Prajurit Ajusta Bersama Warga Gotong Royong Bangun Rumah Adat

Oleh : Herry Barus | Rabu, 25 Januari 2023 - 04:37 WIB

Prajurit Ajusta Bersama Warga Gotong Royong Bangun Rumah Adat
Prajurit Ajusta Bersama Warga Gotong Royong Bangun Rumah Adat

INDUSTRY.co.id - Ambon ---  Wujud kepedulian terhadap kelestarian budaya di daerah penugasan, Pos Pelauw yang tergabung dalam Satgas Pamrahwan Maluku Yonarmed 1 Kostrad melaksanakan gotong royong bersama masyarakat membangun rumah adat. Hal tersebut disampaikan Danpos Pelauw Letda Arm Eko Y dalam rilis tertulisnya di Desa Pelauw, Kec. Pulau Haruku, Kab. Maluku Tengah, Senin (23/01/2023).

Dikatakan Danpos, rumah adat atau biasa disebut warga Pelauw “Rumah Soa” yang dibangun tersebut merupakan rumah adat untuk marga Tuankotta. Tentunya ini memiliki nilai kearifan lokal tersendiri untuk dijaga dan dipertahankan oleh kita bersama. Demikian keterangan dari Dispen TNI dan  Pen Satgas Yonarmed 1 Kostrad

“Kami senang dan bangga bisa membantu masyarakat Pelauw  dalam membangun rumah adat Tuankotta, terlebih hal ini turut menjunjung tinggi dan menjaga kearifan lokal masyarakat yang ada di Maluku, disisi lain kami hadir di tanah Maluku ini membawa kedamaian dan selalu berusaha memberikan solusi bagi masyarakat,” ucap Danpos.

Kegiatan pembagunan ini di awali dengan pembacaan doa dilanjutkan peletakan batu pertama oleh pemimpin rumah adat. Adapun yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu seluruh warga Pelauw, para tokoh pemimpin rumah adat, personel Satgas Pos Pelauw dan dibantu oleh anggota Polri sektor Pelauw.

“Upaya pembinaan teritorial akan terus kami lakukan demi terwujudnya sinergitas TNI dan masyarakat di wilayah penugasan serta terciptanya kedamaian di Pulau Haruku khususnya,” tambah Danpos.

Sementara itu, Karim Tuankotta salah satu warga setempat mengungkapkan jika dirinya sangat mengapresiasi anggota Satgas yang ikut membantu pembangunan rumah adat ini. “Kami sangat senang dan mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak dari TNI yang  selalu hadir membantu masyarakat di sini, tidak hanya saat pembangunan seperti ini namun juga untuk layanan kesehatan, pemberdayaan ekonomi dan kegiatan lainnya yang dilakukan untuk desa kami,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wamentan bersama Badan Karantina

Senin, 30 Januari 2023 - 22:18 WIB

Wamentan Sebut Program Gratieks Dukung Percepatan Pembangunan Pertanian Sulbar

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi meresmikan pembangunan renovasi Kantor Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Sulawesi Barat (Sulbar) di Kabupaten Mamuju.

Ekonomi Bisa Tumbuh 5,3% Jika Konsumsi Domestik Terjaga

Senin, 30 Januari 2023 - 21:33 WIB

Ekonomi Bisa Tumbuh 5,3% Jika Konsumsi Domestik Terjaga

Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, pemulihan ekonomi nasional terus berlanjut. Menurutnya, pondasi perekonomian Indonesia masih kuat.

Kedepankan Kampanye Program dan Gagasan, KIB Koalisi Paling Solid

Senin, 30 Januari 2023 - 21:21 WIB

Pengamat: Kedepankan Kampanye Program dan Gagasan, KIB Koalisi Paling Solid

Jakarta- Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menyatakan akan mengadakan pertemuan pekan ini. Pertemuan Golkar, PAN, dan PPP itu diagendakan akan membahas sosok capres yang bakal diusung KIB.

SHAREit catat pertumbuhan sangat baik sepanjang 2022.

Senin, 30 Januari 2023 - 20:21 WIB

Catat Pertumbuhan Sangat Baik, Ini Capaian SHAREit Group Sepanjang 2022

Catat pertumbuhan pendapatan sangat baik sepanjang 2022, SHAREit Group targetkan pertumbuhan lebih tinggi di 2023.

Ninja Xpress rilis hasil analisa tren Live Selling di Indonesia.

Senin, 30 Januari 2023 - 20:12 WIB

Ninja Xpress Fasilitasi Shipper Dalam Melakuikan Live Selling

Ninja Xpress melalui Creative Business Solutions memfasilitasi shipper untuk mengoptimalkan live selling yang trennya sedang naik di Indonesia.