ALDO Bukukan Kenaikan Laba Bersih 31% YoY pada Semester 1 2022

Oleh : Hariyanto | Kamis, 25 Agustus 2022 - 12:53 WIB

PT AlkindoNaratama Tbk (ALDO)
PT AlkindoNaratama Tbk (ALDO)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT AlkindoNaratama Tbk (ALDO), emiten yang bergerak pada bisnis kertas dan bahan kimia yang terintegrasi melihat bahwa prospek penjualan kertas Perseroan semakin membaik seiring meningkatnya tren kesadaran akan pentingnya lingkungan yang berkelanjutan.

Perseroan memiliki optimisme tersebut,mengingat meningkatnya tren kesadaran akan pentingnya lingkungan yang berkelanjutan tersebut sejalan dengan kebijaksan Perseroan untuk menggunakan kertas daur ulang untuk memproduksi berbagai macam produk kertas konversi dengan konsep ramah lingkungan.

Menurut laporan Nielsen, Sustainable Shoppers: Buy the Change They Wish to See in the World, 81% konsumen menghendaki kontribusi perusahaan untuk memperbaiki kondisi lingkungan sekitar.

Kesadaran konsumen mengenai tanggung jawab lingkungan ini terutama berkembang di kalangan anak muda, milenial (85%) dan gen Z (80%). Bahkan, lebih dari 73% konsumen mengatakan siap beralih ke produk-produk yang lebih ramah lingkungan dan 41% menyatakan lebih memilih produk-produk berbahan alami dan organik.

Lebih spesifik di Indonesia, survei dari KedaiKOPI menunjukkan bahwa 77,4% anak muda di Indonesia tertarik dengan isu lingkungan. Lebih jauh, 81,1% responden memandang perubahan iklim sebagai kondisi darurat yang memerlukan langkah nyata segera.

Pada Semester 1 2022, ALDO mencatatkan penjualan bersih Rp767,22 miliar, meningkat 14% dari Rp 669,85 pada periode yang sama 2021. Pada periode Januari-Juni tersebut, ALDO sukses membukukan laba bersih Rp39,31 miliar pada paruh pertama tahun ini, naik 31% dari Rp 30,05 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.

“Kami melihat kesadaran akan pentingnya lingkungan dan bisnis yang berkelanjutanakan terus semakin berkembang ke seluruh lapisan masyarakat. Dan hal itu, tentu saja akan sangat menguntungkan buat penjualan produk kertas kita yang mengusung konsep ramah lingkungan,” kata Direktur Utama ALDO, H. Sutanto yang dikutip INDUSTRY.co.id, Kamis (25/8/2022).

Berkat komitmen yang dimiliki dalam pengembangan green product dan green process dalam bisnisnya ini, Perseroan melalui anak usahanya PT Eco Paper Indonesia (ECO) menerima pembiayaan hijau sekitar Rp472 miliar dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA) pada bulan Juni lalu.

Pembiayaan hijau tersebut adalah bentuk dukungan BCA terhadap usaha dan investasi di segmen ekonomi sirkular yang menjadi bisnis inti dari anak perusahan ALDO tersebut, yaitu produksi daur ulang kertas. Dengan menggunakan kertas daur ulang, Perseroan memproduksi berbagai macam produk kertas ramah lingkungan yaitu kertas coklat seperti kraft liner, eco board, dan core board.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…