Dukung Kerja Sama Pembangunan International, PT SMI Aktif Dalam Development Leaders Conference di Paris

Oleh : Hariyanto | Selasa, 20 September 2022 - 10:05 WIB

PT SMI Aktif Dalam Development Leaders Conference di Paris
PT SMI Aktif Dalam Development Leaders Conference di Paris

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (PT SMI) sebagai Special Mission Vehicle (SMV) di bawah koordinasi Kementerian Keuangan Republik Indonesia, sekaligus berperan sebagai Development Financial Institution (DFI) di Indonesia, hadir dalam Development Leaders Conference (DLC) yang diselenggarakan oleh The Center for Global Development (CGD) dan The Agence Française de Développement (AFD), di Paris, Perancis, pada tanggal 7-8 September 2022.

Kegiatan konferensi ini ditujukan untuk mempertemukan para pimpinan dan senior manajemen dari lembaga pembangunan di dunia, untuk membahas topik mengenai masa depan kerja sama pembangunan internasional di tengah perubahan paradigma pembangunan, pentingnya inovasi yang berbasis bukti (evidence-based innovation), serta penguatan peran pembiayaan dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) dan Paris Agreement.

Dalam kegiatan ini, PT SMI menjelaskan terkait penunjukannya sebagai Energy Transition Mechanism (ETM) Country Platform Manager oleh Kementerian Keuangan RI di rangkaian kegiatan Presidensi G20 2022. Kepercayaan yang diberikan Pemerintah Indonesia ini guna mengemban tugas dalam mendukung agenda transisi energi yang diusung oleh pemerintah. Seperti yang diketahui, Indonesia berkomitmen untuk mencapai 23% energi baru terbarukan (EBT) pada bauran energi nasional di tahun 2025.

Selain itu, PT SMI juga menjelaskan perannya melalui blended finance platform bernama SDG Indonesia One (SIO) dalam memperkuat pembiayaan terkait SDGs, serta perannya di masa pandemi sebagai counter cyclical melalui pembiayaan daerah dalam mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pemerintah.

“Kepercayaan yang diperoleh PT SMI dari Pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan, mendorong PT SMI untuk berkontribusi lebih baik melalui kegiatan bisnisnya. Saat pandemi melanda, pada tahun 2020 hingga 2022 kami mendapatkan kepercayaan untuk turut terlibat dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN)," kata Direktur Operasional & Keuangan PT SMI - Darwin Trisna Djajawinata yang dikutip INDUSTRY.co.id, Selasa (20/9/2022).

"Kemudian di Presidensi G20 kami kembali mendapatkan kepercayaan sebagai Country Platform Manager di Energy Transisition Mechanism yang dirancang Pemerintah Indonesia. Platform SDG Indonesia One yang sudah berdiri sejak 2018 juga merupakan bentuk upaya kami bersama Kementerian Keuangan untuk menghimpun pendanaan dari para donor hingga filantropi sehingga dapat terlibat dalam proyek-proyek SDGs,” ujar Darwin Trisna Djajawinata yang hadir dalam kegiatan konferensi bersama Chief Economist PT SMI - I Kadek Dian Sutrisna Artha.

Sebelumnya, PT SMI juga telah banyak mendukung kegiatan pembangunan di sektor EBT melalui fitur-fitur pembiayaan yang dimiliki, salah satu proyek terbaru yang dibiayai adalah Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Tongar kapasitas 2x3 MW, di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Dengan dibangunnya proyek bernilai Rp200 miliar ini diproyeksikan dapat mendukung pencapaian target bauran energi nasional tahun 2025 sekaligus mendukung komitmen pemerintah untuk mencapai target Nationally Determined Contribution (NDC) pada tahun 2030 serta Net Zero Emission 2060. Dengan adanya PLTM ini diharapkan dapat mendorong peningkatan produktivitas penduduk di masa yang akan datang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bahana TCW

Sabtu, 27 April 2024 - 10:00 WIB

Ingin Memulai Berinvestasi di Reksa Dana Syariah, Perhatikan Hal Ini Agar Tak Salah Pilih

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, menemukan investasi dengan konsep syariah tentu tak sulit di Indonesia. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan…

Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Sabtu, 27 April 2024 - 09:12 WIB

Meski Diguyur Hujan Deras, Film Syirik Goes To School di SMA N 1 Gamping Meriah.

Biasanya kalau acara di tempat terbuka diguyur hujan akan ditinggalkan penonton, tapi lain halnya saat Acara Film SyirikSyirik Neraka Pesisir Laut Selatan Goes To School di SMA N 1 Gamping Yogyakarta…

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Sabtu, 27 April 2024 - 09:06 WIB

Forwan Terus Melaju Untuk Kesejahteraan Anggota Maju

Diusia Satu Dekade, FORWAN akan terus berbenah, Forwan akan terus melaju, agar kesejahteraan anggota maju. Hal tersebut diungkapkan Sutrisno Buyil selaku Ketua Umum FORWAN pada perayaan ulang…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Sabtu, 27 April 2024 - 08:58 WIB

Kementerian PUPR Rampungkan Penataan Kawasan Pesisir Labuang Sebagai Destinasi Wisata Baru di Majene

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya telah merampungkan penataan Kawasan Pesisir Labuang di Kabupaten Majene sebagai destinasi wisata…

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…