Sejarah Awal Berdirinya Tottenham, Daftar Prestasi dan Fakta Menariknya

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 28 Mei 2022 - 11:54 WIB

Tottenham Hotspur
Tottenham Hotspur

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tottenham Hotspurs membuat sejarah pada masa lalu ketika menjadi tim Inggris pertama yang memenangkan trofi Eropa, serta memenangkan Piala UEFA pertama yang pernah diselenggarakan. Selama masa mereka terbentuk Spurs berjalan dengan penuh cerita.

Tottenham Hotspur lebih terkenal dengan Tim Spesialis Kompetisi piala bukan Liga. Secara keseluruhan, Koleksi trofi mereka terisi dengan delapan Piala FA, empat Piala Liga, satu Piala Winners dan dua Piala UEFA. Selain tradisi panjang kesuksesan piala mereka, Spurs juga bisa berbangga hati karena mereka juga pernah memenangkan gelar liga yaitu pada tahun 1951 dan 1961.

Sejarah Awal Berdiri

Tottenham Hotspur FC berdiri pada tahun 1882, sekelompok anak laki-laki yang bersekolah di Gereja All Hallows. Pada awalnya, klub itu hanya bernama Hotspur, untuk menghindari kesamaan nama dengan klub yang lebih tua yaitu yang bernama Hotspur FC. Maka, nama itu segera diubah menjadi Tottenham Hotspur.

Tak lama setelah masuk menjadi peserta di Liga Selatan pada tahun 1895, Tottenham mulai menarik banyak penggemar untuk datang ke pertandingan kandang mereka. Lonjakan popularitas Klub ini memiliki peran besar dalam klub untuk menjadi Tim yang berpotensi untuk meraih trofi.

Mereka memperoleh gelar pertama mereka pada tahun 1901 dengan mengalahkan Sheffield United di final Piala FA, sehingga menjadi satu-satunya tim non-Liga Sepak Bola Inggris yang memenangkan Piala FA. Pada tahun 1908 klub masuk menjadi anggota English Football League (EFL) dan pada musim pertama mereka berkompetisi, mereka langsung berhasil promosi dari divisi II ke divisi I.

Kecuali satu Piala FA pada tahun 1921, lima dekade berikutnya cukup lancar bagi klub. Periode pasca-Perang Dunia II membuat mereka sedikit bersemangat, terutama setelah mereka mulai menerapkan gaya permainan “push and run”. Ini adalah salah satu alasan terbesar Tottenham untuk memenangkan gelar Liga pada tahun 1951. Strategi ini tidak terbukti efektif, setelah tim lawan mulai beradaptasi dan mulai menemukan kelemahannya.

Kesuksesan Tottenham Hotspurs di bawah Bill Nicholson

Pengangkatan legenda klub Bill Nicholson Menjadi manajer pada tahun 1958 adalah awal era baru bagi klub. Waktu Nicholson dengan klub secara luas diakui sebagai periode terbesar dalam sejarah Tottenham. Selama enam belas tahun memimpin, ia memimpin klub meraih gelar Liga (1961), tiga Piala FA (1961, 1962, 1967), dua Piala Liga (1971, 1973), satu Piala Winners (1963) dan Piala UEFA perdana (1972).

Kepergian Nicholson pada tahun 1974 meninggalkan dampak langsung pada klub. Tren negatif terus membayangi Spurs yang terdegradasi tidak lama kemudian setelah itu. Namun, masalah mereka tidak bertahan terlalu lama. Ketika manajer baru, Keith Burkinshaw dan beberapa pemain bintangnya. Tottenham kembali menjadi sorotan dengan mengklaim Piala FA pada tahun 1981. Setelah mempertahankan trofi pada tahun berikutnya, mereka melangkah lebih jauh dengan memenangkan Piala UEFA kedua mereka pada tahun 1983. Dengan mengalahkan Anderlecht di final lewat adu penalti.

Ardiles dan Villa bergabung dengan Spurs

Pada tahun 1978, dua anggota skuad Tim Nasional Argentina pemenang Piala Dunia 1978, Ricky Villa dan Osvaldo Ardiles pindah ke Spurs. Ini menjadi berita besar bukan hanya karena kualitas para pemainnya, tetapi juga karena menandai berakhirnya larangan yang telah terjadi selama hampir 50 tahun di sepakbola Inggris terhadap pemain asing. Ardiles akan bermain sepuluh tahun untuk klub dan Villa lima tahun, keduanya menjadi sangat populer di kalangan penggemar tottenham.

Beberapa dekade berikutnya Tim tidak konsisten, dengan tiga koleksi Piala yang sukses mereka raih. Namun, dalam penyelesaian penampilan di  liga biasa-biasa saja. Setelah mengklaim Piala FA terakhir mereka pada tahun 1990, Tottenham menindaklanjutinya dengan kemenangan Piala Liga pada tahun 1999 dan 2008.

Tottenham Hotspurs Era Liga Primer

Menjadi sebagian besar tim rata-rata di liga baru, Spurs kembali di puncak dan berjuang untuk gelar liga di musim 2015/16. Tim selesai di tempat ketiga dan Harry Kane menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Premier dengan 25 gol. Hasil liga musim berikutnya akan lebih baik, dengan posisi kedua setelah Chelsea , sejauh ini posisi terbaik yang pernah ada di Liga Premier untuk Tottenham. Namun, penampilan mereka menurun dan berimbas dengan pemecatan sang manajer mauricio Pochettino. Setelah pemecatan itu Spurs cenderung tidak konsisten dan masih belum bisa menemukan performa terbaiknya kembali.

Sampai saat ini, sepanjang sejarah Liga Premier Inggris terbentuk Tottenham Hotspurs belum pernah merasakan sekalipun mencicipi trofi juara liga.

Info Tentang Tottenham Hotspurs
● Berdiri : 1878
● Negara: Inggris
● Kota: Manchester
● Stadion
o Tottenham Marshes (1882-1888)
o Northumberland Park (1888-1899)
o White Hart Lane (1899-2017)
o Tottenham Hotspur Stadium (2019- Sampai sekarang)
Prestasi
● Divisi Pertama/Liga Premier: 20
● Piala FA: 12
● Piala Liga: 5
● Liga Champions: 3
● Piala Winners/ Piala UEFA: 1
● Liga Eropa UEFA: 2
Rekor klub
● Game yang paling banyak dimainkan: Steve Perryman (854)
● Pencetak gol terbanyak: Jimmy Greaves (266)

Fakta Menarik Tottenham
1. Catatkan sejarah di Piala FA
Tottenham Hotspur pertama kali masuk hirarki kompetisi liga Inggris pada 1896 dengan bergabung di South League. Meskipun berkompetisi di kasta bawah Spurs berhasil menjuarai Piala FA pada tahun 1901. Hal tersebut menjadi sejarah tersendiri, di mana Spurs menjadi klub non-kasta teratas yang menjuarai Piala FA.

2. Klub Inggris pertama yang juara di kompetisi Eropa
Tak hanya mencatatkan sejarah di Piala FA, Tottenham Hotspur juga mencatatkan sejarah di kompetisi Eropa. Di mana mereka menjadi klub Inggris pertama yang menjuarai kompetisi Eropa. Tepatnya di ajang Piala Winners pada tahun 1963. Selain itu, The Lilywhites juga menjadi klub Inggris pertama yang juara Piala UEFA tahun 1972 atau saat ini disebut Europa League.

3. Tim pertama yang melakukan pergantian di Premier League
Tottenham sepertinya sangat hobi mencatatkan diri sebagai yang pertama. Fakta keenam ini yaitu Spurs menjadi klub pertama yang melakukan pergantian di Premier League. Mantan penjaga gawang Tottenham Erik Thorstvedt menjadi pemain pengganti Liga Premier pertama saat ia menggantikan Ian Walker pada pertandingan pertama musim 1992 menghadapi Southampton.

4. Belum pernah terdegradasi dari Premier League
Tottenham Hotspur memang belum pernah juara Premier League, namun mereka juga menjadi salah satu klub yang belum pernah degradasi. Prestasi terbaik yang pernah diraih yaitu finish di posisi runner-up pada musim 2016/2017. Sementara untuk catatan terburuk, Spurs pernah mengakhiri musim di posisi 15 pada musim 1993/1994 .

5. Daftar pemegang rekor klub
Pemain dengan penampilan terbanyak bersama Spurs adalah Aaron Lennon dengan 365 pertandingan di semua kompetisi. Untuk top skor sepanjang masa ada Harry Kane dengan 201 gol dan hingga saat ini masih aktif membela Spurs. Sementara untuk rekor pembelian termahal dipegang oleh Tanguy Ndombele dengan harga 60 juta euro.

6. Pernah diperkuat Diego Maradona
Legenda sepak bola Diego Maradona ternyata pernah membela Tottenham Hotspur. Pemain legendaris Argentina itu mengenakan nomor punggung 10 untuk Spurs dalam laga testimoni Ossie Ardiles melawan Inter Milan pada 1986. Saat itu The Lilywhites berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 2-1.

7. Kapan terakhir kali Spurs juara?
Tottenham Hotspur merupakan klub yang sangat sabar dan tabah. Hal tersebut karena Spurs telah puasa gelar selama kurang lebih 12 tahun. Terakhir kali mereka mengangkat trofi terjadi pada tahun 2008. Di mana saat itu Spurs berhasil menjuarai Piala Liga. Sementara untuk trofi kasta teratas liga Inggris, Spurs terakhir kali mengangkatnya pada musim 1960/1961.

Itu tadi informasi mengenai sejarah, prestasi dan fakta menarik dari Tottenham. Agar tidak ketinggalan mengenai berita terupdate mengenai berita Tottenham lainnya, jangan lupa untuk selalu mengunjungi situs PeluitPanjang.id untuk mendapatkan informasi sepak bola terupdate dan bergabung dengan komunitas sepak bola terbesar di Indonesia.

PeluitPanjang.id adalah portal berita olahraga khususnya sepak bola terupdate saat ini. Dibentuk pada 7 Februari 2020 di Jakarta oleh sekumpulan anak muda yang memiliki keinginan kuat untuk menjadi pelopor berita olahraga dengan informasi terdepan dan terakurat.

Konten yang disajikan PeluitPanjang.id dimulai dengan sekumpulan berita mengenai sepak bola dalam dan luar lapangan, kemudian berkembang dengan memberikan pemberitaan lebih menyeluruh dengan memberikan analisis mengenai sebuah pertandingan yang akan berjalan dengan lengkap.

Selain berita dari Tottenham ada juga berita terupdate dari klub beberapa liga top dunia seperti Premier League Inggris, BundesLiga Jerman, La Liga Spanyol, liga seri A Italia dan Ligue 1 Perancis. Fokus PeluitPanjang.id adalah sebagai media berita yang perlahan berkembang untuk memberikan pemberitaan terlengkap cabang sepak bola top di dunia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…