Jababeka Berhasil Tumbuhkan Kesadaran Lingkungan Melalui Jababeka Eco Award

Oleh : Ridwan | Kamis, 23 Juni 2022 - 12:45 WIB

Penghargaan Jababeka Eco Award
Penghargaan Jababeka Eco Award

INDUSTRY.co.id - Cikarang - PT. Jababeka Tbk sukses menyelenggarakan acara penghargaan pemenang Jababeka Eco Award 2022, di Hollywood Junction Jababeka, Kawasan Jababeka, Cikarang, Selasa, (21/6/2022). 

Acara penghargaan tersebut merupakan acara puncak dari serangkaian kegiatan Jababeka Eco Award yang grand opening-nya digelar pada 28 Desember 2021 lalu.

Jababeka Eco Award merupakan ajang lomba kebersihan untuk mengapresiasi pencapaian rukun warga (RW) yang mampu menjaga kebersihan dan meningkatkan kualitas lingkungan yang berada di sekitar kawasan Jababeka, Cikarang dan berdedikasi dalam mewujudkan Smart Eco City.

Lomba kebersihan dengan tagline Synergy to Build Smart- Eco City ini diikuti oleh 29 RW di sekitar Kawasan Jababeka yaitu Kecamatan Cikarang Utara, Cikarang Timur, Cikarang Pusat dan terdiri dari 5 desa, yaitu Desa Mekar Mukti, Desa Simpangan, Desa Jatireja, Desa Serta Jaya, dan Desa Jaya Mukti.  

Dari penilaian yang dilakukan oleh tim Jababeka dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi, dengan indikator yaitu kebersihan, kerapian, kehijauan, dinobatkan pemenang Jababeka Eco Award 2022 adalah RW 08 dari Desa Serta Jaya sebagai Juara 1, RW 07 dari Desa Serta Jaya sebagai Juara 2, dan RW 10 dari Desa Jaya Mukti sebagai Juara 3. 

Para pemenang pun berhak mendapat hadiah total puluhan juta, mesin fogging, peralatan kebersihan, komposter, dan pembinaan intensif serta motor sampah roda tiga bagi pemenang juara 1 dari DLH Kabupaten Bekasi.

Suteja Sidarta Darmono selaku salah satu Direktur PT Jababeka Tbk, menyampaikan rasa apresiasinya kepada para 29 RW yang ikut serta dalam lomba kebersihan Jababeka Eco Award 2022. 

Tak lupa, Suteja memberikan selamat bagi RW yang berhasil memenangkan Jababeka Eco Award 2022. 

“Terima kasih kepada seluruh RW yang sudah berpartisipasi dan antusias terhadap penyelenggaraan Jababeka Eco Award 2022. Dari 29 RW yang ikut serta dalam Jababeka Eco Award 2022, kami mendapatkan feedback yang baik. Setiap RW mau mengidentifikasi masalah lingkungan di tempat mereka, lalu mengatasi persoalan tersebut. Hasilnya, menurut laporan, lingkungan di desa-desa di sekitar Kawasan Jababeka sekarang makin bersih dan mampu mereduksi permasalahan sampah,” terang Suteja.

Menurutnya, penyelenggaraan lomba dan penghargaan Jababeka Eco Award ini sejatinya merupakan penghargaan bersama atas keberhasilan masyarakat di sekitar Kawasan Jababeka yang mampu menumbuhkan kesadaran lingkungan dan mendorong partisipasi warga dalam mengatasi permasalahan lingkungan. 

Karena, pada akhirnya yang merasakan dampak positif dari desa-desa yang makin bersih ini ialah masyarakat itu sendiri, yaitu warga yang tinggal di sekitar Kawasan Jababeka. 

"Ini sebuah langkah awal yang baik. Karena tujuan ajang ini ialah Jababeka dengan masyarakat sekitar kawasan bisa bersama-sama menjaga lingkungan dan mewujudkan Smart Eco City. Dan itu sudah terlihat (peningkatan kualitas lingkungannya)," terang Suteja, yang juga menjabat sebagai Presiden Direktur PT. Graha Buana Cikarang.

Sementara itu, Mayjen TNI (Purn) Sumardi selaku Head of city council Jababeka menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi atas dukungan serta keterlibatan semua pihak, khususnya masyarakat di sekitar kawasan Jababeka, yang telah mendukung di tahun pertama Jababeka Eco Award. 

Sumardi menegaskan bahwa Jababeka Eco Award akan digelar setiap tahun. Namun untuk tahun selanjutnya, pihak Jababeka akan mengajak lebih banyak RW agar lebih punya impactful bagi masyarakat yang tinggal di sekitar Kawasan Jababeka.

“Semoga 3 kelurahan dan 5 desa bisa berpartisipasi aktif untuk mewujudkan lingkungan bersih untuk kita semua,” harap Sumardi.

Menanggapi hal tersebut, Dani Ramdan selaku PJ Bupati Bekasi, memberikan apresiasi Jababeka yang telah menyelenggarakan Jababeka Eco Award dengan lancar. Ia pun mendukung Kawasan Jababeka yang mewujudkan smart eco city seperti di Singapura. 

Dani Ramdan yakin hal itu tak butuh waktu lama karena progres yang ada saat ini sudah menuju ke sana. 

“Jika kita lihat gambar (di backdrop) ini, memang ini foto di Singapura. Tapi kalau kita jalan-jalan ke Jababeka sudah nggak beda jauh ini. Suasananya sudah seperti ini. Karena inspirasinya ingin mencapai standar Singapura: baik fisik dan sosial budaya, yaitu bersih, rapi dan indah. Jababeka sudah memiliki itu,” kata Dani Ramdan, dalam sambutannya. 

Tak lupa, Dani Ramdan berpesan untuk masyarakat sekitar Kawasan Jababeka agar mempertahankan atau bahkan meningkatkan kebersihan lingkungan yang sudah dihasilkan dari program Jababeka Eco Award. Karena lingkungan yang bersih bisa menciptakan rasa betah dan nyaman. Selain itu, karena Kabupaten Bekasi akan mengikuti jejak Jababeka untuk menyelenggarakan lomba "kampung bersih" seluruh RW se-Kabupaten Bekasi.

“Ini pemenang lomba di sini enak nih, sudah curi start,” seloroh Dani Ramdan.

Sementara itu, Gunawan selaku Ketua RW 08 dari Desa Serta Jaya sebagai Juara 1 Jababeka Eco Award 2022, mengapresiasi Jababeka atas penyelenggaraan Jababeka Eco Award. 

Ia pun akan mengajak para RW di Kawasan Jababeka Jababeka Eco Award di masa mendatang agar lingkungan bisa lebih bersih, sehat dan tertata rapih serta bebas dari banjir.

“Alhamdulillah, kami bisa mendapat juara pertama di dalam lomba ini. Kami bangga dan bersyukur. Ini merupakan hasil dari kekompakan warga RW 08 yang mau bekerja sama untuk menjaga dan merawat lingkungan yang bersih,” kata Gunawan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Embung di Kawasan Ponpes Mu'allimin

Senin, 15 Agustus 2022 - 10:59 WIB

Habiskan Biaya Rp 6,1 Miliar, Pembangunan Embung di Kawasan Ponpes Mu'allimin Bantul Rampung

Sebagai upaya meningkatkan tampungan air dan mendukung ketahanan pangan nasional, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan lima embung di Provinsi…

Peresmian BGSi

Senin, 15 Agustus 2022 - 10:54 WIB

Kemenkes Resmikan BGSi, Inisiatif Nasional Pertama untuk Deteksi Potensi Penyakit di Masa Depan

Dalam upaya menghadirkan layanan pengobatan yang presisi bagi masyarakat, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) resmi meluncurkan Biomedical & Genome Science Initiative (BGSi) di Gedung Eijkman RSUPN…

Menteri Basuki Tinjau Pembangunan Tol Yogyakarta - Bawen

Senin, 15 Agustus 2022 - 10:31 WIB

Tinjau Pembangunan Tol Yogyakarta - Bawen, Ini 4 Pesan Menteri Basuki Kepada BUJT

Jalan tol ini telah dimulai pembangunannya pada awal 2022 untuk meningkatkan konektivitas Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah.

Pembangunan Homestay di Raja Ampat

Senin, 15 Agustus 2022 - 10:19 WIB

Dukungan Pengembangan Pariwisata di Papua Barat, Kementerian PUPR Lanjutkan Penanganan KSPN Raja Ampat

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendukung pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Raja Ampat untuk menjadi destinasi wisata unggulan di Provinsi…

PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT)

Senin, 15 Agustus 2022 - 09:49 WIB

Dialog Environment Deputies Meeting G20: PKT Berhasil Tekan Emisi Lebih Dari 435 ribu Ton di Tahun 2022

Efisiensi sumber daya dan ekonomi sirkuler menjadi salah satu dari tujuh isu strategis yang dibahas dalam Environment Deputies Meeting (EDM) Presidensi G20 Indonesia di tahun 2022. Saat ini,…