PTPP akan Berkonstribusi Dalam Pengelolaan Sampah di Pulau Dewata

Oleh : Wiyanto | Selasa, 16 Agustus 2022 - 16:38 WIB

PTPP ingin punya andil penanganan sampah di Bali
PTPP ingin punya andil penanganan sampah di Bali

INDUSTRY.co.id- Bali – PT PP (Persero) Tbk, salah satu perusahaan konstruksi dan investasi terkemuka, terdepan, dan terpercaya di Indonesia (“PTPP”) pada bulan Agustus ini akan memasuki usianya yang ke-69 Tahun.

Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun PTPP tersebut, melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (“TJSL”), PTPP membidik bidang lingkungan dan kesejahteraan masyarakat dengan memberikan kontribusi positif di Pulau Dewata, Bali.

PTPP akan berkonstribusi dalam pengelolaan sampah di Pulau Dewata dimana perusahaan berharap dapat menjadikan Kuta dan Seminyak sebagai daerah yang bebas dari sampah (“Zero Waste Area”).

Untuk merealisasikan program tersebut, PTPP menggandeng NGO yang hadir untuk memberikan solusi berupa teknologi untuk melakukan pengolahan semua jenis sampah termasuk sampah yang sulit dihancurkan.

Hasil dari pengolahan sampah tersebut akan dijadikan sebuah karya yang bernilai oleh penduduk di Pulau Dewata tersebut.

Teknologi yang dibuat oleh anak bangsa ini terdiri dari 2 (dua) buah mesin yang masing-masing memiliki fungsi berbeda. Mesin pertama merupakan sebuah mesin pemilah sampah yang dapat memilah sampah secara otomatis antara sampah organik dan sanpah anorganik.

Sementara itu, mesin kedua berfungsi sebagai pengolah aneka sampah multilayer, seperti: plastik, masker, styrofoam, dan sampah lainnya yang akan diolah menjad sebuah karya seni yang bernilai dan dapat berguna lebih untuk menyejahterakan masyarakat khususnya komunitas pengelola sampah.

Teknologi yang diberikan oleh PTPP tersebut tentunya akan menjadikan TPST Adat Seminyak menjadi satu-satunya TPST di Pulau Bali tanpa residu.

PTPP melakukan acara seremoni penyerahan alat bantuan pengelolaan sampah yang berlokasi di TPST 3R Seminyak di Jalan Beji Ayu No. 10, Seminyak, Kuta, Bali pada hari Jum’at (12/08). Penyerahan alat bantuan ini diserahkan langsung oleh SVP Corporate Secretary PTPP Bakhtiyar Efendi kepada Ketua KSM Bumi Lestari I Wayan Tegeg dengan disaksikan secara langsung oleh Asisten Deputi TJSL Kementerian BUMN RI Edi Eko Cahyono.

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta. Tuan Rumah Bendesa Adat Seminyak I Wayan WIndu Segara, Tokoh Masyarakat Badung I Wayan Suyasa, dan Tim TJSL dan Corsec PTPP. Masih di kesempatan dan acara yang sama dalam mengusung perayaan HUT PTPP Ke-69, PTPP juga memberikan bantuan kepada anak Sekolah Dasar (“SD”) di sekitar lokasi TPST dengan memberikan bantuan berupa alat kebutuhan sekolah sebanyak 69 (enam puluh sembilan) paket.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua TJSL PTPP Panji Decca Duanianto kepada beberapa perwakilan anak SD. Diharapkan dengan pemberian bantuan alat perlengkapan sekolah tersebut, anak-anak sekolah di sekitar wilayah Kuta tersebut akan menjadi lebih semangat dalam belajar di sekolah maupun belajar di rumah.

“Mengapa kami memilih Pulau Dewata Bali sebagai target bantuan pengelolaan sampah ini? Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Bali merupakan satu destinasi tujuan wisata di Indonesia yang pesona sudah sangat terkenal di mancanegara. Dengan banyak para wisatawan dan turis yang berdatangan ke pulau tersebut baik lolak maupun asing, maka terdapat permasalahan sampah di Pulau Dewata tersebut akan semakin meningkat setiap tahunnya. Selain itu, warga atau penduduk di Pulau Bali juga dikenal memiliki segudang kreatifitas akan karya seninya yang bernilai tinggi.

Atas dasar pertimbangan tersebut PTPP memilih Pulau Dewata ini sebagai target bantuan pengelolaan sampah akhir. Kami berharap hasil dari pengolahan sampah plastik nantinya akan dikreatifitaskan untuk menjadi sesuatu yang sangat bernilai di tangan masyarakat dan penduduk di Bali,” ujar Bakhtiyar Efendi selaku Sekretaris Perusahaan PTPP kepada media.

“Melalui program ini, PTPP yang merupakan salah satu perusahaan BUMN juga turut serta dalam menyukseskan penyelenggaraan event akbar G20 dengan menghadirkan solusi penanganan masalah sampah di Pulau Dewata,” tambah Bakhtiyar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Robert Wildner, CEO dan Co-founder AVOW

Kamis, 29 September 2022 - 21:18 WIB

Xiaomi Tunjuk AVOW sebagai Agensi Resmi Kawasan Asia Tenggara, Eropa, Timur Tengah, Afrika dan Amerika Latin

Perusahaan spesialis akuisisi pengguna OEM (Original Equipment Manufacturer), AVOW, baru saja diumumkan sebagai agensi resmi utama produsen smartphone Android terbesar, Xiaomi untuk kawasan…

Founder dan CEO CoinEx Haipo Yang

Kamis, 29 September 2022 - 20:54 WIB

Membaca Kiprah Crypto Exchange CoinEx untuk Donasi Kemanusiaan

Jakarta-Berkomitmen pada gagasan amal tanpa batas telah menjadi visi awal dari organisasi nirlaba yang dihadirkan bursa kripto CoinEx, CoinEx Charity.

Bank Sumut (Foto Ist)

Kamis, 29 September 2022 - 20:24 WIB

Perbesar Kredit ke Sektor Riil, Bank Sumut Siap Dukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Medan– Provinsi Sumatera Utara memiliki potensi ekonomi yang cukup besar, karena menjadi basis berbagai komoditas unggulan nasional serta sentra manufaktur di luar Pulau Jawa.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto Doc Golkar

Kamis, 29 September 2022 - 20:14 WIB

Ekonomi Digital Indonesia akan Capai 150 Miliar US di 2025, Pemerintah Harus Siapkan Infrastruktur dan Tingkatkan SDM

Jakarta - Pertumbuhan Ekonomi digital akan sangat dinikmati oleh kaum muda Indonesia. Untuk itu, pemerintah diminta tidak hanya menyiapkan infrastruktur, tetapi juga meningkatkan sumber daya…

Ketua DPP PDIP Puan Maharani dalam waktu dekat akan segera bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Sebelumnya, pertemuan kedua elite itu dijadwalkan pada bulan lalu, namun tertunda. Doc DPR

Kamis, 29 September 2022 - 20:06 WIB

Pertemuan Airlangga-Puan Bakal Buka Peluang Koalisi Pilpres 2024

Jakarta- Ketua DPP PDIP Puan Maharani dalam waktu dekat akan segera bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Sebelumnya, pertemuan kedua elite itu dijadwalkan pada bulan lalu,…