Fieldtrip Monumen Bajra Sandhi, Kemenparekraf Promosikan Sejarah Bali ke Delegasi GPDRR 2022

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 26 Mei 2022 - 11:15 WIB

Monumen Bajra Sandhi, Bali (Foto: Kemenparekraf)
Monumen Bajra Sandhi, Bali (Foto: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Sebagai upaya untuk memperkenalkan pariwisata Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan memperkenalkan dan mempromosikan sejarah Bali kepada delegasi yang menghadiri acara Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022 yang digelar di pulau dewata melalui paket fieldtrip ke destinasi wisata Monumen Bajra Sandhi. 

Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7 yang bertema “Fostering Collaboration towards Sustainable Resilience” pada 23 hingga 28 Mei 2022 di Bali.

Monumen yang berlokasi di Renon, Denpasar, Bali ini mempunyai nama lain yaitu Monumen Perjuangan Rakyat Bali, yang selama ini menjadi bukti perjuangan rakyat Bali dalam melawan penjajah. 

Menurut keterangan salah seorang tour guide, Dewo Made Sudana, Rabu (24/5/2022), monumen ini dibangun untuk memberi penghormatan pada para pahlawan yang melawan penjajah. 

“Dibangunnya monumen ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai nasionalisme, cinta tanah air kepada generasi muda, khususnya masyarakat Bali. Oleh kareanya, diputuskan untuk dibangun monumen ini,” ujar Dewo melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id. 

Monumen Bajra Sandhi menjadi daya tarik mengesankan bagi wisatawan nusantara ataupun wisatawan mancanegara, sebab memiliki desain yang unik, dan keindahan tersendiri. Dengan mempromosikannya kepada wisatawan diharapkan akan semakin membangkitkan kinerja ekonomi dan membuka semakin luas peluang kerja.

Terdapat tiga bagian utama di monumen Bajra Sandhi. Pada bagian pertama disebut Nistaning Utama Mandala. Bagian ini terletak di lantai dasar gedung. Bagian ini dilengkapi dengan beberapa ruangan, seperti ruang pameran, informasi, administrasi, ruang rapat, hingga perpustakaan. 

Sementara itu, bagian kedua adalah Madianing Utama Mandala. Bagian ini berada di lantai tengah dan menjadi tempat yang menampilkan 33 diorama perjuangan rakyat Bali dari waktu ke waktu. Terdapat pula kolam ikan bundar yang diberi nama Puser Tasik. Kolam ikan ini makin indah dengan ornamen air mancur patung katak.

“Bagian kedua ini adalah tempat utama untuk wisatawan mengenal sejarah Bali lewat 33 diorama dari waktu ke waktu,” kata Dewo. 

Sedangkan bagian ketiga bernama Utamaning Utama Mandala. Bagian ini berada di lantai atas atau disebut ruang peninjauan. Pengunjung dapat menikmati pemandangan Kota Denpasar dari perspektif 360 derajat melalui lantai atas ini.

Pada program fieldtrip ini, Kemenparekraf sendiri mewajibkan penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability), agar mengantisipasi meningkatnya angka kasus COVID-19. 

Selain itu, mewajibkan delegasi GPDRR 2022 mengakses PeduliLindungi di tiap destinasi yang dikunjungi, mewajibkan kapasitas bus yang digunakan adalah 35 tempat duduk yang diisi oleh 20 orang. Serta mewajibkan delegasi dan pelaksana lapangan untuk menginap di kawasan Nusa Dua. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, dalam keterangannya, berharap delegasi GPDRR 2022 bisa menikmati keindahan hingga takjub dengan sejarah Bali melalui destinasi wisata Monumen Bejra Sandhi. 

“Saya juga berharap dengan adanya GPDRR 2022, bisa berdampak kebangkitan ekonomani nasional, terbukanya peluang usaha, dan lapangan kerja seluas-luasnya,” ujar Menparekraf Sandiaga. 

Ajang GPDRR 2022 bertujuan untuk meningkatkan upaya melalui komunikasi dan koordinasi antara para pemangku kepentingan seperti pemerintah, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), organisasi dan institusi internasional, lembaga swadaya masyarakat, ilmuwan atau akademisi, dan pelaku sektor swasta untuk berbagi pengalaman dalam merumuskan panduan strategis untuk pelaksanaan kerangka global PRB atau Sendai Framework for DRR 2015-2030.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto

Jumat, 19 April 2024 - 11:01 WIB

Moody’s Pertahankan SCR Indonesia di Peringkat Baa2, Menko Airlangga: Kepercayaan Investor Masih Kuat

Lembaga Pemeringkat Moody’s kembali mempertahankan Sovereign Credit Rating (SCR) Republik Indonesia pada peringkat Baa2, satu tingkat di atas investment grade, dengan outlook stabil pada…