Menparekraf: Festival Kuliner Keuken 2022 Jadi Momentum Kebangkitan Sektor Parekraf Kota Bandung

Oleh : Candra Mata | Senin, 29 Agustus 2022 - 14:48 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno berkreasi dengan kuliner di acara Festival Kuliner Keuken 2022; Sunday Funday di Kiara Artha Park, Bandung.
Menparekraf Sandiaga Uno berkreasi dengan kuliner di acara Festival Kuliner Keuken 2022; Sunday Funday di Kiara Artha Park, Bandung.

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan festival kuliner Keuken 2022 menjadi momentum kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Bandung, Jawa Barat.

Dalam kunjungannya ke ajang Keuken 2022, Menparekraf Sandiaga mengatakan Keuken merupakan salah satu event yang berhasil masuk dalam daftar Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022. Sehingga, event ini diharapkan bisa menggeliatkan perekonomian di Jawa Barat, khususnya di Bandung.

"Ketika suatu event terkurasi dengan baik dan terlaksana lebih dari lima tahun, (event) ini bukan hanya menjadi event nasional. Tapi (berpotensi) menjadi event internasional," kata  Sandiaga dari keterangannya yang diterima redaksi INDUSTRY.co.id, pada Senin (29/8/2022).

Sandiaga menjelaskan, Keuken 2022 merupakan festival kuliner di Kota Bandung yang telah digelar sejak 2011 dan diikuti oleh 56 pelaku kuliner asal Bandung yang sudah dikurasi. Festival bertajuk Keuken 2022 Sunday Funday ini dilaksanakan pada Minggu (28/8/2022) di Kiara Artha Park, Bandung.

Sandiaga pun mengatakan event seperti Keuken ini menjadi representasi kreativitas pelaku kuliner di Indonesia. Sehingga, sangat berpotensi untuk diperkenalkan dalam masa Keketuaan Indonesia di ASEAN pada 2023. 

"Event seperti ini adalah uniquely Indonesia. Jadi bukan hanya Bandung saja dan ini bisa kita tampilkan di Asean Travel Fair Travex 2023," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menambahkan Keuken merupakan festival yang menjadi wadah kreativitas pelaku ekonomi kreatif di Jawa Barat. Terutama di subsektor kuliner.

"Ini salah satu kebanggaan Jawa Barat di mana rata-rata kulinernya ini eksperimental bukan waralaba. Anak-anak muda ini berkreasi menghasilkan karya-karya kuliner yang bisa kita saksikan sendiri dan selalu berinteraksi dengan desainer. Jadi tidak hanya urusan makanan tapi suasana produk-produk kreatif dalam suatu keluarga besar kreativitas," kata pria yang akrab disapa Kang Emil ini.

Sementara itu, Anggota DPR RI Komisi X asal Jawa Barat Ledia Hanifa menyampaikan kegiatan-kegiatan seperti Keuken ini perlu didorong dan difasilitasi untuk menjadikan sektor parekraf sebagai lokomotif pemulihan ekonomi.

"Karena inilah yang akan menjadi ujung tombak dalam upaya kita menjadikan ekonomi kreatif dan pariwisata tulang punggung ekonomi Indonesia," ucap Ledia.

Dalam kunjungan ini Menprekraf Sandiaga didampingi oleh Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf/Baparekraf, Rizki Handayani; Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis, Brigjen TNI Ario Prawiseso; dan Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bersama Ajik Krisna Berikan Bantuan 800 Paket Sembako kepada Warga Desa Tangguwisia Bali

Sabtu, 10 Desember 2022 - 04:48 WIB

Ketua MPR RI Bersama Ajik Krisna Berikan Bantuan 800 Paket Sembako kepada Warga Desa Tangguwisia Bali

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Ketua IMI Bali sekaligus Founder Krisna Holding Company Ajik Krisna memberikan bantuan 800 paket sembako…

Babinsa Koramil 1710-03 Kuala Kencana Laksanakan Musrenbang dengan Jajaran

Sabtu, 10 Desember 2022 - 04:30 WIB

Babinsa Koramil 1710-03 Kuala Kencana Laksanakan Musrenbang dengan Jajaran

Dalam mendampingi Pemerintah Distrik melaksanakan pembangunan, Koramil 1710-03/Kuala Kencana bersama-sama dengan jajaran melaksanakan musyawarah kepada masyarakat, Jumat (09/12/2022). Hal tersebut…

Babinsa Koramil 1710-01 Kokonao Dampingi Kegiatan Monitoring Program Kerja Distrik

Sabtu, 10 Desember 2022 - 04:00 WIB

Babinsa Koramil 1710-01 Kokonao Dampingi Kegiatan Monitoring Program Kerja Distrik

Di Balai Kampung Aparuka, Distrik Mimika Barat, Kabupaten Mimika, Babinsa Koramil 1710-01/Kokonao dipimpin Serka Hendrik Renyaan turut menghadiri kegiatan monitoring program kerja Distrik Mimika…

Oreo X Blackpink

Sabtu, 10 Desember 2022 - 01:04 WIB

Kolaborasi OREO X BLACKPINK, Indonesia Jadi Negara Pertama

OREO, salah satu brand biskuit ikonik dari Mondelez International, berkolaborasi dengan mega grup girlband asal Korea Selatan BLACKPINK menghadirkan produk terbaru OREO X BLACKPINK.

L'Oreal luncurkan L'Oréal For The Future.

Sabtu, 10 Desember 2022 - 00:55 WIB

L'Oréal For The Future Dukung Upaya Pemerintah Pengurangan Dan pengumpulan Sampah Plastik

L'Oréal for the Future (L4TF) merupakan strategi pembangunan berkelanjutan dengan target berbasis sains dan memiliki komitmen jangka panjang hingga 2030.