Menjaga Tulang Kuat dan Sendi Sehat Diusia Senja

Oleh : Hariyanto | Kamis, 26 Mei 2022 - 11:01 WIB

Ilustrasi Lanjut Usia
Ilustrasi Lanjut Usia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tulang dan sendi merupakan organ pergerakan tubuh yang perlu dijaga kesehatannya agar kita bisa bergerak aktif, bebas, tanpa ada gangguan rasa nyeri. Tidak hanya sebagai penyokong tubuh, tulang juga berperan sangat penting untuk pergerakkan tubuhmu. Sedangkan sendi membantu agar tulang dapat digerakkan dengan lentur. 

Namun, menurut informasi yang diperoleh INDUSTRY.co.id, Kamis (26/5/2022), ketika seseorang memasuki usia 30 tahun, massa tulang bisa berkurang secara perlahan dan rentan mengalami tulang keropos (osteoporosis) ataupun gangguan sendi (osteoarthritis).  

Osteoporosis disebabkan oleh penurunan kepadatan tulang. Hal ini dipengaruhi oleh kemampuan tubuh untuk melakukan regenerasi tulang, yaitu proses penggantian sel-sel tulang yang lama dan rapuh menjadi sel-sel tulang yang baru. Normalnya, kemampuan regenerasi ini akan menurun seiring bertambahnya usia.

Menurut data dari Infodatin Osteoporosis 2020 menyebutkan bahwa 2 dari 5 orang Indonesia memiliki risiko osteoporosis. Risiko osteoporosis bergantung pada seberapa banyak massa tulang yang dicapai di masa muda. Di usia muda, tubuh akan membuat tulang baru lebih cepat dan massa tulang meningkat.

Setelah awal usia 20-an, proses ini melambat, dan kebanyakan orang mencapai puncak massa tulang pada usia 30 tahun. Setelah usia ke-35, kepadatan tulang akan terus berkurang 0,3% - 0,5% per tahun.

Demikian pula dengan masalah persendian, osteoarthritis yang juga mengintai disaat usia memasuki proses penuaan. Osteoartritis merupakan penyakit sendi yang paling banyak ditemukan di dunia, termasuk di Indonesia.

Penyakit ini menyebabkan nyeri dan disabilitas pada penderita sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Osteoartritis umumnya menyerang penderita berusia lanjut pada sendi-sendi penopang berat badan, terutama sendi lutut serta panggul.

Adanya masalah osteoporosis dan osteoarthritis ini selain akibat faktor penuaan juga disebabkan karena kurangnya asupan nutrisi dan kurangnya olahraga.  Maka dari itu, pemenuhan nutrisi dan melakukan olahraga tetap penting dilakukan agar kesehatan tulang dan sendi bisa terjaga.

Nutrisi untuk Kesehatan sendi dan tulang harus lengkap yang terdiri dari makro dan mikro nutrient. Untuk memudahkan dalam mendapatkan asupan yang lengkap kita dapat mengonsumsi suplemen Bone M. Bone M diformulasikan dari kandungan utama Kolagen Hidrolisa 3000 Dalton, Lactobacillus reuteri , Kalsium Laktat dan juga Herbal anti oksidan penyehat tulang sendi lainnya.

Dengan Konsumsi Bone M secara rutin banyak manfaat yang didapat, diantaranya Menguatkan Tulang dan mencegah Osteoperosis, Merawat otot dan sendi dengan maksimal, Membantu menyehatkan syaraf kejepit, Meningkatkan sistem Imunisasi/kekebalan tubuh, Mencegah proses Penuaan dini, sangat baik untuk kulit dan Merawat kulit dan Mengencangkan Payudara.

Ingatlah bahwa tidak ada kata terlambat selama kita siap mencegahnya, termasuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. Cegah penyakit tulang dan sendi sejak dini dengan minum Bone-M setiap hari.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Clinton Augusto Kartawijaya, CEO Rimbalife.id

Selasa, 05 Juli 2022 - 15:28 WIB

Begini Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan Secara Alami Ala August Clint

Bagi Anda yang mengalami kelebihan berat badan (overweight) pasti sering tidak pede atau percaya diri dengan tampilan saat ini. Tentu anda juga ingin merubah badan menjadi lebih ideal, cara…

Steven Scheurmann

Selasa, 05 Juli 2022 - 15:23 WIB

Palo Alto Networks Tunjuk Steven Scheurmann Sebagai Regional Vice President untuk ASEAN

Palo Alto Networks (PANW), perusahaan keamanan siber global, mengumumkan penunjukkan Steven Scheurmann sebagai regional vice president (RVP) untuk wilayah ASEAN. Scheurmann akan menggawangi…

Rusun Santri Ponpes Minhaajurrosyidiin

Selasa, 05 Juli 2022 - 15:11 WIB

Pembangunan Rampung, Rusun Santri Ponpes Minhaajurrosyidiin di Jaktim Sudah Siap Dihuni

Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Perumahan senantiasa bekerja sama dengan pemerintah daerah dan lembaga pendidikan setempat di berbagai daerah guna menyediakan hunian yang nyaman…

 Vaksin Booster

Selasa, 05 Juli 2022 - 15:04 WIB

Siap-Siap! Dua Minggu Lagi Pemerintah Bakal Berlakukan Kembali Kebijakan Vaksin Booster Sebagai Syarat Mobilitas

Seperti diketahui, berdasarkan data dari berbagai sumber ditemukan bahwa peningkatan kasus Covid-19 di beberapa negara terjadi begitu signifikan, seperti di Prancis, Italia, dan Jerman. Kenaikan…

Direktur Utama BSI Hery Gunardi bersama Menteri BUMN Erick Thohir di Dubai

Selasa, 05 Juli 2022 - 14:39 WIB

BSI Semakin Fokus Garap Pusat Keuangan Syariah di Dubai

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. atau BSI semakin fokus menggarap pasar keuangan di Dubai sebagai pusat ekonomi syariah dunia.