Kolaborasi Hokben dan Rebricks Sulap Sampah Plastik Mika Menjadi Roster

Oleh : Hariyanto | Selasa, 31 Januari 2023 - 14:11 WIB

Sugiri Willim, Operational Director PT. Eka Bogainti
Sugiri Willim, Operational Director PT. Eka Bogainti

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sampah merupakan masalah bersama. Saat ini sampah plastik menjadi pembicaraan penting di dunia pengelolaan sampah. Dari semua jenis sampah plastik, terdapat jenis yang sulit untuk didaur ulang, salah satunya adalah plastik mika atau PVC (Polyvinylchloride) karena jenis sampah ini dapat mengeluarkan zat berbahaya jika salah dalam mengolahnya, oleh karena itu harus menemukan metode yang tepat untuk mengolahnya. 

PT. Eka Bogainti melalui brand HokBen yang merupakan pelopor makanan khas bergaya Jepang yang sangat peduli dengan lingkungan, sejak tahun 2011 telah mengganti kemasan makanannya dari kotak berbahan Polystrene diperbaharui dengan ditambahkan bahan oxium agar membuat lebih cepat terurai. 

Kemasan makanan yang digunakan HokBen memerlukan kurang lebih 4 tahun untuk dapat terurai, menyadari hal tersebut HokBen bekerjasama dengan Rebricks untuk mengolah sampah kemasan makanannya yang terbuat dari mika untuk dijadikan sesuatu yang berguna dan bernilai yaitu roster. 

Plastik mika adalah sampah plastik tertolak yang sudah tidak memiliki nilai ekonomis. Roster merupakan komponen dinding yang berfungsi sebagai lubang angin yang membantu sirkulasi udara, mempercantik dinding rumah untuk menambahkan ornamen-ornamen di dinding rumah dan memperbaiki tata cahaya ruangan untuk menghemat penggunaan lampu sehingga membantu menghemat penggunaan listrik. 

Pada umumnya roster terbuat dari tanah liat, batako, dan beton. HokBen dan Rebricks membuat roster dengan salah satu komposisinya adalah sampah kemasan makanan HokBen yang terbuat dari mika, 1 roster yang dibuat mengandung 10 buah sampah plastik mika bekas HokBen. Dengan mengolah sampah plastik menjadi barang yang dapat digunakan, berarti sudah mengurangi penimbunan sampah. 

Sebagai perusahaan makanan yang peduli terhadap lingkungan, pada tanggal 31 Januari 2023, HokBen dan Rebricks menandatangani MOU kerjasama untuk mengolah sampah plastik. Dalam 1 tahun akan mengolah 1 ton sampah plastik mika bekas HokBen. Tetapi tidak hanya sampai disitu, HokBen dan Rebricks akan terus menambah target pengolahan sampahnya dan akan terus berkembang untuk membuat variasi produk lainnya. 

"Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan Rebricks dalam hal pengolahan sampah plastik mika bekas. HokBen berkolaborasi dengan Rebricks berinovasi untuk mengolah kembali sampah plastik mika bekas HokBen menjadi barang yang berguna dan bernilai yaitu roster. Hal ini sesuai dengan purpose perusahaan ‘bring goodness to nourish people’ HokBen selalu membawa kebaikan untuk kehidupan masyarakat," kata Sugiri Willim, Operational Director PT. Eka Bogainti yang dikutip INDUSTRY.co.id, Selasa (31/1/2023).

"HokBen juga ‘Berupaya terus menerus dalam menciptakan nilai tambah bagi masyarakat melalui inovasi dan teknologi’ Kolaborasi ini juga merupakan wujud kepedulian HokBen terhadap lingkungan," lanjut Sugiri.

Roster yang dihasilkan oleh Rebricks memiliki motif khusus sesuai dengan community pattern HokBen yaitu nilai nilai yang menjiwai setiap pelayanan di HokBen. 

Rebricks ini telah digunakan di sebelas (11) gerai HokBen sebagai bagian dari disain ruangan HokBen, antara lain : 1. HokBen Bukittinggi, Sumatera Barat 2. HokBen The Park, Sawangan 3. HokBen Sultan Agung, Kranji, Bekasi 4. HokBen Lampung 5. HokBen Pontianak 6. HokBen Harapan Indah, Bekasi 7. HokBen Lubuk Lingau, Sumatera Selatan 8. HokBen Duri Mandau, Riau, Pekanbaru 9. HokBen Pondok Indah Mal 1 10. HokBen Slipi Jaya 11. HokBen Magelang Total keseluruhan roster yang dipakai tersebut terdiri dari 16.380 buah plastik mika bekas yang sudah terolah atau 128 kilogram sampah plastik mika. 

“Kami mengajak seluruh masyarakat, khususnya pelanggan setia HokBen untuk turut mengembalikan sampah plastik mika bekas HokBen yang sudah dibersihkan ke seluruh gerai HokBen di Indonesia.” pungkas Sugiri Willim

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…