Carmelita Mantan Pebulutangkis Nasional Bisnis Kaffe

Oleh : Herry Barus | Senin, 25 Juli 2022 - 07:49 WIB

Carmelita Mantan Pebulutangkis Nasional
Carmelita Mantan Pebulutangkis Nasional

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Banyak cara yang dilakukan mantan atlet bulutangkis untuk mengisi kehidupannya. Salah satunya berbisnis apa saja yang dipahaminya, hal tersebut seperti yang dilakukan Carmelita mantan atlet bulutangkis era 1993-2001. Ia kini bisnis kuliner dengan membuka X-tra Kaffe dan Resto di jalan Bina Husada no 15, sebab disini tersedia aneka kopi kental nan mantap, gelato dan bermacam-macam kue komplet dengan restoran yang menyediakan aneka hidangan.

Perjalanan hidup Carmelita termasuk seru dan penuh warna.

Selepas menjadi pemain nasional hingga mencapai peringkat delapan dunia, Carmel, demikian ia biasa dipanggil, sempat merantau ke Swedia selama satu tahun sebagai pemain bulu tangkis profesional.

“Saya main di kota Umea, membela klub bulu tangkis kota untuk berkompetisi di liga bulu tangkis nasional Swedia, seperti di sepak bola juga” tutur ibu 3 anak ini saat ditemui penulis sebelum acara peresmian kafenya.

“Saya bergabung saat klub berada pada posisi terbawah dan akhirnya berhasil menjadi juara kedua nasional di akhir kompetisi” sambung Carmel.

Selepas dari Swedia ia tidak langsung tertarik untuk kuliah, Carmel sempat menangani berbagai macam pekerjaan dari mulai jualan mobil lalu pindah ke perusahaan kosmetik hingga menangani pemasaran properti, “saat menangani penjualan mobil pernah meraih sebagai top sales dan di properti malah jadi ‘top sales of the year” kata Carmel.

Dari pengalaman menjual beraneka macam properti di sekitar Jakarta Utara, wanita 46 tahun ini kemudian berani membuka agen pemasaran properti sendiri. Pada era ini ia bertemu dengan David, yang kemudian menikahinya di tahun 2005.

Setelah punya anak, Carmel malah tertarik untuk kuliah. Ia masuk Universitas 17 Agustus di Sunter dan merasa berminat sekali untuk belajar di bidang hukum. Kuliahnya lancar meski sambil membesarkan tiga anak, Vanessa, Vianca dan Viero. Carmel lulus jadi sarjana hukum tepat waktu.

Ia sempat bergabung dalam sebuah firma hukum sebelum akhirnya membuka firma hukum sendiri ‘The Clients Law Firm’ berlokasi di Springhill Office Tower Lantai 7 Unit 7H, Jl. Benyamin Suaeb, Kemayoran, yang sudah berjalan selama delapan tahun dengan partner sang suami sendiri.

“Kalau David, suami saya, lebih banyak menangani perpajakan, dia konsultan pajak, sedang saya masuk ke ruang persidangan, paling banyak saya menangani kasus perceraian” ucap Carmel sambil tertawa.

Carmel tak melupakan PBSI, persatuan bulutangkis nasional yang membesarkannya. Meski tak lagi bertanding, namun ia aktif mengurus organisasinya. Carmel menangani bidang Humas dan Media bersama mantan pemain bulu tangkis juga, Ricky Achmad Subagja, untuk Masa Bakti pengurus PBSI tahun 2016-2020 dengan Ketua Umum waktu itu jendral Wiranto.

 

Kini, disamping kesibukannya menangani aneka kasus di pengadilan, Carmel dan David masih menyempatkan diri mengelola Xtra Kaffee lengkap dengan tempat kost di sisi bangunan.

“Saya tertarik membuat kafe karena di lokasi ini terdapat bermacam sekolahan, dari Sekolah Dasar sampai SMA” tutur David. Itu sebabnya kafe juga menyediakan gelato, aneka kue dan juga makanan di restorannya.

Mengapa memakai nama Xtra? Carmel menjawab dengan penuh semangat, “karena saya sering melihat di sekitar gedung perkantoran para perokok yang selalu mendapat perlakuan diskriminasi. Kalau mau merokok harus keluar ruangan dan kepanasan. Di kafe saya ini yang mau merokok silakan, ada ruangan khusus untuk para perokok di lantai dua lengkap dengan mesin pendingin jadi tidak usah khawatir kepanasan.  Untuk ‘mendorong’ asap keluar, ruangan  memakai ‘blower’. Pokoknya buat nongkrong cocoklah” tutup Carmelita

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…