Kembali Raih Penghargaan TOP GPR, Kementan Sukses Jalankan Fungsi Kehumasan

Oleh : Wiyanto | Rabu, 31 Agustus 2022 - 18:04 WIB

Ini penampakan penghargaan untuk Kementan
Ini penampakan penghargaan untuk Kementan

INDUSTRY.co.id-Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) kembali meraih penghargaan Top Government Public Relations Award 2022.

Sebagai parameter penilaian, penghargaan ini diberikan berdasarkan tiga aspek meliputi digital awareness, digital media dan website, serta sosial media.

Direktur GPR Institute, Ahmad Arief Munajad, mengatakan pihaknya kembali memberikan apresiasi Top Government Public Relations Award 2022. Humas Kementan dinilai berhasil menjalankan Digital Public Relations dalam berkomunikasi, menjalin engagement dalam meningkatkan citra serta reputasi positif bagi institusinya di mata publik.

“Penghargaan Top GPR Award 2022 menjadi salah satu bukti keberhasilan Kementerian Pertanian, dalam menjaga kinerja dan meningkatkan prestasinya, melaksanakan implementasi keterbukaan informasi publik secara maksimal sepanjang kurun waktu satu tahun terakhir,” ujar Arief usai acara penyerahan penghargaan Top GPR Award dan GPR Conference 2022 secara virtual.

Berdasarkan hasil penilaian TOP GPR Index 2022, sepanjang setahun terakhir terdapat lebih dari 88 ribu ulasan Kementerian Pertanian di internet dan rata-rata 9.900 pengguna internet setiap bulannya mencari tentang Kementan di internet. Sementara di berbagai media online, terdapat lebih dari 47 ribu pemberitaan tentang Kementan sepanjang setahun terakhir, dan lebih dari 406 ribu netizen setiap bulannya mengunjungi halaman website resmi Kementan.

Selain Kementan, Top GPR Award juga diberikan kepada sejumlah Kementerian dan Lembaga serta pemerintah daerah. Tercatat Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian dan Kelautan dan Perikanan, Kementerian Agama, dan Badan Pemeriksa Keuangan, menjadi deretan Kementerian dan Lembaga yang turut mendapat penghargaan TOP GPR tahun ini.

Arief berharap penghargaan ini dapat memicu kinerja kehumasan pemerintah dan mendorong peran strategis kehumasan dalam setiap kebijakan di ruang publik.

“Kegiatan Top GPR Award & GPR Conference 2022 ini tentunya dapat menjadi ajang munculnya semangat dan motivasi para insan GPR untuk mempertahankan kinerja dan meningkatkan kompetensi untuk kualitas terbaik praktik GPR di Indonesia,” harap Arief yang juga sebagai founder GPR Institute ini.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri, dalam ucapannya pada acara penganugerahan mengatakan, perkembangan media digital yang sangat masif, mendorong Humas Kementan agar lebih kreatif dalam menentukan media penyebaran informasi. Sedangkan untuk memperkuat pelaksanaan komunikasi publik yang baik,Ia menekankan pihaknya berupaya semaksimal mungkin untuk terus memperkuat fungsi kehumasan hingga ke daerah.

“Ditengah tantangan pelaksanaan kehumasan pemerintah yang semakin berat, Humas harus mampu beradaptasi dengan kebiasaan - kebiasaan baru yang serba digital, saya yakin Humas Kementan mampu berperan lebih kuat mewujudkan pertanian yang maju, mandiri dan modern” kata Kuntoro.

Lebih lanjut dirinya mengapresiasi dan berharap agar penghargaan ini dapat memotivasi seluruh Humas di Kementan untuk tidak berhenti berinovasi dan berupaya memperkuat fungsi kehumasan dalam konteks pembangunan pertanian.

“Terimakasih atas penghargaan ini, kami harap penghargaan ini dapat memicu motivasi rekan - rekan Humas di Kementan untuk mengisi ruang ruang digital dengan interaksi dan ide kreatif yang lebih baik” ungkap Kuntoro.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training, Herbalife Nutrition Susan Bowerman

Senin, 26 September 2022 - 19:48 WIB

Berapa Banyak Protein yang Dibutuhkan Tubuh Anda dalam Sehari? Cobalah Hitung dengan Metode Ini

Jakarta– Kata "protein" berasal dari kata Yunani "protos," yang berarti "peringkat satu atau posisi yang paling utama" dan kata ini dipilih karena alasan yang bagus.

diskusi online yang digelar Forum Merdeka Barat bertajuk "UU Cipta Kerja Tumbuhkan Pengusaha Muda dan UMKM" pada Senin (26/9/22).

Senin, 26 September 2022 - 19:37 WIB

UU Ciptakerja Memberi Kemudahan, Perlindungan dan Pemberdayaan UMKM

Jakarta, FMB9 - Sekretaris Satgas Percepatan Sosialisasi UU Cipta Kerja, Arief Budimanta menyampaikan kehadiran Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) bertujuan memberikan kemudahan, perlindungan…

Mitsubishi New Xpander Cross

Senin, 26 September 2022 - 19:30 WIB

Dibekali Fitur Canggih, New Xpander Cross Lebih Unggul dari Mobil Sekelas

New Mitsubishi Xpander Cross resmi diluncurkan pada 11 Agustus 2022 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Mengusung tagline “Rise to Your Life’s Adventure”,…

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Senin, 26 September 2022 - 19:19 WIB

Sebelum Diberlakukan, Pemerintah Diminta Masifkan Uji Coba Konversi ke Kompor Listrik

Jakarta- Pengamat Kebijakan Publik Trubus Rahadiansyah meminta pemerintah untuk melanjutkan ujicoba konversi elpiji ke listrik dan membuktikan bahwa dengan cara ini masyarakat bisa berhemat.

CEO Telin Budi Satria Dharma Purba (kedua dari kanan) berdiskusi dengan para Panelis, dari TI Sparkle Leonardo Cerciello (paling kanan), China Unicom Global Dr. Meng Shusen (tengah), Head of Asia GSMA Julian Gorman (kedua dari Kiri), dan SMD Delta Partners Sam Evans (paling kiri)

Senin, 26 September 2022 - 19:15 WIB

Perkuat Infrastruktur, Telkom Bidik Potensi Konektivitas Asia Pasifik

PT Tekom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menilai konektivitas Asia Pasifik memiliki potensi pertumbuhan yang sangat tinggi, seiring dengan transformasi digital yang dilakukan negara-negara…