Tanjung Lesung Apresiasi Groundbreaking Tol Serang-Panimbang Seksi 3

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 06 Agustus 2022 - 11:27 WIB

Tol Serang - Panimbang Tanjung Lesung (dok Kemen PUPR)
Tol Serang - Panimbang Tanjung Lesung (dok Kemen PUPR)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Peletakan batu pertama atau groundbreaking Tol Serang Panimbang Seksi 3 Cileles- Panimbang akan segera dilakukan oleh Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi bersama Basuki Hadimuljono selaku Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, di ruas jalan Sp. Labuhan- Cibaliung STA 16+500, exit Tol Panimbang, Senin (8/8/2022).

Diproyeksikan, tol Serang Panimbang Seksi 3 akan selesai pada akhir 2023 di mana sebelumnya Tol Serang- Panimbang Seksi I Serang - Rangkasbitung sudah beroperasi dan Seksi 2 Rangkasbitung - Cileles dalam tahap akhir.

Mengakselerasi wisata Tanjung Lesung
Menanggapi hal itu, Poernomo Siswoprasetijo selaku Direktur Utama PT Banten West Java (BWJ) mengaku senang sekaligus mengapresiasi kerja keras Kementerian PUPR dan pihak terkait yang melakukan pembangunan, seperti Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan Wijaya Karya Serang Panimbang WSP. Karena, groundbreaking tersebut itu menunjukan bukti nyata atas komitmen besar pemerintah untuk mewujudkan pembangunan infrastruktur di Banten.

Poernomo pun berharap keberlangsungan sinergi dukungan dari kementerian PUPR dan  pihak terkait terus berlanjut demi kelancaran pelaksanaan konstruksi. Sebab, jika Tol Serang Panimbang – yang melintasi tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Serang, Lebak dan Pandeglang –   beroperasi, maka akan mengakselerasi perkembangan kawasan pariwisata di sekitar wilayah Banten, termasuk Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung.

"Oleh karenanya, besar harapan kami agar pembangunan Tol Serang-Panimbang seksi tiga bisa berjalan lancar. Karena, kehadirannya akan memberikan manfaat langsung bagi pariwisata yang otomatis perekonomian masyarakat Banten sekitarnya, termasuk Tanjung Lesung yang berada di dalamnya," terang Poernomo di Menara Batavia, lantai 25, Jakarta, Sabtu (6/8/2022)

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung

Menghadapi tren wisatawan “balas dendam”
Adapun kondisi saat ini wisatawan Tanjung Lesung –  baik lokal maupun  meningkat – terus meningkat setiap bulannya seiring penanganan pandemi covid-19 makin terkendali. Di mana sejalan dengan laporan Badan Pusat Statistik yang menyatakan jumlah wisatawan mancanegara ke Indonesia mengalami peningkatan, yaitu pada bulan Juni 2022 sebanyak 345.440, kemudian Mei 2022 sebesar 212.300 orang dan April 2022 sebesar 114.100.

Lebih dalam, Poernomo mengatakan bahwa ditengah dimulainya konstruksi Tol Serang-Panimbang seksi tiga dan kunjungan wisatawan mancanegara berangsur pulih, Tanjung Lesung melakukan persiapan dan menambah objek wisata demi memberikan kenyamanan serta keamanan. Karena, saat ini sedang ada tren wisatawan 'balas dendam' yang harus disikapi dengan baik demi Tanjung Lesung bisa menjadi pilihan tujuan liburan para keluarga atau wisatawan.

Poernomo Siswoprasetijo, Direktur Utama PT Banten West Java (BWJ) 

"Pertama, kami berkomitmen untuk selalu menjalankan protokol kesehatan dengan ketat dan disiplin. Komitmen tersebut bisa dilihat dari hasil sertifikasi CHSE (cleanliness, health, safety, Environment) kami yang mendapatkan angka 100 persen atau memuaskan dari Kemenparekraf," terang Poernomo.

Kedua, Tanjung Lesung – salah satu proyek kota mandiri PT Jababeka Tbk –  memiliki akomodasi yang beragam dengan harga bervariasi sehingga bisa menyesuaikan kebutuhan wisatawan. Pihak Tanjung Lesung sendiri baru saja menambah ketersediaan kamar penginapan dengan hadirnya Villa Tara, sebuah homestay di Komplek villa Ladda Bay Village. Alhasil, kata Poernomo, total kamar yang ada Tanjung Lesung untuk memenuhi kebutuhan wisatawan sudah mencapai sekitar 1.000 kamar.

"Ketiga, Tanjung Lesung menyediakan kegiatan seru bareng keluarga sebanyak 25 dan 12 spot fot yang instagramable yang bisa di-explore wisatawan. Itu karena Tanjung Lesung merupakan playground terlengkap dan terbesar dengan luas area 1.500 hektar,” terang Poernomo.

Adapun 25 kegiatan seru kegiatan seru di Tanjung Lesung antara lain,  naik jetski, stand up paddle board, main kayak, snorkeling, diving, atau main ATV, dan terbaru paket joy flight untuk menyaksikan panorama Gunung Krakatau dengan pesawat Cessna 152 & 172. 

“Saat ini, kami sedang proses menambah obyek wisata lagi. Untuk proyek obyek wisata prioritas yang sedang kami bangun adalah Fauna Land Kid Zoo, sebuah kebun binatang untuk rekreasi keluarga yang berkolaborasi dengan PT Fauna Land Indonesia. Kami berupaya agar Fauna Land Kid Zoo sudah bisa dibuka disaat Tol Serang-Panimbang Seksi beroperasi,” tutup Poernomo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…

Fransiscus Go sedang memegang hasil kebun di Nara Kupu Village Sawangan, Depok-Jawa Barat. (Foto: Istimewa)*

Selasa, 23 April 2024 - 16:35 WIB

Pengusaha Sukses NTT Ini Sebut Program Food Estate Efektif untuk Pemanfaatan Lahan yang Sudah Lama Tertidur

Jakarta - Tokoh masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiscus Go menilai bahwa program Food Estate, atau pengembangan pangan secara terintegrasi yang tengah digencarkan oleh pemerintah…