Ekpansi ke Pasar Global, TEGUK Resmi Buka Outlet di New York Amerika Serikat

Oleh : Hariyanto | Selasa, 27 September 2022 - 10:58 WIB

Gerai TEGUK di New York
Gerai TEGUK di New York

INDUSTRY.co.id - Jakarta - TEGUK, perusahaan F&B Indonesia, membuat sejarah baru dengan membuka gerai TEGUK di New York, Amerika Serikat (AS). Gerai yang berlokasi di 248 Mott Street, New York, NY 10012 itu menjadi awal ekspansi TEGUK secara global sekaligus pembuktian produk UKM Indonesia bisa diterima di pasar global.

Grand opening gerai TEGUK di New York dilaksanakan Minggu (18/9/2022). Pada pembukaannya, TEGUK memberikan  promo "Pay as You Like" dimana konsumen bisa membeli produk TEGUK dan membayarnya dengan harga yang diinginkan.Promo ini membuat konsumen New York semakin antusias.

TEGUK yang selama ini dikenal sebagai “minuman mewah tak perlu mahal” hadir di New York, berlokasi di pusat SoHo (South of Houston Street) yang merupakan area shopping dan banyak terdapat restoran. Banyak artis terkenal yang tinggal dekat lokasi ini.

Untuk New York ini TEGUK menyebut bahwa 80% menu tidak ada di Indonesia, yang semua setelah melewati R&D lebih dari 3 bulan. Hal itu dilakukan untuk mengikuti market,kompetisi dan behaviour konsumen di Amerika Serikat dalam menikmati kategori minuman kekinian serta menggunakan bahan baku premium namun tetap kita jaga kehalalannya seperti boba.

Hal tersebut terbukti dari pantauan pada hari pertama konsumen sangat menyukai varian produk yang disuguhkan TEGUK. Sejumlah pengunjung mengatakan boba yang disajikan adalah yang terbaik di New York City. Hal itu diakui oleh Pendiri dan juga CEO TEGUK Indonesia Maulana Hakim.

“Menu yang di New York memang 80 persennya tidak ada di Indonesia, dan semua sudah melewati proses R&D lebih dari tiga bulan. Terbukti pengunjung mengatakan boba kita itu the best boba in New York City,” kata Maulana Hakim yang dikutip INDUSTRY.co.id, Selasa (27/9/2022).

Harapan kedepan melakukan kolaborasi dalam hal ekspansi gerai di Amerika Serikat tidak hanya terbatas di New York City saja. Maulana Hakim menjelaskan,  TEGUK adalah brand minuman kekinian pertama yang halal dengan berbagai series minuman dan makanan yang bervariasi, yang sejak awal memiliki visi untuk menjadi brand lokal yang go global. TEGUK 100 persen dimiliki pelaku wirausaha Indonesia bukan franchise atau bukan model waralaba.

“Kami ingin berkembang menjadi merek makanan dan minuman (F&B) yang tersedia di semua pasar, termasuk pasar global. Hal itu sesuai dengan visi kami menjadi ritel F&B Indonesia dengan  kehadiran global yang kuat, dengan memungkinkan semua orang untuk menikmati produk berkualitas tinggi dan menyenangkan dengan harga yang wajar,” jelas Maulana Hakim.

TEGUK lahir pada September 2018, sebagai salah satu ritel F&B yang mengalami pertumbuhan yang tertinggi. Jumlah gerai kurang lebih 180 yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Karawang, Sukabumi, Garut, Cirebon, Tasikmalaya, dan Sumedang, dan terus meningkat.

Selain dapat dibeli secara offline, TEGUK juga bisa dibeli secara online di platform delivery online dan marketplace. “Sobat Peneguk, komunitas pecinta TEGUK Indonesia, sebagai customer loyal yang ikut berperan dalam tumbuhnya TEGUK bisa sampai ke New York,” ucap Maulana Hakim lagi menyebut tempat interaksi media sosial TEGUK ada di @TEGUK.indonesia dan @TEGUK.usa karena banyak informasi  di sana.

Sementara itu, Najib Wahab yang juga merupakan pendiri TEGUK menyebut, TEGUK memungkinkan semua orang di seluruh kelas sosial ekonomi untuk menikmati produk berkualitas tinggi dan menyenangkan dengan harga yang wajar. Dengan dibukanya gerai TEGUK di New York ini, secara langsung diperkenalkan perusahaan dan produk lokal dan warisan Indonesia ke pasar global.

“TEGUK mempromosikan warisan Indonesia dalam operasi kelas dunia, dan membuktikan bahwa melalui UKM Indonesia yaitu TEGUK bisa hadir di tingkat global dan mendapat eksposur yang kuat,” sambungnya.

Dikatakan, saat berdiri pertama kali TEGUK tertarik melihat kebiasaan orang untuk membeli minuman dalam cup yang semakin meningkat. Fenomena ini tidak hanya terjadi ketika orang berada di area pusat perbelanjaan , namun orang sudah membawa minuman dalam cup itu ruang rapat, tempat belajar, rumah dan lain-lain. Kebanyakan saat itu didominasi oleh brand-brand dari luar negeri yang ada di mall baik produk coffee, non-coffee yang harganya tentu mahal.

“Kini kita hadir secara global dengan produk Indonesia sendiri, dan memperkenalkan bahwa produk berkualitas itu tidak harus mahal,” katanya.

Selain memiliki unique selling point (USP) sebagai “minuman kekinian halal Indonesia” yang tidak saja diminati muslim tapi non-muslim juga, TEGUK juga memastikan “Selalu ada minuman untuk semua orang” yang dibuktikan dengan kategori produknya yang tidak ada signifikan dominan (teh, kopi, coklat, fruit, cheese, boba dan ice cream) dan seiring dengan pergerakan konsumen merreka yang sudah merambah ke 25-35 tahun diluar 18-25 tahun dan tetap wanita. Kemudian “harga terjangkau, bahan baku berkualitas”, yang dibuktikan dengan  kolaborasi brand-brand terkenal, bahan baku yang asli (daun teh, kopi espresso) dan bahan baku lainnya.

Disamping itu TEGUK memiliki kategori food yang unik dengan dihadirkannya kategori Tradisonal seperti odading, makanan yang sedang Trend/ Hype seperti coffee; atau yang unik seperti cuangki dan mie geprek yang bisa dibawa kemana saja – diseduh dimana saja; dan untuk lebih banyak orang; serta yang massive yaitu roti panggang, yang semua kategorinya akan selalu berinovasi/ berkembang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…