Pupuk Indonesia Raih Dua Penghargaan Dalam IDEAS 2022

Oleh : Herry Barus | Rabu, 10 Agustus 2022 - 07:38 WIB

Pupuk Indonesia Raih Dua Penghargaan Dalam IDEAS 2022
Pupuk Indonesia Raih Dua Penghargaan Dalam IDEAS 2022

INDUSTRY.co.id - Jakarta– PT Pupuk Indonesia (Persero) meraih dua penghargaan sekaligus dalam perhelatan IDEAS (Indonesia DEI & ESG Awards) 2022 yang diadakan di Labuan Bajo, NTT, Jumat (5/8/2022). Dua penghargaan tersebut adalah Kategori Diversity, Equity & Inclusion (DEI) BUMN non Tbk (Silver), dan Kategori Terpopuler di Media Online BUMN non Tbk.

SVP Komunikasi Korporat Pupuk Indonesia, Wijaya Laksana, menyatakan bahwa perhelatan IDEAS 2022 ini diikuti oleh ratusan instansi mulai dari kementerian/lembaga (K/L) baik pusat dan daerah, perusahaan pelat merah dalam hal ini BUMN dan BUMD. Acara ini diselenggarakan oleh Humas Indonesia. 

“Untuk penghargaan Kategori DEI kami peroleh atas pelaksanaan campaign program Srikandi Pupuk Indonesia, sedangkan Terpopuler di Media Online adalah berkat kinerja publikasi perusahaan dalam setahun terakhir,” jelas Wijaya. 

Lebih lanjut Wijaya menyebutkan bahwa IDEAS merupakan bentuk apresiasi kinerja insan Public Relation (PR) yang telah mengomunikasikan praktik diversity, equity, inclusion (DEI) dan encironmental, social, governance (ESG) terbaik di organisasinya. Praktik-praktik tersebut merupakan isu global yang menjadi arus utama bagi eksistensi organisasi/korporasi secara berkelanjutan.

Sementara itu, Founder & CEO Humas Indonesia, Asmono Wikan, mengatakan bahwa saat ini perusahaan melalui PR sangat penting mengomunikasikan isu-isu terkait DEI dan ESG. “Isu inklusi sosial, misalnya. Saat ini patut mendapat perhatian sangat serius bagi organisasi/korporasi. Terutama dari para pemimpinnya, agar strategi komunikasi yang dijalankan lebih relevan, empatik, dan berdampak,” kata dia.

Dia juga menyatakan bahwa praktisi humas harus mampu memberikan kepastian untuk keberlanjutan program di masa mendatang. Sehingga terdapat benang merah antara tujuan suatu organisasi dengan komunikasi yang ingin dicapai. Dengan demikian, manfaat dari program DEI dan ESG yang dijalankan tidak hanya dirasakan oleh organisasi, tetapi juga berbagai aspek mulai dari sosial, kultural, hingga ekonomi.

Kompetisi ini terbagi ke dalam dua kategori DEI dan ESG. Serta, kategori khusus Pemerintah Daerah. Tercatat ada 77 entri dari 39 organisasi dari berbagai lintas instansi/korporasi yang berlaga di ajang tersebut. 

khusus Kategori Pemimpin Terpopuler di Media On-line 2021, Humas Indonesia bekerja sama dengan Kazee Digital Indonesia yang melakukan monitoring pemberitaan terhadap ratusan (K/L) pusat dan daerah, perusahaan BUMN dan BUMD di 6.061 media on-line lokal, 2.320 media on-line nasional, dan 2.407 media on-line internasional. Monitoring dilakukan sejak 1 Januari – 31 Desember 2021. Selain menggunakan metode kuantitatif secara real-time, penilaian dilakukan secara kualitatif. (*)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…