Menteri Basuki Dorong Generasi Muda PUPR Inovatif Kembangkan Skema Pembiayaaan Infrastruktur

Oleh : Hariyanto | Jumat, 02 Desember 2022 - 09:19 WIB

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendorong generasi muda Kementerian PUPR untuk terus aktif belajar dan berinovasi dalam mengembangkan skema pembiayaan infrastruktur alternatif di luar Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). 

"Anak-anak muda PUPR yang akan membawa PUPR ke depan ini harus tahu betul tentang pembiayaan (financing). Ke depan creativity is a must untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di Indonesia,” kata Menteri Basuki dalam acara puncak Creative Infrastructure Financing (CreatiFF) Day 2022 di Jakarta, Kamis (1/12/2022). 

Dengan kegiatan CreatiFF Day 2022 Menteri Basuki berharap generasi muda PUPR dapat mengetahui dan berbagi ide untuk berbagai inovasi pembiayaan pembangunan infrastruktur.

"Banyak sekali skema-skema pembiayaan kreatif untuk infrastruktur. Saya berharap akan kita lakukan terus diskusi terkait skema-skema yang terus berkembang, terutama di Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR untuk bisa mendorong dan mengisi celah-celah kekurangan pembiayaan dalam pembangunan infrastruktur terutama untuk percepatannya," kata Menteri Basuki.

Sebab menurut Menteri Basuki, ke depannya pembangunan infrastruktur tidak bisa diharapkan hanya dari APBN, pasti melibatkan investasi, baik dari KPBU atau investasi murni. "Jika semua pembangunan infrastruktur diharapkan berasal dari APBN, pasti kita akan terlambat," ujarnya.

Sebagai bentuk inovasi, dalam acara tersebut Menteri Basuki didampingi Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Organisasi, Birokrasi, dan Teknologi Informasi, Kementerian Keuangan Sudarto meluncurkan dua aplikasi teknologi informasi, yakni Sistem Informasi Proyek KPBU atas Prakarsa Badan Usaha (SIPRABU) dan Sistem Informasi Pengadaan Badan Usaha Pelaksana Proyek KPBU (SIPADU).

SIPRABU adalah inovasi untuk memudahkan setiap badan usaha dalam melakukan pengusulan proyek KPBU secara transparan dan kredibel. Layanan ini bisa diakses melalui tautan siprabu.pu.go.id. 

Sedangkan SIPADU adalah inovasi untuk meningkatkan transparansi dan efisiensi proses pengadaan Badan Usaha Pelaksana KPBU bidang PUPR serta meningkatkan kualitas pengadaan. Adapun Sipadu dikembangkan dengan mengacu kepada Peraturan Kepala LKPP Nomor 19 Tahun 2015 dan Peraturan LKPP Nomor 29 Tahun 2018. SIPADU dapat diakses melalui tautan pembiayaan.pu.go.id/sipadu.

Dalam acara juga dilaksanakan Penandatanganan Cooperation Framework Agreement on the Variable Capital Company for Infrastructure Investment Projects in Indonesia dengan CRCCII yang dilakukan oleh Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan dengan Vice President CRCC International Investment Co. Ltd, dengan tujuan untuk pembentukan Fund Variable Capital Company untuk Pembiayaan Infrastruktur bidang PUPR.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan, Herry Trisaputra Zuna mengatakan, rangkaian acara CreatIFF 2022 telah dilaksanakan sejak bulan Oktober 2022 mulai dari konferensi pers, webinar. 

"Acara puncak Creatiff diisi dengan peluncuran SIPRABU dan SIPADU, signing commitment Fund China Railway Construction Corporation International Investment (CRCCII) investor dialog, dan penyerahan simbolis kunci rumah untuk MBR," ujarnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah, Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Organisasi, Birokrasi, dan Teknologi Informasi Kementerian Keuangan Sudarto, Direktur Utama PT Moya Indonesia Irwan Dinata, Direktur Konsumer PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Hirwandi Gafar, Direktur Bisnis PT Jasa Marga (Persero)Tbk, dan Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S Atmawidjaja. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:53 WIB

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024, Kamis (28/3). Acara penghargaan yang menggandeng…

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

Ilustrasi mudik Lebaran - Dokumentasi Roojai.co.id

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:33 WIB

Ini Tips Roojai Agar Mudik Lebaran Tenang dan Nyaman Saat Cuaca Ekstrem

Jakarta- Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 6 April hingga 8 April 2024 mendatang. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menghimbau pemudik…

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:20 WIB

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan peringatan Nuzululqur'an 1445 H dan Berbuka Puasa Bersama Anak Yatim di Auditorium Kementerian PUPR, Kamis (28/03/2024).…