Datangi Sandiaga Uno, Pembalap Ini Minta Sirkuit di Jakarta

Oleh : Ridwan | Minggu, 09 Juli 2017 - 11:29 WIB

Wagub DKI Sandiaga Uno (Foto: Dok Industry.co.id)
Wagub DKI Sandiaga Uno (Foto: Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pebalap Indonesia, Ali Adrian, menyampaikan keinginannya agar Jakarta memiliki sirkuit balap kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Sandiaga Salahuddin Uno.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno usai menerima kedatangan Ali Adrian di kediamannya, di Jalan Polumbangkeng, Jakarta (8/7/2017).

"Tadi saya di-update rencana dulu untuk membangun sirkuit bertaraf internasional untuk di Jakarta," ungkap Sandi.

Sandiaga menuturkan, keinginan Ali tersebut sebelumnya sudah pernah diajukan kepada mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Rencana itu mendapat respons positif dari Ahok. Bahkan, pembahasannya sudah cukup panjang bersama BUMD Jakarta, Jakpro.

"Tapi belum ada kelanjutannya. Jadi ini yang ditampung. Tadi persentasinya sudah dikasih. Saya akan minta tim OK OSport mengkaji," ujarnya.

Saat pembahasan bersama Ahok, Sandiaga menyampaikan cerita Ali bahwa lahan DKI yang tersedia untuk membangun sirkuit itu berada di Tegal Alur, Jakarta Timur. Lahan seluas 60 hektare itu bisa dijadikan sirkuit dengan jangka waktu pembangunan selama 16 bulan.

Sandiaga sendiri belum memutuskan permohonan Ali dan manajemennya, David Garcia. Namun, ia mengaku akan mendorong wacana tersebut agar memajukan olahraga otomotif. Sebab, ia merasa ironis bahwa Indonesia yang merupakan pasar motor terbesar di dunia, belum mampu menghasilkan industri dan olahraga bidang otomotif yang membanggakan.

"Karena kalau lihat tim-tim Moto GP kan ada Satu Hati One Heart (tagline Honda), Semakin Di Depan (tagline Yamaha). Itu menunjukkan bahwa Indonesia itu penting banget untuk industri motor di dunia," katanya.

Sandiaga menilai, Ali bisa menjadi pebalap sekelas Valentino Rossi dan Mark Marques. Karena itu, ia akan menampung mimpi pebalap muda itu untuk memiliki sirkuit kelas dunia di Jakarta. Jika mimpinya itu bisa terwujud, Sandi menyatakan akan menerapkannya dengan public private partnership, yaitu menggandeng pihak swasta untuk membangun infrastruktur. "Stadion sepak bola pun akan undang investor swasta untuk membangunnya," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim Bank Mandiri Singapura

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:48 WIB

BMSG Lanjutkan Komitmen Keberlanjutan Bank Mandiri di Mancanegara

Bank Mandiri Singapura (BMSG) baru-baru ini menyelenggarakan acara bertajuk “BMSG on Preference“ mengusung tema “Elevating ESG Impact,“ acara perdana ini bertujuan meningkatkan kesadaran,…

Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman Memasuki Panen Raya 2024

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:36 WIB

Alhamdulilah! Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman

Jakarta - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroda) memastikan stok beras di Jakarta dinyatakan aman memasuki panen raya.

(kiri ke kanan) Direktur Network & IT Solution Herlan Wijanarko, Direktur Wholesale & International Service Bogi Witjaksono, Direktur Strategic Portfolio Budi Setyawan Wijaya, Direktur Digital Busines Muhamad Fajrin Rasyid, Direktur Utama Ririek Adriansyah, Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Heri Supriadi, Direktur Human Capital Management Afriwandi, Direktur Group Business Development Honesti Basyir, dan Direktur Enterprise & Business Service FM Venusiana R

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:12 WIB

Telkom Bagikan Dividen Rp17,68 Triliun atau Tumbuh 6,5% YoY

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk telah menyelesaikan Rapat Umum Pemegang Saham Tahun Buku 2023 di Jakarta pada Jumat (3/5). Rapat menyetujui pembagian dividen tunai sebesar Rp17,68 triliun…

56% Perempuan Pemilik UKM di Indonesia Mengalami Peningkatan Pendapatan Sejak Menerima Pembayaran Digital

Jumat, 03 Mei 2024 - 17:35 WIB

56% Perempuan Pemilik UKM di Indonesia Mengalami Peningkatan Pendapatan Sejak Menerima Pembayaran Digital

Visa, pemimpin global dalam pembayaran digital, melakukan survei terhadap usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia . Temuan menunjukkan bahwa 54% UKM yang dipimpin oleh perempuan dan 48%…

Reboisasi lahan kritis merupakan upaya Telkom dalam pencegahan terjadinya erosi tanah

Jumat, 03 Mei 2024 - 16:48 WIB

Telkom Dukung Pemulihan 82,1 Ha Lahan Kritis melalui Reboisasi 33.800 Bibit Pohon

Data Kementerian Kemaritiman & Investasi tahun 2022 menyebut luas lahan kritis nasional sebesar 12.744.925 Ha. Hal ini terjadi dikarenakan tidak seimbangnya penebangan pohon dengan penanaman…