Pegadaian dan BRI Gelar Seminar Literasi Keuangan dan Aspek Permodalan untuk Pelaku UMKM

Oleh : Hariyanto | Jumat, 23 September 2022 - 14:36 WIB

Seminar “Literasi Keuangan dan Aspek Permodalan Untuk UMKM”
Seminar “Literasi Keuangan dan Aspek Permodalan Untuk UMKM”

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Untuk membantu pelaku usaha super mikro dalam hal mengatur keuangan dan mendapatkan akses permodalan, PT Pegadaian bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Republik Indonesia (Dekranas RI), Kementerian BUMN dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) menggelar seminar “Literasi Keuangan dan Aspek Permodalan Untuk UMKM” yang diadakan secara luring dan daring, yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (22/09). Seminar ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan  yang tergabung dalam acara tahunan KRIYANUSA 2022.

Sekretaris Perusahaan PT Pegadaian Yudi Sadono mengatakan, program ini sejalan dengan visi perusahaan sebagai “The Most Valuable Financial Company di Indonesia dan Sebagai Agen Inklusi Keuangan Pilihan Utama Masyarakat”, serta sebagai wujud komitmen perusahaan untuk menjalankan misi untuk membantu pemerintah dalam pembangunan ekonomi.

“Seminar ini adalah salah satu bentuk dukungan Pegadaian, dalam pengembangan kewirausahaan dengan bekerja sama dengan stakeholders terkait. Kegiatan seminar kewirausahaan ini merupakan penjabaran dalam pengaplikasian Keputusan Presiden terkait Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia untuk peningkatan UMKM/IKM/Artisan ke ekosistem digital, peningkatan transaksi penjualan dan pendampingan dalam memulai dan mengembangkan jiwa kewirausahaan,” jelas Yudi yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (23/9/2022).

Adapun topik seminar, mengangkat isu tentang permodalan dan pengembangan usaha, yang selalu menjadi isu populer yang dialami oleh para pelaku usaha di Indonesia. Hal ini bertujuan, untuk menambah kepercayaan diri para pelaku usaha dalam memulai dan mengembangkan usaha yang berdaya saing.

“Kami berharap, kegiatan seminar ini dapat memberi manfaat positif bagi  para pelaku usaha untuk dapat semakin percaya diri dalam memulai, menjalankan dan mengembangkan usaha mereka untuk naik kelas,” tambah Yudi.

Acara ini, dihadiri oleh Anggota Bidang Pendanaan DEKRANAS Irin Tiko, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting sebagai Keynote Speakers, AVP Divisi Micro Sales Management PT Bank Rakyat Indonesia (Tbk) Asep Nugraha yang akan menyampaikan aspek permodalan, Founder IKAT Indonesia Didiet Maulana tentang edukasi pengembangan usaha serta Bambang Heru dan Deputi Area Senen PT Pegadaian yang akan menyampaikan soal investasi bagi UMKM. Turut hadir Zaskia Adya Mecca yang akan memandu jalannya acara sebagai moderator.

Kriyanusa, merupakan event tahunan yang memamerkan ragam kerajinan khas Indonesia. Hal ini menjadi momentum bagi para pengrajin, untuk menampilkan produk kerajinan unggulan dari berbagai daerah, yang dihasilkan oleh para pelaku industri kerajinan yang kompeten.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Sumut (Foto Ist)

Kamis, 29 September 2022 - 20:24 WIB

Perbesar Kredit ke Sektor Riil, Bank Sumut Siap Dukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Medan– Provinsi Sumatera Utara memiliki potensi ekonomi yang cukup besar, karena menjadi basis berbagai komoditas unggulan nasional serta sentra manufaktur di luar Pulau Jawa.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto Doc Golkar

Kamis, 29 September 2022 - 20:14 WIB

Ekonomi Digital Indonesia akan Capai 150 Miliar US di 2025, Pemerintah Harus Siapkan Infrastruktur dan Tingkatkan SDM

Jakarta - Pertumbuhan Ekonomi digital akan sangat dinikmati oleh kaum muda Indonesia. Untuk itu, pemerintah diminta tidak hanya menyiapkan infrastruktur, tetapi juga meningkatkan sumber daya…

Ketua DPP PDIP Puan Maharani dalam waktu dekat akan segera bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Sebelumnya, pertemuan kedua elite itu dijadwalkan pada bulan lalu, namun tertunda. Doc DPR

Kamis, 29 September 2022 - 20:06 WIB

Pertemuan Airlangga-Puan Bakal Buka Peluang Koalisi Pilpres 2024

Jakarta- Ketua DPP PDIP Puan Maharani dalam waktu dekat akan segera bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Sebelumnya, pertemuan kedua elite itu dijadwalkan pada bulan lalu,…

forum diskusi bertema “Kelola Rencana Keuangan Ala Milenial Miliki Properti,”

Kamis, 29 September 2022 - 19:48 WIB

Synthesis Huis Berikan Solusi Keuangan Bagi Executive Milenial untuk Miliki Rumah di Jakarta

Hadirnya Synthesis Huis di wilayah Cijantung, Jakarta Timur dapat dijadikan pilihan hunian bagi semua kalangan termasuk executive milenial. Hal ini diungkapkan oleh Managing Director Synthesis…

dr. Amin Tjubandi, Sp.BTKV(K) dan dr. Hasril Hadis, Sp.JP(K), FIHA

Kamis, 29 September 2022 - 19:36 WIB

Diperlukan Penanganan Cepat untuk Serangan Jantung, Cardiac Ward RS Premier Jatinegara Jadi Andalan

Bertepatan dengan hari jantung sedunia Rumah Sakit Premier Jatinegara (RSPJ) bersama dengan tim Cardiac Center menggelar media gathering sekaligus seminar kesehatan jantung. Acara ini bertujuan…