Road To Kiss Koplo, Koplo International Sensation 2023 Siap Digelar

Oleh : Herry Barus | Kamis, 24 November 2022 - 11:55 WIB

KOPLO INTERNATIONAL SOUND SENSATION
KOPLO INTERNATIONAL SOUND SENSATION

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Musik dangdut Koplo terus membuktikan eksistensi, apalagi setelah tembang Ojo Dibandingke karya Abah Lala yang dibawakan secara ciamik oleh Farel Prayoga mampu menggoyang Istana Negara dan Para Menteri tanpa malu-malu berjoget.

"Fenomena Farel Prayoga yang mampir menghipnotis para Menteri untuk berjoget di panggung tujuh belas Agustus 2022. Bukti kalau Dangdut Koplo sudah saatnya diberi ruang untuk terus bereksistensi. Korea Punya K Pop, Indonesia juga punya K Pop yakni Koplo Pop," ujar Sutrisno Buyil wartawan senior yang juga ketua umum Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia ketika diminta komentar soal keberadaan musik dangdut Koplo.

Fenomena dangdut koplo rupanya secara cerdas ditangkap oleh Batavia Music Company untuk segera membuat event yang diharapkan bisa menaikan citra musik dangdut Koplo yang selama ini dianggap musik kelas bawah. Dengan menggelar KOPLO INTERNATIONAL SOUND SENSATION” atau disingkat KISS KOPLO.

"Diakui atau tidak musik dangdut Koplo sudah mulai merangsek ke industri musik kelas atas dan mendunia. Dengan alasan itu kami menggelar Koplo International Sound  Sensation," ujar Lucky dari Batavia Music ketika Jumpa Pers di Jakarta Rabu (23/11/2022)

KOPLO INTERNATIONAL SOUND SENSATION” hadir untuk mendeklarasikan musik Koplo sebagai musik identitas rakyat Indonesia. Rangkaian KISS akan diawali dengan ROAD TO KISS KOPLO dari Barat menuju Timur di 100 kabupaten dan kota, sedangkan Big Bang event nya sendiri akan digelar pada 2023 depan di Jakarta dengan dihadiri oleh 11 grup Koplo dari Asean (apalagi ada moment dimana Indonesia melalui Bapak Presiden Jokowi sekarang ini didapuk menjadi ketua Asean ) ditambah 1 partisipan dari Eropa, 1 Amerika, 1 Australia serta 1 perwakilan dari Timur Tengah. Kehadiran dari para partisipan negara – negara sahabat ini diharapkan dapat membawa musik koplo sebagai sebuah identitas musik yang dapat bersaing pada level nasional dan level internasional.

"YouTube wajib untuk mendukung kegiatan keren ini, banyak hal yang bisa dilakukan YouTube melalui Kiss," ujar Muara Sipahutar dari YouTube Indonesia.

Indonesia memiliki musik yang eksistensinya untuk terus didorong agar keberadaannya bisa seperti K Pop. Karena Koplo sebagai sebuah kebudayaan yang mengakar dan tumbuh kuat diantara masyarakat menjadi “Musik Rakyat”. Koplo atau Dangdut/Koplo bisa dibilang skena musik joget terbesar di Asia Tenggara yang siap menjadi identitas bangsa sebagai salah satu pilar dalam eksistensi global.

Koplo muncul di awal 2000an sebagai tawaran baru atas musik Dangdut Klasik. Terlahir dari musik Dangdut Klasik, Koplo bergerilya dari pentas hajatan ke pentas hajatan yang lain, dari pinggiran kota hingga pedesaan. CD/VCD bajakan saat itu adalah sebuah media publikasi yang membuat Koplo dikenal di seluruh Indonesia.

Koplo berawal dari kota-kota kecil di provinsi Jawa Timur, seperti kawasan industri kota Sidoarjo. Ini mungkin adalah sikap pembangkangan atas pakem musik Dangdut Klasik atau sekedar menciptakan hiburan yang cocok bagi kelas buruh pabrik atau pekerja kasar.

Koplo adalah sebuah cara dalam membawakan sebuah lagu, lagu apa saja bisa “di-koplo”. Band dangdut koplo membawakan lagu- lagu dari berbagai genre dan fleksibilitas ini mencerminkan kreativitas seniman koplo.

Oleh karena musik koplo sejatinya telah bisa menembus berbagai macam lapisan masyarakat secara menyeluruh sampai menembus kalangan millennial urban, maka BATAVIA MUSIC COMPANY selaku perusahaan yang bergerak di industri musik dan hiburan tanah air bermaksud untuk memperkenalkan sebuah konsep acara ajang pencarian bakat solois dan group musik amatir yang eksis diranah koplo untuk dibawa memasuki industri musik Indonesia.  (*)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia membutuhkan jutaan tenaga kerja dalam bidang digital. Peluang yang besar ini mengingat tumbuh suburnya ekosistem digital.

Senin, 05 Desember 2022 - 23:26 WIB

Indonesia Butuh 9 Juta SDM Digital, Mendesak Kolaborasi Pendidikan dan Industri

Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia membutuhkan jutaan tenaga kerja dalam bidang digital. Peluang yang besar ini mengingat tumbuh suburnya…

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memprioritaskan kader internal sebagai tokoh yang akan dimajukan sebagai calon presiden (capres).

Senin, 05 Desember 2022 - 22:58 WIB

Pengamat: Munculnya Dinamika Pencapresan di KIB Hal Wajar

Jakarta- Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memprioritaskan kader internal sebagai tokoh yang akan dimajukan sebagai calon presiden (capres). Hal itu diungkap Ketum PAN Zulkifli Hasan, yang mengatakan…

Ilustrasi TV produksi Panasonic terbaru

Senin, 05 Desember 2022 - 20:19 WIB

Panasonic Produksi OLED TV & Smart TV 4K Terbaru

PT Panasonic Gobel Indonesia tak henti menghadirkan inovasi teknologi Televisi. Guna memberikan kepuasan mendapatkan informasi dan hiburan dengan performa dan kualitas produk yang terbaik, Panasonic…

RiaMiranda Tenth Annual Show

Senin, 05 Desember 2022 - 19:21 WIB

Ria Miranda Perkenalkan Tren Koleksi 2023 Lewat RiaMiranda Tenth Annual Show

Brand Moslem fashion RiaMiranda menggelar acara tahunannya yang ke-10, RiaMiranda Tenth Annual Show dipersembahkan oleh BRI serta didukung oleh Somethinc sebagai Official Beauty Partner di Grand…

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf bersama Kasatpol PP Kabupaten Pasuruan

Senin, 05 Desember 2022 - 19:20 WIB

Pasuruan Optimalkan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau

Sepanjang tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Pasuruan terus memaksimalkan pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH-CHT). Tujuannya sudah pasti, mendukung penuh pelaksanaan program-program…