Berharap Film-Induced Tourism, Disparekraf DKI Luncurkan Web Series "Tiba-Tiba NgeGUIDE"

Oleh : Nina Karlita | Rabu, 14 Desember 2022 - 00:34 WIB

Peluncuran Web Series "Tiba-Tiba NgeGUIDE".
Peluncuran Web Series "Tiba-Tiba NgeGUIDE".

INDUSTRY.co.id -  Jakarta - Sebagai kota megapolitan, jakarta punya daya tarik wisata urban dengan berbagai keunikannya. Oleh karena itu, Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta selalu berupaya mempromosikannya.

Salah satunya dengan memproduksi web series berjudul "Tiba-Tiba NgeGUIDE". Web Series ini diproduksi Disparekraf DKI melalui beragam kampanye di bawah payung Enjoy Jakarta untuk mempromosikan sekotr pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di Jakarta.

Menurut Andhika Permata, Kepala Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, "Tiba-Tiba NgeGUIDE" diangkat dari sebuah fenomena global yang ditangkap dan diterapkan di Jakarta, yaitu film-induced tourism

"Singkatnya, fenomena ini ditandai dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisata pada suatu lokasi yang dijadikan sebagai lokasi syuting film. Seperti halnya yang terjadi pada film Laskar Pelangi, AADC, Filosofi Kopi dan film-film populer Indonesia lainnya, jumlah kunjungan wisatawan di lokasi tersebut meningkat pasca penayangan film-film tersebut," beber Andhika.

"Hal ini juga merupakan salah satu strategi, dan langkah nyata dalam mempromosikan pariwisata Jakarta di era pasca pandemi. Harapannya dengan menonton web series ini semakin banyak orang yang tertarik untuk berwisata di Jakarta,” tambah Andhika.

Dalam web series ini nantinya penonton akan diajak untuk menjelajah berbagai sudut kota Jakarta dengan segala cerita, keragaman kultur budaya termasuk kuliner di dalamnya, gedung-gedung megah, dan  keindahan destinasi wisata.

Web series ini dikemas dalam 8 episode film yang kurang lebih berdurasi 15 menit untuk setiap episode. Delapan film pendek tersebut akan ditayangkan di RCTI+ yang diharapkan dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan dapat membawa dampak positif.

Web series ini juga akan ditayangkan di Youtube channel Jakarta Tourism mulai tanggal 20 Desember 2022, dan setiap episode barunya akan tayang per hari.

Sutradara film Tiba-Tiba ngeGUIDE, Thaleb Wirachman Wahjudi mengatakan, series Tiba-Tiba ngeGUIDE tidak hanya merangkum cerita yang menghibur dengan mengikuti petualangan Ujal sebagai tokoh utama, namun juga merupakan highlight dari landmark kota Jakarta sebagai kota modern, dan berbudaya plural.

"Di Tiba-Tiba ngeGuide, kita mengikuti Ujal berpetualang keliling kota Jakarta dan melihat sisi yang unik, dan menarik, di mana jarang diketahui orang awam yang bahkan tinggal di Ibu kota Jakarta sekalipun,” jelas Thaleb.

Acara penayangan perdana web series ini diadakan di CGV Grand Indonesia Mall, di Jakarta Pusat, pada hari Selasa 13 Desember 2022.  Acara dihadiri oleh Disparekraf dan jajaran Pemprov DKI lainnya, Perwakilan Komunitas film, dan para pemain dan kru film dari “Tiba-Tiba ngeGUIDE”.

Sementara Web Series sendiri menceritakan kisah seorang pria bernama Ujal yang hobi menjelajah Jakarta menggunakan alat transportasi umum, yang sedang memasuki fase quarter life crisis dan merasa bimbang dalam menentukan arah hidupnya.

Ujal memiliki kemampuan merangkai cerita, dan menyampaikan pengetahuan tentang sudut kota Jakarta yang sangat dicintainya dengan sangat menarik. Melalui perkembangan media sosial, akhirnya Ia menyadari bahwa bakatnya dapat membawa berbagai pengalaman menarik.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…

Direktur Utama BRI Sunarso

Kamis, 25 April 2024 - 11:47 WIB

BRI Bukukan Laba Rp15,98 Triliun di Triwulan I 2024

Di tengah dinamika kondisi ekonomi dan geopolitik global yang penuh dengan tantangan, PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk mampu membukukan pertumbuhan laba yang positif, dimana hingga akhir…

Presiden Direktur Dharma Polimetal, Irianto Santoso

Kamis, 25 April 2024 - 11:26 WIB

Konsisten Bagikan Dividen, DRMA Incar Pertumbuhan Dobel Digit di 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

AMMAIA Ecoforest Raih Sertifikasi Greenship Neighborhood

Kamis, 25 April 2024 - 11:17 WIB

Tawarkan Keseimbangan Hunian Berkelanjutan dan Kenyamanan Ekosistem Terpadu, AMMAIA Ecoforest Raih Sertifikasi Greenship Neighborhood

AMMAIA Ecoforest, dikembangkan oleh Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan sebuah kawasan perumahan eksklusif…