68 Tahun Berdiri, Sarihusada Konsisten Berikan Nutrisi untuk Keluarga Indonesia

Oleh : Hariyanto | Senin, 15 Agustus 2022 - 19:34 WIB

Sarihusada
Sarihusada

INDUSTRY.co.id - Yogyakarta – Sarihusada sebagai perusahaan penyedia nutrisi untuk ibu, anak dan keluarga Indonesia merayakan hari jadinya yang ke-68 pada 14 Agustus 2022, dengan menegaskan komitmennya untuk memberikan nutrisi untuk keluarga Indonesia.

Sarihusada sebagai bagian dari Danone Specialized Nutrition Indonesia terus mendukung peningkatan kualitas kesehatan anak Indonesia melalui penyediaan produk nutrisi awal kehidupan, berbagai program edukasi mengenai pentingnya gizi dan kesehatan serta menjalankan praktek operasional bisnis secara berkelanjutan.

Lahir dari inisiatif Pemerintah Indonesia dan Perserikatan Bangsa-Bangsa akan pengembangan program khusus guna menunjang kecukupan protein nasional dan mengatasi malnutrisi pada tahun 1954 di Indonesia, Sarihusada yang pertama memproduksi susu untuk anak dengan merek legendarisnya yakni susu pertumbuhan SGM yang hingga saat ini masih sangat dikenal dan diterima oleh masyarakat luas.

Melalui keberlanjutan usaha, Sarihusada tetap konsisten untuk menyediakan produk bernutrisi yang berkualitas dan terjangkau bagi keluarga Indonesia. Sarihusada sebagai bagian dari Danone SN Indonesia, menghadirkan produk asli Indonesia melalui operasional produksi pada 4 pabriknya yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia.

“Seiring waktu, kami terus mengembangkan lini produksi kami dengan menghasilkan keragaman produk dengan kualitas yang tetap terjaga seperti dalam produk susu untuk ibu hamil, susu pertumbuhan, susu untuk nutrisi dengan kebutuhan khusus maupun susu untuk keluarga. Kehadiran berbagai produk Sarihusada di masyarakat tentunya semakin melengkapi ketersediaan gizi bagi masyarakat, terutama ibu dan anak. Kami percaya bahwa pemberian nutrisi yang tepat di setiap tahapan penting kehidupan, dimulai dari awal kehidupan manusia hingga dewasa akan memberikan efek positif di masa sekarang dan masa mendatang.” kata Corporate Communications Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin yang dikutip INDUSTRY.co.id, Senin (15/8/2022).

Dalam menjawab tantangan pemenuhan nutrisi yang dihadapi ibu dan anak termasuk anemia dan stunting di Indonesia, Sarihusada menghadirkan pusat riset Danone Specialized Nutrition di Yogyakarta yang dilengkapi dengan keahlian sains dan teknologi terbaru seperti dalam empat fasilitas utama yakni Pilot Plant, Pengembangan Produk dan Bahan Baku, Laboratorium Sensori, dan Laboratorium Pengemasan. Pusat riset tersebut juga menjadi salah satu pusat riset terbesar bagi Danone secara global. Salah satu hasil dari penelitian kami seperti lahirnya produk terbaru yakni susu untuk keluarga Bernama SGM Yummi-Nutri dengan Pro-gress Maxx

Dalam hal komitmen memberikan layanan dan edukasi kepada seluruh ibu dan anak di Indonesia setiap hari, Sarihusada memiliki program layanan Careline yang dapat diakses selama 24/7 melalui berbagai saluran komunikasi. Careline Danone SN Indonesia yang telah memiliki sertifikasi manajemen laktasi juga berfungsi sebagai mitra yang kredibel bagi konsumen maupun calon konsumen untuk mendampingi sepanjang masa penting perjalanan mereka dalam setiap tahapan penting bagi kehidupan, termasuk pada periode 1000 Hari Pertama Kehidupan. Melalui berbagai pelayanan tersebut, perusahaan berambisi untuk terus bisa menjaga relevansi merek untuk memberikan pelayanan edukasi nutrisi kepada konsumen.

Sejalan dengan visi Danone yakni One Planet One Health, Sarihusada menjalankan komitmen untuk menjalankan praktek bisnis yang berkelanjutan khususnya dalam lingkup area operasional perusahaan dengan pilar sirkular karbon, sirkular air, pertanian berkelanjutan dan pendampingan masyarakat. Inisiatif terbaru yang diluncurkan yakni membangun Boiler Biomassa industri berbahan bakar sekam padi pertama di Jawa Tengah untuk mengurangi jejak karbon dari kegiatan produksi Pabrik Danone SN Indonesia di Prambanan hingga 32%.

Selain itu, Sarihusada juga menunjukan kontrbusinya dalam perlindungan lingkungan dengan mengembangkan Taman Kehati Eroniti di Desa Karangasem, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain berfungsi untuk penyelamatan berbagai spesies tumbuhan asli lokal yang terancam kelestariannya, Taman Kehati ini juga berfungsi sebagai penyedia nutrisi dan cadangan pangan bagi ekosistem di sekitarnya. Sarihusada juga secara aktif mendukung para peternak lokal hingga dukungan kepada para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) melalui program pelatihan dalam Program DAMPING.

Disisi lain, Sarihusada telah menjadi bagian dari pendukung sarana edukasi di area Taman Pintar Yogyakarta sejak tahun 2016 dan terus aktif dalam membantu proses renovasi dan pembaruan alat peraga interaktif hingga saat ini. Pembaruan tersebut dilakukan dengan mengangkat nilai kesehatan dan kelestarian lingkungan di ‘PAUD Generasi Maju’ yang ditujukan sebagai sarana bermain dan belajar untuk mendukung pengembangan kecerdasan, pengetahuan, dan motorik bagi anak-anak usia dini pengunjung Taman Pintar.

Sarihusada juga berfokus mendukung kampanye pemenuhan gizi seimbang pada anak usia PAUD melalui Program Isi Piringku yang saat ini menjangkau 6.119 PAUD, 12.916 total guru, 142.428 total siswa, 147.669 total orang tua di 27 Kabupaten/Kota dalam 9 Provinsi di Indonesia.

“Inisiatif dan komitmen kami dalam mewujudkan visi One Planet One Health terus dilakukan tak terkecuali di masa pandemi yang mana membuat komitmen kami semakin relevan, karena ketertarikan masyarakat terhadap isu kesehatan maupun aspek keberlangsungan lingkungan dan sosial menjadi sangat tinggi. Selama pandemi, kami secara aktif mendukung percepatan pemulihan masyarakat dengan bantuan alat kesehatan, nutrisi dan hidrasi serta kebutuhan pendidikan anak. Kami juga mendukung terselenggaranya 160 Sentra Vaksinasi di 27 kota di Indonesia yang berhasil menjangkau lebih dari 2 juta penerima manfaat dan memastikan hampir 100% karyawan kami telah tervaksinasi dan mendapatkan akses untuk booster.” tutup Arif.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rizky Billar foto by Ig Pribadi RB

Rabu, 05 Oktober 2022 - 14:31 WIB

Dampak Dugaan KDRT, Rizky Billar Diputus Kontrak Sebagai Host D Academy 5 Indosiar

Analisa Sutrisno Buyil sebagai wartawan hiburan seniro yang dimuat dibeberapa media, tentang karier Rizky Billar bakal tamat. Mulai jadi kenyataan, Komisi Penyiaran Indonesia atau KPI dengan…

Pabrik TACO di Cikande

Rabu, 05 Oktober 2022 - 13:56 WIB

TACO Resmi Kantongi Sertifikat TKDN

TACO sebagai solusi produk interior mengumumkan pencapaiannya atas sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI), International Organization for Standardization (ISO), Top Brand, Singapore Green…

Head of Community PINTU Jonathan Hartono

Rabu, 05 Oktober 2022 - 13:55 WIB

Aplikasi PINTU Berikan Edukasi Crypto dan Blockchain Kepada Tiga Kampus Besar Indonesia di ICMF 2022

PT Pintu Kemana Saja dengan brand PINTU, platform jual beli dan investasi aset crypto terus bergerilya memberikan edukasi tentang investasi aset crypto dan teknologi blockchain. PINTU mendapatkan…

FHTB 2022 Tingkatkan Jumlah Wisman ke Bali

Rabu, 05 Oktober 2022 - 13:10 WIB

12.000 Pengunjung, FHTB 2022 Tingkatkan Jumlah Wisman ke Bali

Pameran Food, Hotel & Tourism Bali (FHTB) 2022 telah resmi berakhir pada 24 September lalu. Tiga hari gelaran ini berlangsung bersama Retail Indonesia sukses menggaet 12,000 pengunjung, 300…

Perwatusi Sosialisaikan Gerakan Jawa Timur Melawan Osteoporosis

Rabu, 05 Oktober 2022 - 12:46 WIB

Perwatusi Sosialisaikan Gerakan Jawa Timur Melawan Osteoporosis

Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) bersama Dinas Kesehatan dan TP PKK Provinsi Jatim mencanangkan ‘Gerakan Jawa Timur Melawan Osteoporosis’. Salah satu programnya adalah…