PT Hutama Karya (Persero) Selesaikan Konstruksi Gedung OJK Palembang

Oleh : Herry Barus | Selasa, 05 Juli 2022 - 10:49 WIB

PT Hutama Karya (Persero) Selesaikan Konstruksi Gedung OJK Palembang
PT Hutama Karya (Persero) Selesaikan Konstruksi Gedung OJK Palembang

INDUSTRY.co.id - Palembang– Memasuki pertengahan tahun 2022, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) berhasil merampungkan proyek Pembangunan Gedung Kantor Wilayah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Palembang, Sumatra Selatan dengan tepat waktu pada April 2022. Gedung garapan KSO ADHI-HK ini diresmikan secara langsung oleh Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru pada Senin (27/6/2022).

Turut hadir pula dalam peresmian tersebut, Ketua DPRD Sumatra Selatan RA Anita Roeninghati, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, dan Executive Vice President (EVP) Divisi Gedung Hutama Karya Purnomo. Sebagai hasil dari kolaborasi antara PT Hutama Karya dengan PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (Adhi Karya), gedung OJK ini siap menghiasi kota Palembang dengan konsep ramah lingkungannya.

Direktur Operasi II Hutama Karya Ferry Febrianto menyampaikan bahwa dalam pembangunan proyek KSO Gedung Kantor OJK Regional Sumatra Bagian Selatan senilai Rp 146,4 Miliar ini sangat memperhatikan kualitas mutu bangunan. Selain itu, guna mengusung konsep green building, dalam konstruksinya juga memperhatikan pengelolaan air limbah yang dapat di daur ulang, serta penggunaan kaca gedung yang memenuhi standar bangunan green building.

“Dalam KSO ini kami telah menyelesaikan pekerjaan mulai dari perencanaan, pekerjaan struktur, arsitektur, MEP (Mechanical, Electrical, & Plumbing), interior, hingga landscape. Kami benar-benar memperhatikan kualitas dari bangunan yang dikerjakan agar bangunan ini dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna gedung OJK ini,” ujar Ferry.

Lebih lanjut Ferry menambahkan bahwa target waktu yang cukup singkat dan keterbatasan area kerja menjadi tantangan tersendiri dalam pembangunan proyek ini, sehingga dibutuhkan strategi dan fokus yang optimal untuk mencapai target penyelesaian. “Dari sisi teknologi, KSO ADHI-HK menggunakan Building Information Modelling (BIM) untuk memudahkan berbagai aspek pekerjaan dalam proyek ini termasuk manajemen site. Selain itu, lokasi proyek yang berada di jalan protokol dan berbatasan langsung dengan perumahan warga juga menjadi tantangan, sehingga memerlukan pendekatan sosial yang intens serta sosialisasi kepada instansi terkait maupun warga sekitar proyek pembangunan gedung,” imbuh Ferry.

Konstruksi pembangunan Gedung OJK ini berhasil digarap dalam waktu 309 hari kerja, dimana kontrak pekerjaan ditandatangani pada 25 Juni 2021 lalu. Dengan luas bangunan 14.453 m2, gedung ini terdiri dari 8 lantai yang terbagi atas area podium 5 lantai dan area parker dengan konsep mezzanine. Area perkantoran terdiri dari lantai 1 untuk area Lobby, lantai 2 untuk gedung pertemuan, dan lantai 3, 4 hingga lantai 8 akan dijadikan ruang kantor, yang dapat menampung sejumlah 685 karyawan.

Selain itu, konsep Green Building yang diusung pada pembangunan gedung ini terbilang unik.

Proses pembangunannya sendiri pun menghasilkan bangunan ramah lingkungan yang berkualitas tanpa mengurangi kenyamanan di dalamnya.

Adapun manfaat yang diperoleh dari penerapan konsep ini dapat meningkatkan kualitas hidup karena berdampak besar terhadap kesehatan penghuni gedung, berkontribusi dalam mengurangi emisi karbon di udara karena mampu menghemat penggunaan energi, serta penggunaan material konstruksi yang berkualitas membuat bangunan dapat bertahan lama dan tahan terhadap perubahan yang ada.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…