Sandiaga Uno Ajak Pelaku Ekraf Gorontalo Olah Jagung Jadi Produk Berdaya Saing

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 15 Juli 2022 - 11:15 WIB

Produk olahan susu jagung yang merupakan hasil dari workshop "Tambah Cuan dari Jagung, Cara Kreatif Mengolah Jagung menjadi Susu dan Puding" di Gorontalo. (Kemenparekraf)
Produk olahan susu jagung yang merupakan hasil dari workshop "Tambah Cuan dari Jagung, Cara Kreatif Mengolah Jagung menjadi Susu dan Puding" di Gorontalo. (Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan bahwa Gorontalo menjadi salah satu lumbung produksi jagung nasional karena tanahnya yang subur. 

Maka dari itu, Menparekraf mengajak pelaku ekonomi kreatif di Gorontalo untuk memaksimalkan pengolahan jagung agar menjadi produk yang lebih berdaya saing.
 

Sandiaga menjelaskan bahwa banyaknya produk turunan yang dihasilkan dari jagung, maka nilai jual jagung akan stabil, sehingga pendapatan para petani jagung di Gorontalo akan meningkat dan sejahtera. 

“Kita yakin dengan terobosan-terobosan baru dalam pengolahan jagung, kita punya peluang untuk bangkit jadi kita bisa bersaing di tingkat nasional ataupun internasional,” kata Menparekraf, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.
 
Menparekraf Sandiaga menyampaikan Kemenparekraf bekerja sama dengan Yayasan Indonesia Setara, memberikan pendampingan dan pelatihan salah satu produk turunan dari olahan jagung yaitu pembuatan susu dan puding jagung. 
 
“Hari ini ibu-ibu belajar mengolah jagung menjadi produk susu yang bisa dijadikan minuman susu kemasan, es susu jagung, bahkan susu sereal jagung. Beberapa contoh diversifikasi produk kuliner yang bisa langsung diterapkan. Kita berharap manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat Gorontalo, kalau nilai tambahanya meningkat, lapngan kerjanya akan meningkat,” tukas Sandiaga. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SketchUp Indonesia dan Hush Puppies gelar SketchUp Annual Design Competition 2023.

Rabu, 04 Oktober 2023 - 21:04 WIB

SketchUp Indonesia dan Hush Puppies Gelar Kompetisi Desain Interior. Ini Syarat Dan Keuntungan Yang Akan Didapat Peserta

Dukung desainer interior lokal, SketchUp dan Hush Puppies gelar SketchUp Annual Design Competition 2023. Registrasi dibuka mulai tanggal 13 Oktober 2023.

99 Group

Rabu, 04 Oktober 2023 - 20:55 WIB

Perkuat Lini Bisnis, 99 Group Tunjuk Senior VP Listing Business Baru

99 Group menunjuk Faizal Abdullah sebagai Senior Vice President (SVP) for Listing Business. Pengalaman profesionalnya dalam enam tahun terakhir di industri properti, baik di Rumah.com maupun…

Peluncuran Pruanugerah Syariah

Rabu, 04 Oktober 2023 - 19:06 WIB

Prudential Syariah Luncurkan Pruanugerah Syariah

PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) memperkenalkan produk baru asuransi jiwa Syariah tradisional, yakni PRUAnugerah Syariah sebagai bentuk persiapan warisan bermakna bagi…

Press conference pembukaan Summarecon Villaggio Outlet

Rabu, 04 Oktober 2023 - 17:45 WIB

Summarecon Hadirkan Pengalaman Belanja Outlet Otentik Lewat Summarecon Villaggio Outlet di Karawang

PT Summarecon Agung Tbk. secara resmi membuka Summarecon Villaggio Outlets (Villaggio) sebagai Outlet Otentik Pertama di Indonesia pada hari Rabu, 4 Oktober 2023 mulai pukul 5 sore. Pembukaan…

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 04 Oktober 2023 - 17:00 WIB

Asaki ungkap Utilisasi Produksi Keramik Nasional Menurun, Ini Biang Keroknya

Industri keramik nasional tengah mengalami penurunan kinerja. Berdasarkan catatan Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki), tingkat utilisasi produksi keramik nasional periode Januari…