Barito Pacific Gapai Pendapatan 2,337 Miliar Dolar AS

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 05 November 2022 - 13:47 WIB

Barito Pacific
Barito Pacific

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Barito Pacific Tbk (BRPT) menggapai pendapatan sebesar 2,337 miliar dolar AS pada sembilan bulan pertama tahun 2022. Angka itu naik 3% dari posisi 2,313 miliar dolar AS di periode yang sama tahun 2021.

Naik tipisnya pendapatan membuat posisi laba bersih perseroan hanya sebesar 39 juta dolar AS, dari porsi laba bersih 272 juta dolar AS pada sembilan bulan 2022.

Presiden Direktur Barito Pacific, Agus Pangestu mengatakan, berlanjutnya ketidakstabilan geopolitik dan kebijakan Covid-19 yang ketat di China menjadi faktor utama yang mempengaruhi kinerja perusahaan di sembilan bulan pertama 2022. 

Tekanan pada margin petrokimia terjadi dikarenakan meningkatnya harga bahan baku yang tidak diikuti dengan kenaikan sebanding harga produk petrokimia. 

"Hal ini bukan berarti belum pernah terjadi sebelumnya, dimana kami telah bertahan dengan baik melewati volatilitas yang tinggi pada sektor petrokimia, dan saat ini memiliki ketahanan konsolidasi pilar yang jauh lebih kuat seiring dengan kinerja yang stabil pada segmen energi," kata Agus dalam keterangannya, Jumat (4/11/2022).

Adapun posisi EBITDA perseroan sebesar 360 juta dolar AS pada sembilan bulan pertama tahun 2022, dari porsi 639 juta dolar AS di periode yang sama tahun 2021.

Bisnis panas bumi milik perusahaan (Star Energy), kata dia, terus memberikan kinerja positif terhadap Barito Pacific, dengan pendapatan pada sembilan bulan pertama tahun 2022 yang tumbuh 6,8% menjadi 424 juta dolar AS dan EBITDA naik 7,2 persen secara year on year (YoY) menjadi 354 juta juta dolar AS.

"Tingkat operasi rata-rata pada ketiga aset tetap terjaga di atas 90%, dengan faktor intermitensi yang rendah menegaskan profil keandalan energi panas bumi yang tinggi," ucap dia.

Perusahaan, sambung dia, juga berhasil menjaga neraca keuangan, dengan debt to capital sebesar 44% dan net debt to equity sebesar 0.42x pada sembilan bulan pertama tahun 2022. 

Bisnis petrokimia milik perusahaan, yakni Chandra Asri mempertahankan kebijakan keuangan yang hati-hati dengan likuiditas yang kuat dan terus menerima dukungan dari pasar modal atas keberhasilan penyelesaian penerbitan obligasi senilai Rp 2 triliun. "Lalu stock split yang sukses 1:4 untuk meningkatkan likuiditas saham," jelas dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Optimalisasi Pengawasan Konsumsi Susu yang Tidak Tepat untuk Anak Melalui Platform Pengaduan Online

Kamis, 16 Mei 2024 - 11:53 WIB

Optimalisasi Pengawasan Konsumsi Susu yang Tidak Tepat untuk Anak Melalui Platform Pengaduan Online

Pemerintah telah mengeluarkan aturan baru terkait kental manis. BPOM melarang promosi dengan gambar anak di bawah 5 tahun dan klaim kental manis sebagai satu-satunya sumber gizi. Mereka juga…

Tetap Sejuk dan Segar: Kulkas Side by Side untuk Hidup Modern Solusi di Musim Panas

Kamis, 16 Mei 2024 - 11:47 WIB

Tetap Sejuk dan Segar: Kulkas Side by Side untuk Hidup Modern Solusi di Musim Panas

Terkait dengan kondisi musim tropis di Indonesia yang kini mulai memasuki musim panas, pengunaan kulkas side by side menjadi semakin relevan dan penting dalam menjaga kesegaran makanan dan minuman…

Kepala Badan Standardisasi dan Kebijakan Jasa Industri (BSKJI), Andi Rizaldi

Kamis, 16 Mei 2024 - 11:22 WIB

Kemenperin Pacu Kualitas SDM Industri Kerajinan dan Batik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong pengembangan industri kerajinan dan batik nasional agar semakin produktif dan inovatif sehingga bisa berdaya saing hingga kancah global.…

iCIO Community Umumkan Yessie D. Yosetya sebagai Ketua Baru iCIO Community Periode 2024-2026

Kamis, 16 Mei 2024 - 11:05 WIB

iCIO Community Umumkan Yessie D. Yosetya sebagai Ketua Baru iCIO Community Periode 2024-2026

iCIO Community, sebuah komunitas yang didedikasikan untuk memajukan praktik kepemimpinan teknologi informasi di Indonesia, dengan bangga mengumumkan Yessie D. Yosetya sebagai ketua baru dalam…

Ketua YKKAP I Djoko Wahyono

Kamis, 16 Mei 2024 - 10:52 WIB

Tangkap Buron Korupsi Pengadaan Tanah Bandara YIA Rp23 Miliar, Ketua YKKAP I Djoko Wahyono : Kejati Jateng Kerja Nyata Upaya Penyelamatan Aset Negara

Jakarta-Keberhasilan Tim Tangkap Buronan (Tabur) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah, yang dipimpin Asisten Intelijen (Asintel) Dr. Sunarwan, menangkap buronan Daftar Pencarian Orang (DPO),…