Soal Pembentukan BLU Batu Bara, Mukhtarudin: Kita Perlu Perpres Biar Cepat

Oleh : Hariyanto | Selasa, 09 Agustus 2022 - 11:45 WIB

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin
Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin meminta Kementerian ESDM agar mengajukan izin Peraturan Presiden (Perpres) bukan Peraturan Pemerintah dalam proses pembentukan Badan Layanan Umum (BLU) Batu Bara.

Mukhtarudin menyampaikan hal itu dalam Rapat Kerja Komisi VII DPR dengan Menteri ESDM terkait Progress Realisasi Entitas Khusus Batu Bara di Gedung Nusantara I Parlemen Senayan Jakarta, Selasa, (9/8/2022).

Mukhtarudin mengatakan perizinan menggunakan Perpres, karena kehadiran BLU dapat menjadi solusi permanen untuk persolan kelistrikan nasional.

"Masalah pemenuhan kebutuhan Baru Bara dalam negeri khususnya kelistrikan ini penting, bagi energi kita khususnya listrik tidak terganggu pasokan bagi masyarakat," tandas Mukhtarudin.

Politisi Golkar Dapil Kalimantan Tengah ini berharap ada rasa keadilan dari pemerintah yang harus diberikan kepada seluruh pemegang IUP Batubara tanah air.

Artinya, lanjut Mukhtarudin, kalau pemegang IUP yang besar dikenakan dan yang kecil tidak dikenakan mestinya ada kompensasi, seperti yang diatur dalam BLU tersebut.

"Nah saya kira kita perlu percepatan ya. Tadi pak menteri bilang masih ada perdebatan antara payung hukum PP dan Perpres. Kalau kami di DPR pengennya cepat cepat saja pak Menteri," beber Mukhtarudin.

Mengingat, PP terkait pembentukan BLU terlalu lama, dan koordinasinya panjang, sedangkan kebutuhan sudah mendesak.

"Jangan sampai kita ada rapat lagi di luar masa reses hanya untuk bahas masalah ini lagi ini lagi," imbuh Mukhtarudin.

Untuk itu, Mukhtarudin berharap dalam Raker tersebut harus ada satu persepsi antara DPR RI dan pemerintah.

"Kita harus sepakat ambil jalan cepat yaitu Perpres. Saya kira jangan hanya DPR yang anggap ini penting tapi pemerintah juga harus anggap ini penting dan urgent. Kalau sipatnya urgent  jalan pintasnya tentu harus yang cepat yakni Perpres. 

Mukhtarudin mendorong Perpres pembentukan dan implementasi skema BLU Batubara dalam negeri.

"Kita sepakat ini lebih mendorong Perpres ketimbang PP, agar cepat dalam rangka proses pembuatannya," tandas Mukhtarudin.

Sementara dalam strategi kebijakan pemenuhan DMO Batubara khusus untuk PLN (Persero). Mukhtarudin mengatakan pemerintah perlu mengkaji kembali rencana memasukkan industri non kelistrikan dalam kebijakan tersebut.

"Kemudian terkait DMO ini, Industri lain yang perlu dipertanyakan. Apa seluruh industri?. Jadi perlu dijelaskan dalam skema DMO nanti," beber Mukhtarudin.

"Kalau misalnya PLN ini berarti menyangkut hidup orang banyak, ada penugasan ada subsidi di sana. Tapi kalo industri yang sipatnya non penugasan ini perlu kita diskusikan lebih jauh apa perlu juga diberikan fasilitas DMO dengan menggunakan skema BLU ini," pungkas Mukhtarudin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…