Di Ajang ICC 2022, Wamen BUMN Angkat Tiga Tantangan Industri Asuransi

Oleh : Ridwan | Rabu, 28 September 2022 - 15:25 WIB

Pembukaan Indonesia Re International Conference (IIC) 2022
Pembukaan Indonesia Re International Conference (IIC) 2022

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Reasuransi Indinesia Utama (Persero) atau Indonesia Re secara resmi menyelenggarakan "Indonesia Re International Conference (IIC) 2022" dengan mengusung tema "Reinsurance and Economic Resilience: Dealing with Climate Change, Pandemic and Geopolitical Challenges".

Perhelatan akbar tersebut secara resmi dibuka oleh Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) II Kartika Wirjoatmodjo di Ritz-Carlton Jakarta, Rabu (28/9).

Dalam sambutannya, Kartika mengatakan, industri asuransi di Tanah Air masih mengalami banyak tantangan yang harus segera diperbaiki.

"Ini harus dijadikan pelajaran untuk perbaikan, dan bagaimana tata kelola yang baik akan menjadikan industri ini jauh lebih sehat dan stabil kedepannya," kata Kartika.

Secara garis besar, Wamen BUMN II ini mengungkaokan ada tiga tantangan besar industri asuransi di Indonesia yang harus segera diperbaiki. Pertama yaitu ketersediaan data.

"Data ini menjadi penting, dimana kita harus memiliki statistical database yang dapat memberikan satu forward looking estimations mengenai future clsim yang ada di Indonesia," jelasnya.

Kedua yaitu pricing. Dikatakan Kartika, pricing memang selalu menjadi tantangan di industri asuransi. Pasalnya, lanjut Kartika, dinamika persaingan industri di asuransi sering kali memiliki daya tawar dibawah perbankan.

Ketiga yaitu Risk Based Capital (RBC). Kartika menegaskan, ini salah satu tantangan yang harus segera dilakukan guna memastikan bahwa kesehatan industri baik di asuransi maupun reinsurance mampu meng-cover berbagi risiko masa depan.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama Indonesia Re Benny Waworuntu mengatakan, diperlukan kolaborasi atau sinergi banyak pihak untuk menyelesaikan tantangan-tantangan tersebut.

Benny mengakui bahwa data menjadi peranan penting untuk industri asuransi. Oleh karena itu, Lanjutnya, pihaknya akan mengembangkan kembali keberadaan BPPDAN untuk mengumpulkan data-data yang memang benar-benar valid.

"Lewat IIC 2022, Indonesia Re akan kembali menggaungkan peran Badan Pengelola Pusat Data Asuransi Nasional (BPPDAN), yang merupakan bagian dari Indonesia Re, sebagai lembaga pengelola data asuransi kebakaran nasional, katanya.

"Di event ini pun, kami akan meluncurkan Indonesia Re Institute, organisasi penelitian dan pelatihan industri asuransi yang dimiliki Indonesia Re," tambahnya.

Terkait pricing, menurutnya, ini memang menjadi kendala di industri asuransi Tanah Air. "Ini menjadi tugas kita bersama untuk segera menyelesaikan tantangan ini," tegasnya.

Selanjutnya, terkait Risk Based Capital (RBC), Benny mengatakan, diperlukan kolaborasi dengan semua pihak termasuk dari regulator dalam hal ini OJK untuk bersama-sama memantau.

"Kita harus membuat sebuah dashborad yang "alert", kalau misalnya produk sudah diluncurkan itu sebenarnya inregular basis harus dilihat apakah future rebility untuk produk tersebut masih cukup atau tidak. Ini yang seharusnya kita diskusikan bersama," tutur Benny.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi jantung

Sabtu, 03 Desember 2022 - 11:34 WIB

Elixir Medical Corporation Perkenalkan Teknologi Baru Perawatan Jantung di ISICAM 2022

Bioadaptor adalah teknologi terbaru dalam pengobatan penyakit jantung koroner yang dikembangkan dan diproduksi oleh Elixir Medical Corporation, sebuah perusahaan teknologi medis yang berbasis…

Menteri BUMN Erick Thohir bersilaturahim bersama tokoh dan sesepuh Jawa Barat

Sabtu, 03 Desember 2022 - 11:27 WIB

Silaturahmi dengan Tokoh Sunda, Erick Thohir: Ini Saya Pulang Kampung

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku selalu gembira saat berkunjung ke Jawa Barat (Jabar). Ia merasa seperti pulang kampung mengingat sang ibu berasal dari Kadipaten,…

Silaturahmi Senior PUPR

Sabtu, 03 Desember 2022 - 11:13 WIB

Silaturahmi Senior PUPR, Menteri Basuki: Kerja Sama, Kekompakan, dan Solidaritas is a Must

Dalam rangka merayakan Hari Bakti PU ke-77, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan acara Silaturahmi Senior dengan tema "Membangun Insan PUPR Masa Depan" di…

Presiden Jokowi (Sumber: Tangkapan Layar)

Sabtu, 03 Desember 2022 - 10:08 WIB

Pidato Presiden Jokowi di Kompas100 CEO Forum Tahun 2022,.

Saya tidak ingin berbicara mengenai problem dunia, karena nanti ada yang menyampaikan, Presiden itu menakut-nakuti saja setiap sambutan. Oleh sebab itu, saya ingin menyampaikan optimisme yang…

MAKUKU Luncurkan Produk MAKUKU SAP Diapers Balance Care Khusus di E-Commerce

Sabtu, 03 Desember 2022 - 09:53 WIB

MAKUKU Luncurkan Produk MAKUKU SAP Diapers Balance Care Khusus di E-Commerce

MAKUKU sebagai pelopor popok inti struktur SAP menghadirkan MAKUKU SAP Diapers Balance Care yang hanya tersedia pada e-commerce dan tidak tersedia pada offline store. MAKUKU SAP Diapers Balance…