Dukung Kerja Sama Pembangunan International, PT SMI Aktif Dalam Development Leaders Conference di Paris

Oleh : Hariyanto | Selasa, 20 September 2022 - 10:05 WIB

PT SMI Aktif Dalam Development Leaders Conference di Paris
PT SMI Aktif Dalam Development Leaders Conference di Paris

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (PT SMI) sebagai Special Mission Vehicle (SMV) di bawah koordinasi Kementerian Keuangan Republik Indonesia, sekaligus berperan sebagai Development Financial Institution (DFI) di Indonesia, hadir dalam Development Leaders Conference (DLC) yang diselenggarakan oleh The Center for Global Development (CGD) dan The Agence Française de Développement (AFD), di Paris, Perancis, pada tanggal 7-8 September 2022.

Kegiatan konferensi ini ditujukan untuk mempertemukan para pimpinan dan senior manajemen dari lembaga pembangunan di dunia, untuk membahas topik mengenai masa depan kerja sama pembangunan internasional di tengah perubahan paradigma pembangunan, pentingnya inovasi yang berbasis bukti (evidence-based innovation), serta penguatan peran pembiayaan dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) dan Paris Agreement.

Dalam kegiatan ini, PT SMI menjelaskan terkait penunjukannya sebagai Energy Transition Mechanism (ETM) Country Platform Manager oleh Kementerian Keuangan RI di rangkaian kegiatan Presidensi G20 2022. Kepercayaan yang diberikan Pemerintah Indonesia ini guna mengemban tugas dalam mendukung agenda transisi energi yang diusung oleh pemerintah. Seperti yang diketahui, Indonesia berkomitmen untuk mencapai 23% energi baru terbarukan (EBT) pada bauran energi nasional di tahun 2025.

Selain itu, PT SMI juga menjelaskan perannya melalui blended finance platform bernama SDG Indonesia One (SIO) dalam memperkuat pembiayaan terkait SDGs, serta perannya di masa pandemi sebagai counter cyclical melalui pembiayaan daerah dalam mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pemerintah.

“Kepercayaan yang diperoleh PT SMI dari Pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan, mendorong PT SMI untuk berkontribusi lebih baik melalui kegiatan bisnisnya. Saat pandemi melanda, pada tahun 2020 hingga 2022 kami mendapatkan kepercayaan untuk turut terlibat dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)," kata Direktur Operasional & Keuangan PT SMI - Darwin Trisna Djajawinata yang dikutip INDUSTRY.co.id, Selasa (20/9/2022).

"Kemudian di Presidensi G20 kami kembali mendapatkan kepercayaan sebagai Country Platform Manager di Energy Transisition Mechanism yang dirancang Pemerintah Indonesia. Platform SDG Indonesia One yang sudah berdiri sejak 2018 juga merupakan bentuk upaya kami bersama Kementerian Keuangan untuk menghimpun pendanaan dari para donor hingga filantropi sehingga dapat terlibat dalam proyek-proyek SDGs,” ujar Darwin Trisna Djajawinata yang hadir dalam kegiatan konferensi bersama Chief Economist PT SMI - I Kadek Dian Sutrisna Artha.

Sebelumnya, PT SMI juga telah banyak mendukung kegiatan pembangunan di sektor EBT melalui fitur-fitur pembiayaan yang dimiliki, salah satu proyek terbaru yang dibiayai adalah Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Tongar kapasitas 2x3 MW, di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Dengan dibangunnya proyek bernilai Rp200 miliar ini diproyeksikan dapat mendukung pencapaian target bauran energi nasional tahun 2025 sekaligus mendukung komitmen pemerintah untuk mencapai target Nationally Determined Contribution (NDC) pada tahun 2030 serta Net Zero Emission 2060. Dengan adanya PLTM ini diharapkan dapat mendorong peningkatan produktivitas penduduk di masa yang akan datang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prajurit dan PNS Denma Mako Kormar Laksanakan Olahraga

Sabtu, 10 Desember 2022 - 05:30 WIB

Prajurit dan PNS Denma Mako Kormar Laksanakan Olahraga

Dalam rangka menjaga dan meningkatkan kebugaran tubuh serta Stamina, Prajurit dan PNS Denma Mako Kormar selesai apel laksanakan olahraga di Markas Komando Korps Marinir Jl. Prajurit KKO Usman…

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono

Sabtu, 10 Desember 2022 - 05:00 WIB

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono: Program Kerja TNI AL Harus Sesuai Prioritas Nasional

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Perencanaan dan Anggaran Keuangan (Renaku) II UO TNI Angkatan Laut (TNI AL) tahun anggaran 2023…

Ketua MPR RI Bersama Ajik Krisna Berikan Bantuan 800 Paket Sembako kepada Warga Desa Tangguwisia Bali

Sabtu, 10 Desember 2022 - 04:48 WIB

Ketua MPR RI Bersama Ajik Krisna Berikan Bantuan 800 Paket Sembako kepada Warga Desa Tangguwisia Bali

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Ketua IMI Bali sekaligus Founder Krisna Holding Company Ajik Krisna memberikan bantuan 800 paket sembako…

Babinsa Koramil 1710-03 Kuala Kencana Laksanakan Musrenbang dengan Jajaran

Sabtu, 10 Desember 2022 - 04:30 WIB

Babinsa Koramil 1710-03 Kuala Kencana Laksanakan Musrenbang dengan Jajaran

Dalam mendampingi Pemerintah Distrik melaksanakan pembangunan, Koramil 1710-03/Kuala Kencana bersama-sama dengan jajaran melaksanakan musyawarah kepada masyarakat, Jumat (09/12/2022). Hal tersebut…

Babinsa Koramil 1710-01 Kokonao Dampingi Kegiatan Monitoring Program Kerja Distrik

Sabtu, 10 Desember 2022 - 04:00 WIB

Babinsa Koramil 1710-01 Kokonao Dampingi Kegiatan Monitoring Program Kerja Distrik

Di Balai Kampung Aparuka, Distrik Mimika Barat, Kabupaten Mimika, Babinsa Koramil 1710-01/Kokonao dipimpin Serka Hendrik Renyaan turut menghadiri kegiatan monitoring program kerja Distrik Mimika…