Lembaga Survei Indodata-ISPEC: Sultan HB X Kandidat Kuat Tokoh Inisiator Bidang Maritim

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 15 September 2022 - 13:37 WIB

Lembaga Survei Indodata-ISPEC: Sultan HB X Kandidat Kuat Tokoh Inisiator Bidang Maritim
Lembaga Survei Indodata-ISPEC: Sultan HB X Kandidat Kuat Tokoh Inisiator Bidang Maritim

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Berdasarkan temuan Lembaga Survei Indodata bekerja sama dengan International Sea Port Exhibition and Conference (ISPEC), Sultan Hamengkubuwono X masuk menjadi kandidat tokoh inisiator bidang maritim di urutan pertama.

Direktur Eksekutif Indodata, Danis TS Wahiddin menyebut temuan survei menempatkan Raja Yogyakarta tersebut di urutan pertama dengan nilai kumulatif 96,5. Angka ini berdasar nilai pandangan dari masyarakat pada tokoh ini.

 "Munculnya nama Sultan merupakan fenomena menarik. Bisa dikatakan masyarakat sekarang justru melihat pada tokoh lokal dan bukan pada tokoh nasional," ujarnya saat memaparkan hasil survei, Rabu (14/9).

Danis menyatakan jika pemerintah pusat sekarang tidak seintens di periode pertama mengawal isu maritim. 

Ditambah lagi dinamika politik serta terjadinya pandemi semakin membuat pemerintah pusat kehilangan fokus mengurus bidang ini. Sehingga wajar jika akhirnya masyarakat melihat tokoh lokal justru berperan aktif di isu kemaritiman. Lebih lanjut, kata dia, Yogyakarta secara geografis dekat dengan laut.

Di sisi lain, saat ini disana marak muncul wisata berbasis kemaritiman. Hal ini dia duga menjadi alasan masyarakat melihat Sultan Hamengkubuwono X punya peran aktif dalam bidang kemaritiman

Justru saat ini lokal yang mengambil peran maksimal di isu kemaritiman. Ini bisa jadi alarm bagi pemerintah pusat agar tak lupa untuk konsisten terus memperjuangkan bidang maritim," tegas pengajar Ilmu Politik dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta itu.

Sebagai informasi, survei ini dilakukan pada 25 Juli sampai 30 Agustus 2022 bertempat di 34 provinsi. Survei ini melibatkan 1.200 responden dengan margin of error sebesar 2,8% serta dilakukan melalui survei tatap muka.

Selain Sultan Hamengkubuwono X, nama lain seperti Presiden Joko Widodo, Luhut Binsar Panjaitan, Sandiaga Uno juga masuk dalam kandidat tokoh inisiator bidang maritim. Nantinya nama nama ini akan dinilai oleh pakar untuk selanjutnya ditentukan siapa yang berhak dan layak mendapatkan Maritim Award pada 21 September 2022.

Sementara itu, Fajar Bagoes Poetranto Ketua pelaksana ISPEC mengatakan, sesuai dengan harapan pemerintah yaitu mewujudkan indonesia sebagai negara poros maritim dunia maka di ISPEC diadakan bertujuan untuk mendukung rencana pemerintah tersebut.

Sedangkan tujuan diadakannya survey kebijakan maritim nasional adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan masyarakat terhadap kebijakan pemerintahan Joko Widodo khususnya di bidang maritim

Saat ini pebisnis maritim di Indonesia masih belum menjadi tuan rumah di negeri sendiri, karena sebagian besar bisnis maritim masih didominasi oleh pihak asing, sehingga ini seharusnya potensi dan oportunity yang sangat besar untuk dunia maritim lokal lebih berkembang lagi.

Selain itu potensi pariwisata maritim di indonesia juga masih sangat terbuka luas khususnya bisnis kapal pesiar.

"Karena kita ketahui bahwa belum adanya jalur kapal pesiar besar secara reguler singgah di lokasi lokasi wisata di indonesia yang akan kita launching adalah di provinsi banten dan bali sebagai pilot project" kata Fajar. ISPEC sendiri adalah seminar/simposium yang di gagas oleh para ahli marititim bekerja sama dengan asosiasi, pemerintah dan stakeholder terkait dan tentu saja para akedimisi, untuk mengindentifikasi permasalahan kemaritiman di indonesia sekaligus juga mencarikan solusi yang terbaik  guna mewujudkan indonesia sebagai negara poros maritim dunia.

Selain seminar, ISPEC juga akan memberikan awards kepada insan-insan yang berjasa besar terhadap kemaritiman indonesia.

Akan di berikan penghargaan Lfetime Achievement Awards kepada Ir H Djuanda Kartawidjaja dan Soedarpo Sastrosatomo serta Mochtar Kusumaatmadja.

Peran pemerintah sangat diharapkan lebih aktif selain sebagai pembicara dan mengirimkan pesertanya untuk terlibat aktif dalam seminar ISPEC khususnya dari unit2 kerja terkait kemaritiman. Harapan besar kami adalah tentu saja sesuai tujuan pemerintah sangat diharapkan lebih aktif selain sebagai pembicara dan mengirimkan pesertanya untuk terlibat aktif dalam seminar ISPEC khususnya dari unit2 kerja terkait kemaritiman. Harapan besar kami adalah tentu saja sesuai tujuan pemerintah diatas bahwa indonesia bisa menjadi poros maritim dunia 2045" pungkas Fajar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…