Memperkenalkan Desain Aquamorphic: Desain Kreatif dan Human-Centric di Balik OPPO ColorOS 13

Oleh : Herry Barus | Kamis, 15 September 2022 - 07:43 WIB

OPPO ColorOS 13
OPPO ColorOS 13

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pada bulan Agustus 2022, OPPO meluncurkan ColorOS 13 yang merupakan versi terbaru dari sistem operasi ColorOS dan menghadirkan Aquamorphic Design yang human centric. Aquamorphic Design dalam ColorOS 13 bertujuan untuk menghadirkan tren gaya estetika yang sedang populer dengan tampilan yang organik dan minimalis, serta menghadirkan berbagai fitur untuk berbagai solusi dari berbagai kebutuhan. Dengan ColorOS 13, OPPO mendorong pengguna untuk memiliki hidup yang lebih bersemangat dan optimis.

ColorOS 13 mencerminkan kesungguhan OPPO dalam menciptakan inovasi, beradaptasi dalam perubahan, dan menghadirkan kemudahan. Kami bertujuan untuk memahami pengguna dan menyediakan berbagai perangkat yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna yang berbeda, serta mengubah hubungan antara manusia dan dunia digital melalui ColorOS 13.

ColorOS 13 merupakan sistem operasi yang mudah digunakan dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih akomodatif, personal, dan intuitif.

OPPO ColorOS 13

Terdapat beberapa Fitur yang melengkapi ColorOS13 :

1.            Tema warna ColorOS 13 terinspirasi oleh transisi garis langit pada saat matahari terbit dan terbenam dalam waktu yang bersamaan. Dari warna biru safir saat matahari terbit hingga warna kejinggaan saat matahari terbenam, gradien warna ini diterapkan pada sistem dan ikon guna menghadirkan rasa semangat dan inklusivitas. ColorOS 13 menampilkan berbagai nuansa biru yang tak hanya mencerminkan tema air, tetapi juga menimbulkan rasa ketenangan dan keandalan. Setiap aspek dalam ColorOS 13, dari Ikon, windows, cards, hingga input boxes menampilkan kontur warna yang lebih halus dan organik untuk mencerminkan aliran air dan melambangkan semangat hidup tiada akhir.

ColorOS 13’s Color Theme

2.            Dalam ColorOS 12 sebelumnya, font OPPO Sans telah meraih Red Dot Design Award. Kini, font tersebut juga hadir dalam ColorOS 13 dengan tampilan baru. Ukuran font ini lebih lebar sehingga terlihat lebih stabil. Sementara itu, tata letak teks juga telah diperbarui untuk menciptakan tampilan yang lebih stereoskopik agar lebih jelas, mudah dibaca, dan nyaman dibaca dalamberbagai ukuran layar.

3.            Bagi OPPO, penting sekali untuk menciptakan pengalaman pengguna yang sistematis dan nyaman di tengah sistem informasi yang sering tidak teratur dan kompleks. Kini, OPPO menghadirkan Card-Styled Layout yang merupakan solusi baru untuk menghindari informasi yang berlebihan. Layout atau tata letak Ini mengklasifikasikan dan mengintegrasikan informasi yang tersebar dalam tampilan interface yang disederhanakan, memperbesar informasi yang paling penting, dan mengatur posisi berbagai informasi agar lebih mudah dibaca. Desain baru ini memungkinkan pengguna untuk membaca informasi penting dengan mudah. Desain baru ini juga didukung oleh sistem yang bekerja di latar belakang dan mencerminkan penampilan air yang tidak mencolok dan lembut di alam – sebuah elemen penting dalam kehidupan, namun tetap ringan

Card-Styled Layout and Control Center

4.            Aquamorphic Effect dari Aquamorphic Design dalam ColorOS 13 menjadikan setiap interaksi terasa alami dan mengalir, sekaligus memberikan sensasi menenangkan yang membawa pengguna lebih dekat dengan alam. Misalnya, fitur Fingerprint Unlock dan Optimize menampilkan efek animasi yang menyerupai riak air. Saat mengisi daya baterai, homescreen akan menampilkan animasi menyerupai tetesan air yang berkumpul di tengah layar. Saat beralih dari interface ke yang lainnya, pengguna akan melihat tampilan Gaussian blur yang menciptakan sensasi visual realistis seolah melihat ke dasar danau melalui air di mana gambar latar belakang muncul secara samar-samar.

5.            ColorOS 13 menghadirkan Quantum Animation Engine dengan detil dan gerakan animasi yang lebih ditingkatkan pada ikon dan objek dalam layar. Hal ini menjadikan animasi terasa lebih hidup dan terhubung dengan dunia alami sehingga mengurangi rasa keterpisahan antara dunia digital dan kenyataan.

Quantum Animation Engine

6.            Behavioral Predictions juga telah diterapkan untuk memproses gerakan multi-gesture dan memberikan respons visual yang cerdas, akurat, dan cepat. Misalnya, jika pengguna menggeser layar ke atas untuk menutup sebuah app dan membatalkan instruksi sebelumnya untuk membuka app tersebut, sistem akan segera merespons dengan menangguhkan instruksi pembukaan app sebelumnya dan melanjutkan langsung ke respons pembatalan secara real-time. ColorOS 13 menyediakan teknologi mutakhir untuk meningkatkan kelancaran saat mengengoperasikan perangkat.

Selain itu terdapat beberapa fungsi baru pada ColorOS13, terdiri dari

1.            Multi-Screen Connect dalam ColorOS 13 telah ditingkatkan untuk memudahkan penguna saat melakukan multitasking. Pengguna dapat beralih menghubungkan beberapa perangkat yang berbeda dengan lebih mudah dan praktis sehingga dapat melakukan pekerjaan dengan lebih efisien. Selain itu, Adaptive Layouts dalam ColorOS 13 menampilkan tata letak yang sama dan konsisten pada perangkat dengan ukuran layar berbeda, seperti ponsel dan tablet, sehingga semakin memudahkan pengguna.

 Multi-Screen Connect

2.            ColorOS 13 juga memiliki fungsi Two-Finger Split Screen, sebuah fitur dari ColorOS 12 yang sempat mendapatkan Red Dot Award, yang menjadikan pengguna lebih fleksibel dan efisien saat melakukan multitasking pada perangkat dengan layar yang lebih besar.

3.            ColorOS 13 juga dirancang untuk memberikan pengalaman yang lebih personal dan sesuai dengan kebutuhan. Pengguna dapat memilih dari berbagai elemen desain dan warna tema dalam sistem sesuai dengan preferensi pribadi dan menaruh berbagai jenis  Widget pada Homescreen sesuai dengan aktivitas sehari-hari. Pengguna juga dapat menyesuaikan sistem operasi ini agar dapat menampilkan informasi sesuai dengan kebutuhan mereka.

4.            Always-On Display (AOD) dalam ColorOS 13 dirancang untuk memprioritaskan penyajian informasi penting, sekaligus mengurangi informasi lainnya yang tidak penting. AOD hanya menampilkan informasi penting dengan padat dan ringkas, sehinnga pengguna tidak perlu membuang waktu membaca informasi yang terlalu banyak dan tidak perlu. Melalui Smart AOD, saat menggunakan app untuk memesan makanan secara online, pengguna dapat melihat status pengiriman makanan tanpa harus membuka layar homescreen. OPPO juga telah menjalin kemitraan dengan Spotify untuk mengintegrasikan fungsi app Spotify dalam AOD. Dengan AOD, pengguna dapat mengakses berbagai informasi dengan lebih nyaman, cepat, serta dapat menghemat konsumsi daya.

Dalam pengembangan ColorOS selama beberapa tahun terakhir, Aquamorphic Design dalam ColorOS 13 telah memepertahankan banyak fitur yang menjadi bagian khas dari seri sistem operasi sebelumnya. Dimulai dengan ColorOS 7, OPPO mengubah desain ColorOS agar dapat menghadirkan pengalaman pengguna yang lebih halus dan menyenangkan dengan menerapkan Infinite Design Concept yang lebih sederhana. Berangkat dari hal ini, ColorOS 11 memberikan pengguna kesempatan untuk mengekspresikan diri sendiri, di mana pengguna dapat mengubah berbagai tampilan dalam sistem operasi serta mempertahankan pengalaman pengguna yang lancar.

Menciptakan sistem operasi yang ideal bukanlah hal yang mudah. Dengan pengalaman OPPO bertahun-tahun serat pengembangan desain dan fitur inovatif, OPPO mampu menghadirkan Aquamorphic Design pada ColorOS 13 kepada pengguna. Dengan menghadirkan pengalaman yang lebih natural dan intuitif, OPPO berharap dapat menciptakan lingkungan yang harmonis bagi pengguna saat menggunakan smartphone mereka melalui ColorOS 13, sekaligus menghargai semangat hidup apa pun yang terjadi di masa depan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…