Serunya Parade Merdeka Tanjung Lesung, Gelar Upacara di Bawah Laut

Oleh : Hariyanto | Rabu, 17 Agustus 2022 - 13:44 WIB

Pengibaran bendera oleh Direktur Utama PT Banten West Java, Poernomo Siswoprasetijo
Pengibaran bendera oleh Direktur Utama PT Banten West Java, Poernomo Siswoprasetijo

INDUSTRY.co.id - Tanjung Lesung - Acara Parade Merdeka Tanjung Lesung Tanam Kembali berlangsung semarak di Lalassa Beach Club, Tanjung Lesung- Banten, pada 16 Agustus 2022 hingga 17 Agustus 2022. Wisatawan, warga setempat,  mahasiswa, hingga komunitas menikmati bazaar, live music, berbagai perlombaan menarik, penanaman bibit pohon, penyambutan marathon sepeda, hingga upacara di bawah laut.

Pemindaian aplikasi Peduli Lindungi mencatat 200-an orang datang ke Lalassa Beach Club selama dua hari. Mereka terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa yang datang sendirian atau rombongan untuk merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-77.

Pengunjung merogoh kocek Rp45.000 untuk karcis masuk Lalassa Beach Club. Semua kendaraan pengunjung parkir di area parkir dekat pintu masuk Lalassa Beach Club.

Rangkaian acara Parade Merdeka sendiri dimulai dengan marathon sepeda pada hari Selasa (16/8) pagi hari di Menara Batavia- Jakarta. Di mana ditandai pemberian bendera merah putih oleh Poernomo Siswoprasetijo selaku Direktur Utama Tanjung Lesung kepada komunitas sepeda guna dibawa ke Tanjung Lesung untuk upacara pengibaran bendera di bawah laut. Acara ini juga disponsori oleh Nk health, united bike, speed jersey, sababay, Cedea.

Tiba di Tanjung Lesung sore jelang malam, para pesepeda disambut dengan deretan tenda usaha mikro. Mereka langsung menyerbu sebotol minum dingin penghilang rasa haus saat itu.

Poetoet (38) dan rombongan komunitas sepeda mengaku  senang menjadi bagian dari acara Parade Merdeka. Karena selain Tanjung Lesung memiliki tempat yang indah dan nyaman sebagai tempat berkumpul anggota komunitas, pihaknya bisa memberi kontribusi positif kepada masyarakat dengan mengkampanyekan bersepeda untuk mengurangi dampak pemanasan global.

“Kami berharap bisa membantu mendongkrak pariwisata di Tanjung Lesung, dan mengurangi dampak pemanasan global yang sudah jadi masalah mendesak,” terang Poetoet.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan penyambutan dan pesta rakyat Sang Saka Night yang diramaikan live music oleh Roompoet Hijau Band. Tampak ratusan orang turut serta dalam keriuhan acara penyambutan yang diiringi alunan musik bergenre reggae.

Hari Kedua Parade Merdeka
Acara diawali dengan penyerahan bendera dari rombongan komunitas sepeda kepada manajemen Tanjung Lesung yang diwakili oleh Kunto Wijoyo selaku Direktur Operasional Tanjung Lesung. Tak lama kemudian, bendera dibawa ke pinggir Pantai Lalassa di mana paskibra dari SMA Presiden sudah menunggu untuk dibawa ke tengah laut. Setelah diterima, paskibra SMA presiden membawa bendera dengan perahu boat bersama para penyelam pengibar bendera.

Adapun upacara bendera dilakukan seperti upacara bendera pada umumnya, yang dihadiri pemimpin upacara, pengibar bendera dan peserta upacara. Tersedia ponton – sebagai tempat berdiri para pemimpin upacara dan peserta upacara di atas laut – dan tepat di depannya ada tiang bendera menyembul agar para peserta upacara bisa melihat bendera telah dikibarkan. 

Nah, begitu perahu boat sampai di Ponton, sudah ada para manajemen Tanjung Lesung dan perwakilan komunitas, para sponsor maupun pendukung acara sekitar lima orang. Sejurus kemudian, 20 penyelam pun masuk ke dalam air laut. Mereka berenang menuju tiang bendera dan membentuk formasi tepat di hadapan tiang. Lalu, tiga orang penyelam melakukan pengibaran bendera hingga bendera merah putih muncul ke dalam permukaan laut. Menandakan pengibaran bendera di bawah laut berjalan aman dan sukses.

Setelah itu, acara pengibaran bendera berganti dengan transplantasi terumbu karang. Di mana dilakukan oleh gabungan dari berbagai instansi, yaitu Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Yayasan Konservasi Sulat Sunda, Saka Bahari dan Ndlahom Project.

Lestarikan Alam, Kurang Pemanasan Global
Selesai kegiatan di tengah laut, Parade Merdeka berlanjut di area pantai Lalassa Beach Club. Terlihat ratusan orang sudah memenuhi area bazaar di Lalassa Beach Club dan makin penuh ketika panitia menginformasikan akan memulai perlombaan, antara lain lomba makan kerupuk, bakiak, tarik tambang, lomba kayak.

Semua lomba berjalan seru dan meriah. Hal itu setidaknya yang dirasakan oleh Bayu (40) dan keluarganya. Mereka ikut serta dalam keriuhan Parade Merdeka dengan mencicipi jajanan yang ada, berswa foto sekaligus mengikuti lomba.

“Saya warga di sekitar sini. Tadinya sekadar ingin lihat-lihat. Seru juga bisa ternyata lihat proses upacara pengibaran bendera dan perlombaan di sini, ada live music juga,” terang Bayu. Bayu dan istri anaknya yang kompak berkaus putih pun mengaku puas terhadap rangkaian acara Parade Merdeka ini.

Sementara itu, Poernomo Siswoprasetijo selaku Direktur Utama Tanjung Lesung, menerangkan, pihak Tanjung Lesung menggandeng komunitas-komunitas dan instansi untuk sama-sama mendongkrak pariwisata sekaligus berpartisipasi dalam melestarikan alam di tengah menghadapi global warming yang dampaknya mempengaruhi keseharian. Semisal periode musim yang lebih panjang atau pendek, naiknya permukaan laut, dan meningkatnya frekuensi badai.

"Parade Merdeka berhasil menjadi daya tarik pariwisata, promosi dan sinergi kreativitas komunitas dan instansi, yang tentu memperkuat Tanjung Lesung sebagai kawasan wisata," terang Poernomo.

Lebih lanjut, Poernomo berharap Tanjung Lesung bisa menjadi sebuah hub bagi berbagai komunitas. Karena dengan berhasilnya acara Parade Merdeka membuktikan Tanjung Lesung – salah satu kota mandiri yang dimiliki PT Jababeka Tbk – menjadi tempat yang tepat bagi komunitas menyelenggarakan event.

“Tak lupa, saya juga ingin mengucapkan terima kasih bagi semua pihak yang mendukung acara Parade Merdeka ini bisa sukses terlaksana, yaitu Kementerian Lingkungan Hidup, Yayasan Konservasi Selat Sunda, Ndlahom Project, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) dan mahasiswanya, Edan Eling Racing, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Saka Bahari, dan Pemuda Pancasila,” tutup Poernomo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…