Bertemu Dubes Selandia Baru Kevin Burnett, Menparekraf Sandiaga Uno Bahas Peluang Kerja Sama Parekraf

Oleh : Candra Mata | Rabu, 24 Agustus 2022 - 17:28 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno melakukan pertemuan dengan Dubes Selandia Baru untuk Indonesia Kevin Burnett di Gedung Sapta Pesona, Jakarta.
Menparekraf Sandiaga Uno melakukan pertemuan dengan Dubes Selandia Baru untuk Indonesia Kevin Burnett di Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melakukan pertemuan dengan Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Kevin Burnett membahas peluang kerja sama sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

“Kami menjajaki peluang kerja sama pariwisata dan ekonomi kreatif yang bisa dilakukan antara Indonesia dengan Selandia Baru,” kata Menparekraf Sandiaga Uno dari keterangannya yang diterima redaksi INDUSTRY.co.id, pada Rabu (24/8/2022).

Sandiaga menjelaskan, peluang kerja sama yang dibahas meliputi peningkatan frekuensi penerbangan, strategi atau langkah menghadirkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan lingkungan, sharing best practice dengan institusi pendidikan antar kedua negara, digitalisasi, hingga strategi pemasaran guna meningkatkan awareness pariwisata kedua negara.

“Mudah-mudahan kita bisa saling memperkuat kolaborasi dalam mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di kedua negara. Serta dapat membantu mempromosikan dan menghadirkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan,” kata Menparekraf Sandiaga.

Ia menilai, Selandia Baru merupakan salah satu pasar yang sangat strategis bagi pertumbuhan pariwisata di Indonesia. Menurut data BPS, kedatangan turis asal Selandia Baru pada tahun 2018 tumbuh 14 persen atau sebanyak 128.325 wisatawan yang berkunjung ke Indonesia. Dengan length of stay antara 10 hingga 11 hari.

Apabila peluang ini dapat digarap secara optimal, maka pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia dapat bangkit dan akan mendorong penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru dan berkualitas.

“Karena sektor pariwisata dan ekonomi kreatif telah menjadi rumah bagi 40 juta masyarakat Indonesia,” ujar Menparekraf.

Dalam kesempatan itu, Menparekraf Sandiaga meminta dukungan kepada pihak Selandia Baru, untuk menyukseskan Presidensi G20 2022 yang dikepalai oleh Indonesia. Kemenparekraf sendiri memiliki beberapa side events G20 seperti World Conference on Creative Economy (WCCE) dan World Tourism Day.

Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Kevin Burnett menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang berharga ini, sehingga kedua negara dapat berdialog tentang peluang kolaborasi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Perbatasan kami telah dibuka kembali sepenuhnya untuk wisatawan pada 31 Juli 2022. Dan kami sedang dalam tahapan menyambut kedatangan para wisatawan ke Selandia Baru. Kami berharap dapat membangun kembali pariwisata dan ekonomi kreatif yang sempat terpuruk akibat pandemi dengan kerja sama yang akan kita lakukan ke depannya,” ujar Kevin.

Turut mendampingi Menparekraf, Direktur Pemasaran Pariwisata Regional II Kemenparekraf/Baparekraf, Agustini Rahayu dan Direktur Hubungan Antarlembaga Kemenparekraf/Baparekraf, Iman Santosa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…