Apa Itu Gangguan Bipolar? Ini Pengertian dan Penyebabnya

Oleh : Hariyanto | Jumat, 23 Desember 2022 - 13:36 WIB

Ilustrasi Bipolar
Ilustrasi Bipolar

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Gangguan bipolar adalah penyakit mental serius yang mempengaruhi sekitar 2,5 persen populasi. Orang dengan gangguan bipolar mengalami episode mania dan depresi, yang bisa sangat sulit untuk dijalani. AshefaNews akan menjelaskan bipolar secara lengkap, kita akan mengeksplorasi apa itu gangguan bipolar dan apa dasar dari kondisi tersebut. Dengan memahami beberapa dasar, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana hal itu mempengaruhi orang dan apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu mereka.

Apa Itu Gangguan Bipolar?
Gangguan bipolar dapat berbeda secara signifikan untuk setiap orang. Namun, secara umum, gangguan bipolar melibatkan dua episode mania atau hipomania (tingkat energi dan antusiasme yang sangat tinggi) dalam periode 12 bulan. Selama episode manik, seseorang mungkin merasa sangat bahagia dan energik dan kebutuhan tidurnya berkurang.

Sebaliknya, selama episode depresi, seseorang mungkin merasa sangat sedih dan tidak bersemangat, sulit berkonsentrasi, dan kurang tertarik pada aktivitas yang pernah dinikmati. Di sela-sela episode, orang dengan gangguan bipolar biasanya mengalami periode gejala yang lebih ringan yang disebut "sindrom diagnosis ganda" (DDS).

DDS mengacu pada fakta bahwa orang dengan gangguan bipolar sering mengalami gejala gangguan mental lainnya pada saat yang sama mereka mengalami gejala gangguan bipolar. Gangguan mental lain ini dapat mencakup gangguan kecemasan, gangguan defisit perhatian/hiperaktivitas (ADHD), gangguan depresi mayor (MDD), gangguan psikotik seperti skizofrenia atau gangguan skizoafektif, masalah penyalahgunaan atau kecanduan narkoba, gangguan makan, dan disfungsi seksual.

Meskipun banyak orang dengan gangguan bipolar mengalami fluktuasi suasana hati yang signifikan dari waktu ke waktu, tidak semua individu yang mengalami mania atau hipomania akan memenuhi kriteria untuk gangguan bipolar yang parah. Tidak ada tes tunggal yang dapat mendiagnosis gangguan bipolar secara definitif; melainkan ditentukan dengan mengesampingkan kemungkinan penyebab lain untuk gejala orang tersebut dan dengan menggunakan rencana perawatan individual.

Penyebab gangguan bipolar tidak diketahui, namun diyakini disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan lingkungan. Beberapa orang dengan gangguan bipolar terlahir dengan gen yang dapat meningkatkan peluang mereka untuk mengembangkan kondisi tersebut, sementara orang lain dapat mengembangkan gangguan bipolar sebagai akibat dari suatu peristiwa atau rangkaian peristiwa yang memicu kondisi tersebut.

Apa Dasar dari Gangguan Bipolar?
Episode manik: Selama episode manik, seseorang mungkin merasa sangat bahagia dan energik dan kebutuhan tidurnya berkurang.

Episode depresif: Selama episode depresi, seseorang mungkin merasa sangat sedih dan tidak bersemangat, sulit berkonsentrasi, dan kurang tertarik pada Kegiatan yang pernah dinikmati.

Sindrom diagnosis ganda: DDS mengacu pada fakta bahwa orang dengan gangguan bipolar sering mengalami gejala gangguan mental lainnya pada saat yang sama mereka mengalami gejala gangguan bipolar. Gangguan mental lain ini dapat mencakup gangguan kecemasan, gangguan defisit perhatian/hiperaktivitas (ADHD), gangguan depresi mayor (MDD), gangguan psikotik seperti skizofrenia atau gangguan skizoafektif, masalah penyalahgunaan atau kecanduan narkoba, gangguan makan, dan disfungsi seksual.

Jenis Gangguan Bipolar

Ada beberapa jenis gangguan bipolar, masing-masing dengan serangkaian gejalanya sendiri. Namun, semua tipe berbagi fitur inti: periode mania dan depresi yang bergantian.

Gangguan Bipolar I adalah bentuk kondisi yang paling parah, ditandai dengan episode mania dan depresi yang berlangsung setidaknya dua minggu masing-masing. Orang dengan tipe ini seringkali memiliki tingkat energi yang sangat tinggi dan kebutuhan yang sangat besar akan kegembiraan atau rangsangan. Mereka mungkin juga memiliki masalah dalam mengatur emosi mereka, yang menyebabkan ledakan kemarahan atau kecerobohan.

Gangguan Bipolar II tidak separah gangguan bipolar I, tetapi masih memenuhi syarat sebagai kondisi kesehatan mental yang serius. Orang dengan tipe ini mengalami episode mania atau depresi, tetapi mereka tidak memiliki banyak ayunan antara dua keadaan seperti yang dialami orang dengan gangguan bipolar I. Mereka mungkin juga mengalami episode yang berada di antara dua ekstrem ini.

Orang yang memiliki gangguan bipolar II mungkin masih bergumul dengan masalah signifikan seperti perubahan suasana hati yang sering terjadi, kesulitan berkonsentrasi, dan masalah menempel pada jadwal yang direncanakan. Namun, mereka biasanya relatif stabil dari waktu ke waktu, yang membuatnya lebih mudah untuk mengelola kondisi mereka dan menjalani kehidupan yang relatif normal.

BDD (gangguan bipolar tidak ditentukan lain) adalah kategori umum yang mencakup kasus-kasus di mana seseorang tidak cocok dengan jenis gangguan bipolar lainnya. Ini dapat mempersulit untuk menemukan perawatan yang bekerja dengan baik untuk mereka secara khusus. 

Apa Penyebab Gangguan Bipolar?

Gangguan bipolar adalah penyakit mental yang menyebabkan perubahan suasana hati yang parah. Orang dengan gangguan bipolar mengalami episode mania (energi yang tinggi dan tidak terkendali) dan depresi (keadaan depresi yang rendah). Episode ini dapat berlangsung selama berminggu-minggu, berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun.

Tidak ada satu pun penyebab gangguan bipolar. Faktanya, tidak ada yang tahu persis mengapa beberapa orang mengembangkan kondisi tersebut dan yang lainnya tidak. Para peneliti berpikir bahwa gen dan faktor lingkungan sama-sama berperan dalam mengembangkan gangguan bipolar.

Beberapa orang dengan gangguan bipolar mengalami beberapa episode sepanjang hidup mereka. Yang lain hanya mengalami satu atau dua episode serius. Tidak peduli berapa banyak episode yang dialami seseorang, setiap orang dengan gangguan bipolar mengalami gejala di beberapa titik dalam hidup mereka.

Gejala Gangguan Bipolar

Gejala utama gangguan bipolar meliputi episode mania atau hipomania, diikuti periode depresi. Gejala dapat bervariasi dari orang ke orang, dan dapat berubah seiring waktu.

Orang dengan gangguan bipolar sering kali memiliki kebutuhan yang kuat dan tidak terkendali akan kegembiraan atau stimulasi. Ini dapat menyebabkan Perilaku Impulsif, Bersepeda Cepat, dan Keterlibatan Berlebihan dalam Aktivitas atau Perasaan. Orang dengan gangguan bipolar mungkin juga mengalami perasaan hampa atau hipersensitivitas terhadap emosi negatif.

Dalam kasus yang parah, orang dengan gangguan bipolar mungkin mengalami pikiran atau tindakan bunuh diri. Gangguan bipolar adalah penyakit mental serius yang memerlukan pengobatan untuk episode mania dan depresi.

Bagaimana Gangguan Bipolar Diobati?

Gangguan bipolar adalah penyakit mental serius yang menyebabkan perubahan suasana hati, energi, dan tingkat aktivitas secara dramatis. Hal ini dapat membuat sulit untuk berfungsi sehari-hari.

Tidak ada satu obat untuk gangguan bipolar, tetapi ada beberapa perawatan berbeda yang dapat membantu memperbaiki gejala. Beberapa perawatan yang paling umum termasuk obat-obatan, terapi, dan perubahan gaya hidup.

Obat-obatan: Banyak orang dengan gangguan bipolar menemukan kelegaan dari perawatan obat. Jenis obat yang paling umum adalah antidepresan dan penstabil suasana hati. Obat ini bekerja dengan mengubah bahan kimia otak untuk membantu mengurangi gejala. Ada banyak pilihan berbeda yang tersedia untuk perawatan obat, jadi bicarakan dengan dokter Anda tentang apa yang terbaik untuk Anda.

Terapi: Terapi dapat memberikan dukungan dan bimbingan yang berharga selama episode manik atau depresi. Terapi juga dapat membantu mengajarkan perubahan gaya hidup yang mungkin bermanfaat sendiri atau dikombinasikan dengan obat-obatan. Terapis yang berspesialisasi dalam gangguan bipolar mungkin paling cocok untuk Anda.

Perubahan gaya hidup: Perubahan gaya hidup juga bisa sangat membantu dalam mengelola gangguan bipolar. Contohnya termasuk makan makanan seimbang, banyak berolahraga, dan menghindari alkohol dan penyalahgunaan narkoba lainnya. Membuat perubahan ini dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan stabilitas suasana hati secara keseluruhan.

Pencegahan Gangguan Bipolar

Gangguan bipolar adalah penyakit mental yang menyebabkan perubahan suasana hati yang ekstrem, termasuk mania dan depresi. Orang dengan gangguan bipolar mengalami perubahan ini untuk jangka waktu yang lama dan mungkin tidak akan pernah benar-benar stabil. Tidak ada penyebab khusus untuk gangguan bipolar, tetapi kemungkinan besar disebabkan oleh kombinasi faktor genetika dan lingkungan.

Cara terbaik untuk mencegah gangguan bipolar adalah dengan mendapatkan diagnosis dan pengobatan dini. Jika Anda didiagnosis menderita gangguan bipolar, ada banyak perawatan yang tersedia, termasuk pengobatan dan terapi. Anda mungkin juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit dengan menghindari pemicu atau stres lingkungan tertentu

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Selasa, 23 April 2024 - 14:13 WIB

Perjalanan Sastra Agoda: Tujuh Destinasi Sempurna yang Membuat Cerita Lebih Hidup

Dalam rangka merayakan Hari Buku Sedunia, Agoda mengubah perjalanan fantasi menjadi petualangan nyata, mengundang para penggemar sastra untuk menjelajahi lokasi-lokasi inspiratif dari buku-buku…

Acer serahkan bibit mangrove ke SeaSoldier di Tanggerang

Selasa, 23 April 2024 - 13:59 WIB

Acer Indonesia Tanam Ribuan Mangrove

Sebagai bentuk perwujudan komitmen berkelanjutan perusahaan dalam melestarikan lingkungan, Acer Indonesia hari ini memulai penanaman ribuan mangrove, yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan…

Bitcoin

Selasa, 23 April 2024 - 13:56 WIB

Kenapa Harga Bitcoin Selalu Fluktuasi? Inilah 7 Alasan Utamanya!

Harga Bitcoin dipasaran selalu mengalami perubahan. Kondisi naik dan turun harga Bitcoin ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi para investor untuk menganalisa setiap perubahan dan mencari…

Presiden Prabowo dan Wapres Gibran

Selasa, 23 April 2024 - 13:08 WIB

Hormati Putusan MK, Persis Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Usai melalui berbagai rangkaian sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) memutuskan sengketa Pemilihan Presiden 2024 yang menolak permohonan…

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Selasa, 23 April 2024 - 12:31 WIB

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Proyek Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Bayung - Lencir - Tempino Seksi 3 garapan PT Hutama Karya (Persero)…