Saat Bookbuilding, Saham Klinko Karya Imaji Alami Oversubscribed 1,5 Kali

Oleh : Abraham Sihombing | Selasa, 02 Agustus 2022 - 17:02 WIB

Anggun Supanji, Presiden Direktur PT Klinko Karya Imaji Tbk. (Foto: Humas Perseroan)
Anggun Supanji, Presiden Direktur PT Klinko Karya Imaji Tbk. (Foto: Humas Perseroan)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Setelah masa penawaran awal (book building) berakhir, PT Klinko Karya Imaji Tbk (KLIN) mengumumkan hasil bookbuilding yang berlangsung pada 20-25 Juli  2022. Direktur Utama KLIN, Anggun Supanji, mengungkapkan, saat proses bookbuilding, KLIN mencatat terjadi kelebihan permintaan atau oversubscribed sebanyak 150% atau 1,5 kali.

 

PT Klinko Karya Imaji Tbk yang akan menjadi emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) merupakan perusahaan manufaktur alat kebersihan ramah lingkungan yang mengaplikasikan benang daur ulang untuk produknya, antara lain kain pel, lobby duster, dan keset. Pemanfaatan benang daur ulang sebagai material utama mencapai 80% bagi keseluruhan material produk.

 

“Hingga hari penutupan penawaran, antusiasme investor terbilang cukup tinggi. Ini sangat kami apresiasi, karena artinya semakin banyak masyarakat yang berminat pada investasi ke perusahaan yang mengusung green environment seperti KLIN,” ujar Anggun.

 

Perseroan telah mendapat persetujuan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melaksanakan penawaran umum perdana saham pada periode 2-5 Agustus 2022, dan listing di Bursa Efek Indonesia pada 9 Agustus 2022. Perseroan dengan kode saham KLIN ini terdaftar sebagai Efek Syariah, sebab hingga kini KLIN tercatat tidak memiliki utang.

 

Anggun mengemukakan, tingginya minat masyarakat terhadap saham KLIN menunjukkan kepercayaan publik pada perusahaan. “Ini tentu menjadi pemacu semangat kami untuk terus berkontribusi positif bagi bangsa, melalui inovasi dan penguatan strategi jangka panjang perusahaan,” imbuh Anggun.

 

Emiten KLIN resmi mengantongi izin melantai di BEI berbarengan dengan banyaknya IPO emiten dari berbagai skala. Hingga 19 Juli 2022, sudah ada 26 emiten baru yang melantai di Bursa dan 37 lainnya sedang dalam proses pipeline IPO tahun ini, termasuk KLIN.

 

“Capaian ini patut kami syukuri mengingat banyaknya kehadiran emiten baru yang juga menarik perhatian investor. Namun, kenyataannya bookbuilding KLIN tidak sampai sepi peminat,” kata Effendi Irawan, Direktur Utama PT Elit Sukses Sekuritas.

 

Ketika book building, harga saham KLIN ditawarkan pada kisaran Rp90-100 per saham. Pasca penutupan penawaran awal, KLIN dan Penjamin Emisi Efek menetapkan harga penawaran saham Rp100 per saham.

 

Produsen alat kebersihan ramah lingkungan asal Gresik, Jawa Timur, ini, mengincar dana Rp23 miliar dari IPO. Dana tersebut akan digunakan sebagian besar untuk menunjang operasional perusahaan sampai modal kerja. Pasalnya, perusahaan kini semakin memantapkan langkah untuk memperluas pasar domestik dan global. Lewat skema private label, KLIN sudah merambah pasar ekspor ke tujuh negara di kawasan Asia Tenggara, Amerika Serikat, Eropa, Afrika, dan Amerika Latin.

 

Per Juni 2022, pendapatan KLIN tumbuh 100% atau senilai Rp2,8 miliar dibandingkan periode yang sama pada 2021. Per Juni 2021, pendapatan KLIN tumbuh sebesar Rp1,4 miliar. Meninjau kinerja saat ini, manajemen perseroan optimistis memproyeksikan pertumbuhan kinerja hingga sampai akhir 2022.

 

 

 

Tentang PT Klinko Karya Imaji Tbk

 

PT Klinko Karya Imaji Tbk yang didirikan pada 2016 merupakan pioneer produsen alat kebersihan berbahan recycle di Indonesia. Perseroan memberikan pilihan beragam produk kebersihan penuh warna dan terjangkau untuk pengalaman pengguna yang lebih baik, bagi Indonesia dan dunia. Saat ini, KLIN berhasil memasarkan produknya ke 33 kota di Indonesia hingga 7 negara di 4 benua yakni Asia, Amerika, Afrika dan Eropa.

 

Perseroan terus berupaya untuk mencakup semua area industri kebersihan dengan memperluas jaringan distribusinya, termasuk di dalamnya bersinergi dengan modern channel melalui jaringan supermarket seperti Trans Mart, Lotte Mart, dan Mr. DIY.(*)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…