Setelah Pelonggaran Pembatasan Perjalanan, Hong Kong Catat Lonjakan Kasus Covid-19

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 15 Juni 2022 - 12:30 WIB

Hong Kong (Ist)
Hong Kong (Ist)

INDUSTRY.co.id - Hong Kong membuka perbatasannya untuk wisatawan internasional pada 1 Mei 2022, dan hanya dalam rentang waktu satu bulan, jumlah penerbangan internasional harian yang masuk meningkat dua kali lipat pada april. Sebelum ini, hanya warga dan penduduk Hong Kong yang diizinkan memasuki kota.

Melansir dari laman Times of India, kasus baru infeksi Covid-19 terdeteksi di antara wisatawan luar negeri. Untuk pertama kalinya pada Januari, sejak awal pandemi, Hong Kong mencatat angka tiga digit dalam hal kasus baru Covid-19. Maju cepat ke Juni 2022, jumlah kasus baru telah melewati angka 800 sekarang.

Baru pada Minggu (12/6/2022), Hong Kong melaporkan 106 kasus impor baru. Lonjakan jumlah kasus baru ini terkait dengan perbatasan yang sekarang terbuka dan frekuensi penerbangan internasional yang lebih dari sebelumnya. Hong Kong juga telah mengurangi jumlah hari karantina menjadi tujuh untuk kedatangan di luar negeri. 

Peningkatan infeksi secara keseluruhan dan kasus impor akan menjadi ujian bagi pemerintah yang saat ini sedang mempersiapkan peringatan 25 tahun penyerahan kota itu ke Tiongkok pada 1 Juli. Sebuah acara yang kemungkinan besar, akan dihadiri oleh Presiden China Xi Jinping.

Di tengah lonjakan jumlah kasus, kota ini belum siap untuk kembali menutup semuanya karena sebelumnya telah menyebabkan kerugian finansial yang sangat besar selama periode dua tahun ketika seluruh dunia sedang mengalami pandemi.

Dengan sebagian besar kasus menunjukkan gejala ringan, dengan pengecualian sangat sedikit kasus parah, tidak ada kematian baru, dan sekitar 88 persen dari populasi kota yang divaksinasi, Hong Kong yakin akan menghadapi situasi saat ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Satgas Pamtas Yonif 12KC Bantu Warga Distrik Senggi Papua Panen Padi

Rabu, 06 Juli 2022 - 04:00 WIB

Satgas Pamtas Yonif 12KC Bantu Warga Distrik Senggi Papua Panen Padi

Mendukung ketahanan pangan di perbatasan, Satgas Pamtas Yonif 126/KC Pos Batom membantu masyarakat memanen padi di Kampung Batom, Distrik Batom, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Mata uang Rupiah (Foto Ist)

Selasa, 05 Juli 2022 - 23:40 WIB

Satgas BLBI Diharapkan Optimalkan Hak Tagih

Pengamat Kebijakan Publik, Lutfi Hakim menyatakan, akuntabilitas kerja satgas adalah hak publik, hal itu lantaran baillout bank-bank jaman itu merupakan tanggungan negara yang dampaknya masih…

Nasabah ASABRI

Selasa, 05 Juli 2022 - 21:47 WIB

Peserta Pensiun Lapor SPTB via ASABRI Mobile

PT ASABRI (Persero) adalah BUMN yang mengelola asuransi sosial Prajurit TNI, Anggota Polri dan PNS Kemhan/Polri, yang menjalankan programnya berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 102 Tahun…

Ketua BAZNAS RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA.

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:19 WIB

BAZNAS: Potensi Ekonomi Kurban 2022 Capai Rp31,6 Triliun

Jakarta-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyebutkan potensi ekonomi kurban tahun 2022 mencapai Rp31,6 triliun, atau meningkat 74 persen dari potensi tahun 2021.

Willy Anwar, Co-founder dari Transporta

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:08 WIB

Transporta Terpilih untuk Mengikuti Program Inkubasi Startup Studio Indonesia Batch

Jakarta-Transporta, perusahaan startup teknologi di Indonesia, terpilih menjadi salah satu dari 15 perusahaan startup untuk berpartisipasi dalam Startup Studio Indonesia Batch 4 setelah melewati…