada tahun sebelumnya yang sebesar Rp1,56 triliun.

Kecelakaan kerja tak sekadar mengakibatkan banyak pekerja meninggal dunia atau mengalami cacat. Tapi juga menyisakan duka amat mendalam bagi orang-orang di sekeliling korban. Berapa banyak istri kehilangan suami, anak kehilangan ayah, ibu kehilangan anak, dan sebagainya, akibat pekerja meninggal dunia lantaran mengalami kecelakaan kerja.

Lebih dari itu, kecelakaan kerja juga menyebabkan kerusakan bagi peralatan kerja, terhentinya produksi karena kecelakan yang menyebabkan pekerja meninggal dunia akan diselidiki aparat kepolisian, menurunkan citra (brand image) perusahaan, dan berpotensi anjloknya nilai perdagangan saham di lantai bursa.

“Intinya, kecelakaan kerja tidak hanya berdampak pada timbulnya korban di kalangan pekerja, tetapi juga sangat berpotensi merugikan perusahaan. Contohnya British Petroleum yang merugi 4,9 miliar dolar AS atau sekitar Rp44,1 triliun akibat tumpahan minyak di Teluk Meksiko. Di Indonesia ada juga PT Lapindo Brantas yang bangkrut gara-gara semburan lumpur lapindo,” kata Irnanda Laksanawan, Chairman HSE Magazine yang diterbitkan oleh PT Multi Media Ultima (MMU) pada peluncuran HSE Magazine di Sky Menara Imperium, Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Menurut Irnanda, HSE Magazine adalah sebuah media massa berbasis platform printing, e-magazine, digital, dan media sosial yang memfokuskan diri pada bidang garapan HSE (Health, Safety, and Environment) sebagai sajian utama informasinya. 

Lewat aneka sajian informasi yang tayang di HSE Magazine, pihaknya berupaya turut membantu program pemerintah dalam upaya mereduksi angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja sekaligus membudayakan aspek safety khususnya K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) di dunia industri Indonesia.

HSE Magazine mendukung upaya-upaya pemerintah dan korporasi di Indonesia untuk lebih mensosialisasikan keselamatan dan kesehatan kerja, safety, pengendalian sekaligus pencegahan risiko agar bisa terhindar dari berbagai potensi kecelakaan kerja dan kesehatan kerja di tempat kerja maupun sewaktu dalam perjalanan ke dan dari tempat kerja karena kurangnya dalam disiplin berlalu-lintas.

“Kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja nihil, pekerja selamat dan sehat, produktivitas meningkat, perusahaan untung, pekerja sejahtera, dan pada gilirannya berkontribusi terhadap pendapatan negara dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi secara nasional. Safety will bring a lot of happiness. Itulah tagline HSE Magazine, keselamatan untuk kebahagiaan kita semua,” katanya.

Dikatakan, safety adalah kebutuhan utama kita semua dalam hidup dan kehidupan termasuk menyelamatkan lingkungan untuk keberlangsungan kehidupan manusia dan alam secara harmoni dan serasi sehingga terhindar dari bahaya longsor, banjir, dan berbagai bencana lainnya.

“Marilah kita semua menggelorakan kehidupan yang harmoni, berkeseimbangan dan menjaga serta merawat semesta alam yang Allah SWT ciptakan agar kita bisa menjaganya demi keberlangsungan kehidupan manusia yang lebih baik, sehat dan bugar,” ajak Irnanda.

“Penerbitan HSE Magazine merupakan kontribusi anak bangsa untuk ikut menjaga masyarakat, alam dan bumi kita yang hanya satu ini, untuk dijaga dan dirawat agar bisa memberikan kehidupan yang lebih baik untuk kita semua sebagai penghuni planet bumi. Merawat jagat khususnya bumi Indonesia tercinta juga harus dengan menjaga manusianya untuk sehat dan terhindar dari kecelakaan apapun jenis pekerjaannya baik di tempat kerja, perjalanan, maupun di rumah,” pungkasnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…