Jababeka - Pusdiklat SDM Industri Kemenperin Teken Kerja sama Akselerasi Industri 4.0

Oleh : Ridwan | Rabu, 13 Juli 2022 - 22:00 WIB

Penandatanganan perjanjian kerja sama antara Jababeka dengan Pusdiklat SDM Industri Kemenperin
Penandatanganan perjanjian kerja sama antara Jababeka dengan Pusdiklat SDM Industri Kemenperin

INDUSTRY co.id - Jakarta - PT Jababeka Tbk melalui salah satu anak usahanya, yakni PT Jababeka Infrastruktur dan Pusat Pendidikan dan Pelatihan SDM Industri Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama tentang pengembangan sumber daya manusia industri terkait industri 4.0.

Perjanjian kerja sama tersebut menjadi dasar bagi para pihak dalam rangka akselerasi transformasi industri 4.0. 

“Saya sangat senang dan bahagia karena baru 8 bulan PIDI (Pusat Inovasi Digital Industri Indonesia) 4.0 beroperasi, kita sudah punya 29 mitra industri dan universitas. Saya harapkan semua mitra PIDI 4.0 dapat berkontribusi untuk Making Indonesia 4.0 dan saya menunggu kegiatan Hackathon (kegiatan pengembangan proyek software dan hardware) yang akan diselenggarakan Jababeka dengan PIDI 4.0," kata Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin Arus Gunawan.

Pendatanganan perjanjian ini merupakan salah satu rangkaian acara dalam kegiatan yang diadakan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan SDM Industri Kemenperin di Bali yang dihadiri oleh perusahaan–perusahaan yang tergabung dalam Ekosistem PIDI 4.0, di antaranya PT Telekomunikasi Selular, PT Schneider Indonesia, PT Ericsson Indonesia, dan lain - lain.

Adapun agenda utama dalam kegiatan di Bali ini adalah evaluasi program dan kegiatan tahun 2022 terhadap seluruh Ekosistem PIDI 4.0.

“Acara ini kami adakan di Balai Diklat Industri (BDI) Denpasar agar para mitra bisa melihat dan terpacu untuk memberikan ide-ide kerjasama terkait dengan pengembangan Satelit PIDI 4.0 di Bali. BDI Denpasar memiliki fokus pada pengembangan SDM Industri di bidang animasi dan digital content," urai Wisnu selaku Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan SDM Industri Kemenperin.

Sekedar informasi, PT Jababeka Infrastruktur merupakan satu–satunya perusahaan kawasan industri yang diundang dalam kegiatan tersebut.

PT Jababeka Infrastruktur melalui Fablab Jababeka selaku Satelit PIDI 4.0 ini memiliki peranan yang penting, yaitu agar dapat melakukan kolaborasi dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan SDM Industri Kemenperin untuk mengembangkan sumber daya manusia industri dan melakukan transformasi industri 4.0 di Indonesia. 

Fablab Jababeka adalah salah satu fasilitas yang berada di Kawasan Industri Jababeka, ditujukan sebagai pusat inovasi, pengembangan kompetensi dan purwarupa berbagai produk terkait implementasi Industri 4.0 serta merupakan wujud nyata dari komitmen PT Jababeka Tbk guna mendukung program pemerintah Making Indonesia 4.0 dan secara khusus untuk melakukan percepatan industri 4.0 di Kawasan Industri Jababeka-Cikarang.

Fablab Jababeka telah dikembangkan sesuai dengan tujuan PIDI 4.0 yang mencakup lima pilar, yaitu showcase, capability, delivery, engineering & AI, dan ecosystem.

Perlu diketahui bahwa sampai dengan sejauh ini PT Jababeka Infrastruktur merupakan satu–satunya mitra badan usaha swasta yang ditunjuk sebagai Satelit PIDI 4.0.

Dalam kesempatan ini, PT Jababeka Infrastruktur diwakili oleh Agung Wicaksono selaku Managing Director menandatangani perjanjian tersebut dan sekaligus melakukan pemaparan materi mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini sebagai langkah awal implementasi perjanjian, yaitu Hackathon melalui kerja sama dengan PT Bisa Artifisial Indonesia.

“Kegiatan Hackathon ini sejalan dengan salah satu dari 10 prioritas nasional making indonesia 4.0, yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia," urai Agung di Jakarta (13/7).

Dalam kegiatan Hackathon tersebut, setiap tim peserta harus menyampaikan proposal yang berisikan suatu ide atas solusi terhadap suatu permasalahan nyata yang sedang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan manufaktur yang beroperasi di Kawasan Industri Jababeka.

Seluruh ide dari tim peserta akan diseleksi sehingga hanya akan terpilih 5–10 proposal ide terbaik dan bagi tim peserta yang produknya telah mendapatkan traction akan diberikan dukungan berupa pendirian badan usaha berbentuk perseroan terbatas (PT), pengurusan hak kekayaan intelektual, dan memiliki peluang untuk mendapatkan pendanaan dari venture capital.

Hasil dari kegiatan Hackathon ini akan diimplementasikan pada sektor industri sehingga dapat memberikan dampak yang nyata terhadap making Indonesia 4.0. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…