Singapura Cabut Aturan Batas Kapasitas Pengunjung dan Tes Covid-19 di Tempat Hiburan Malam

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 13 Juni 2022 - 16:30 WIB

Ilustrasi Kelab dan Pub (Foto:Pixabay)
Ilustrasi Kelab dan Pub (Foto:Pixabay)

INDUSTRY.co.id - Mulai 14 Juni, Singapura tidak akan lagi memberlakukan batas kapasitas pengunjung di tempat hiburan.

Melansir dari laman Channel News Asia, kini pengunjung tidak lagi melakukan hasil tes cepat antigen (ART) negatif untuk memasuki tempat hiburan, kata Kementerian Kesehatan (MOH) pada Jumat (10/6/2022). Ia juga menambahkan bahwa langkah ini akan merasionalisasi aturan untuk tempat hiburan malam dengan pengaturan sosial lainnya.

Namun, aturan ini hanya berlaku pada pengunjung yang sudah vaksin lengkap Covid-19 dan operator pun masih diharuskan untuk melakukan pemeriksaan tersebut untuk memastikan bahwa hanya orang yang divaksinasi penuh bisa masuk.

Pada April, langkah-langkah manajemen aman Covid-19 pada ukuran kelompok besar dan batas kapasitas sebagian besar dicabut, kecuali di tempat-tempat kehidupan malam di mana ada tarian di antara pelanggan karena dianggap sebagai kegiatan berisiko tinggi.

Bisnis kehidupan malam diizinkan untuk dibuka kembali sepenuhnya mulai 19 April, setelah lebih dari dua tahun pembatasan.

Meskipun situasi Covid-19 lokal Singapura telah stabil selama sebulan terakhir, pemakaian masker dalam ruangan akan terus diperlukan, kata MOH.

Dalam siaran pers gugus tugas multi-kementerian Covid-19, MOH mengatakan bahwa persyaratan masker dalam ruangan dipertahankan sebagai garis pertahanan utama terhadap penularan komunitas, meskipun ada penghapusan sebagian besar langkah-langkah manajemen aman Covid-19.

"Kami juga sangat mendesak individu yang memenuhi syarat yang belum menerima vaksinasi dan booster utama mereka untuk melakukannya dengan cepat, sehingga dapat melindungi diri dari risiko penyakit parah jika gelombang infeksi baru muncul dalam beberapa bulan ke depan," jelas MOH.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…