Menparekraf Apresiasi Mindful Company Award, Penghargaan bagi Perusahaan yang Peduli Kesehatan Mental Talentanya

Oleh : Hariyanto | Jumat, 02 Desember 2022 - 17:23 WIB

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Era dimana digitalisasi semakin merebak dan perusahaan semakin kompetitif akan keunggulannya masing-masing, talenta perusahaan dituntut untuk semakin produktif dan kreatif. Sementara itu, tidak semua perusahaan mampu membangun ekosistem yang sehat untuk menjamin kesehatan mental talentanya. Saat ini 20 persen masyarakat tengah mengalami isu kesehatan mental dan sembilan juta diantaranya menderita depresi.

Menjawab persoalan ini, The Golden Space Indonesia berkolaborasi dengan MarkPlus, Inc. untuk menyelenggarakan Mindful Company Award 2022 pada ajang ALIVE Fest 2022, 2 Desember 2022 di Plaza Indonesia. Penghargaan ini diberikan kepada sejumlah perusahaan dari berbagai industri yang berkontribusi dan menunjukkan kepedulian terhadap kesehatan mental karyawan.

 “Saya memberikan apresiasi kepada The Golden Space Indonesia dan MarkPlus atas terselenggaranya Mindful Company Award. Mari kita sehat dan bugar jasmani di rumah sendiri, di Indonesia aja.” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno saat membuka Helat Mindful Company Award 2022 di Jakarta, Jumat (2/12/2022)

Sandiaga menyampaikan saat ini Kemenparekraf akan terus mendukung produk-produk wellness di Indonesia untuk memberi solusi menyeluruh bagi kesehatan badan, pikiran serta jiwa masyarakat.

Sementara itu, Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan RI melalui perwakilannya juga membuka helat ini, menyatakan bagaimana pandemi telah berdampak pada kesehatan mental talenta perusahaan, sehingga penghargaan Mindful Company Award dapat menjadi inspirasi bagi lembaga-lembaga di Indonesia untuk terus memperhatikan kesehatan mental talentanya di era pemulihan.

“Masalah bisnis dan profesional tidak bisa dilepaskan dari masalah personal, maka tahun ini kita mengadakan Penghargaan Mindful Company Award untuk pertama kalinya di Indonesia. Selain untuk menginspirasi perusahaan agar menjadi mindful company, juga mendorong perusahaan untuk tidak hanya mengejar profit, namun juga peduli dengan purpose, people, dan planet”, ujar Stephanie Hermawan, Co-Founder The Golden Space Indonesia.

Penghargaan ini didukung dari hasil survei MarkPlus Employer Branding Index 2022 yang diselenggarakan oleh MarkPlus QuickSurvey. Penyebaran survei dilakukan pada periode Juni – Juli 2022 ke 1.150 responden dengan kategori mahasiswa, fresh graduates, dan first jobber (0–2 tahun pengalaman bekerja) di kota-kota besar seperti Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sulawesi, Kalimantan, Maluku, Papua, Bali, NTB dan NTT.

Indikator penilaian penghargaan ini yakni dipenuhinya konsep Mindfulness 360°, yaitu keseimbangan empat aspek diantaranya purpose, people, planet dan profit pada perusahaan.

Yosannova Savitry, Deputy CEO MarkPlus, Inc. menyampaikan rasa bangganya atas kolaborasi bersama The Golden Space Indonesia dalam mewujudkan penghargaan ini. 

“Sebagai konsultan pemasaran dengan lebih dari 32 tahun pengalaman, MarkPlus percaya bahwa kesehatan mental karyawan memainkan peranan esensial bagi berjalannya roda perusahaan. Maka penerima penghargaan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi ribuan perusahaan lain di tanah air agar dapat membangun ekosistem yang sehat di lingkungan kerja” ujarnya.

Melansir Marketeers Magazine, salah satu penerima penghargaan yaitu Gojek, memiliki kampanye yang disebut program Wellbeing Campaign, Gojek menyediakan berbagai aktivitas seperti GoTalk bersama narasumber ahli di bidangnya, kelas meditasi dan kelas olahraga seperti yoga, body combat, menari, Muay Thai dan zumba yang dapat dinikmati secara gratis. Hal ini menjadi salah satu contoh menarik yang dapat diusung perusahaan untuk memenuhi konsep Mindfulness 360°.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Mandiri saat menyerahkan santunan ke Yatim dan Dhuafa

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:34 WIB

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Bank Mandiri kembali berbagi kebersamaan di bulan suci Ramadan dengan masyarakat sekitar. Kali ini, Bank Mandiri bersama anak perusahaan memberikan bingkisan kepada 57.000 anak yatim dan duafa,…

Gedung BNI

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:28 WIB

BNI Terbitkan Global Bond Senilai USD500 Juta

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berencana melakukan penerbitan surat utang senior dalam denominasi Dolar Amerika Serikat senilai USD500 juta atau sekitar Rp7,94 triliun (kurs…

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…