Tutup 130 Gerai, Starbucks Resmi Keluar dari Rusia

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 24 Mei 2022 - 12:15 WIB

Logo Starbucks Coffee
Logo Starbucks Coffee

INDUSTRY.co.id - Setelah hampir 15 tahun, Starbucks Corp mengatakan pada Senin (23/5/2022) akan keluar dari pasar Rusia. Hal ini dikarenakan jaringan kopi bergabung dengan McDonald's Corp dalam menandai berakhirnya kehadiran beberapa merek barat teratas di negara itu.

Starbucks yang berbasis di Seattle memiliki 130 toko di Rusia, dioperasikan oleh pemegang lisensinya Alshaya Group, dengan hampir 2.000 karyawan di negara itu.

Keputusan Starbucks untuk menghentikan operasinya di Rusia berbeda dengan pendekatan yang diambil beberapa perusahaan asing lainnya.

McDonald's pekan lalu mengatakan pihaknya menjual restorannya di Rusia kepada pemegang lisensi lokal alexander Govor untuk diganti namanya dengan nama baru, tetapi akan mempertahankan merek dagangnya. Sementara Renault Prancis menjual saham mayoritasnya di pembuat mobil terbesar Rusia dengan opsi untuk membeli kembali saham tersebut.

Sejumlah perusahaan Barat lainnya, termasuk Imperial Brands dan Shell, memutuskan hubungan dengan pasar Rusia dengan menyetujui untuk menjual aset mereka di negara itu atau menyerahkannya kepada manajer lokal.

Pada bulan Maret, Starbucks menutup tokonya dan menangguhkan semua kegiatan bisnis di Rusia, termasuk pengiriman produknya ke negara itu, menyusul invasi Moskow ke Ukraina. Baca selengkapnya

Perusahaan, yang membuka outlet pertamanya di Rusia pada 2007, mengatakan akan terus mendukung karyawannya di sana termasuk membayar mereka selama enam bulan.

Starbucks tidak memberikan rincian tentang dampak keuangan dari keluarnya perusahaan tersebut. McDonald's mengatakan akan mengambil biaya terutama non-tunai hingga $ 1,4 miliar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Clinton Augusto Kartawijaya, CEO Rimbalife.id

Selasa, 05 Juli 2022 - 15:28 WIB

Begini Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan Secara Alami Ala August Clint

Bagi Anda yang mengalami kelebihan berat badan (overweight) pasti sering tidak pede atau percaya diri dengan tampilan saat ini. Tentu anda juga ingin merubah badan menjadi lebih ideal, cara…

Steven Scheurmann

Selasa, 05 Juli 2022 - 15:23 WIB

Palo Alto Networks Tunjuk Steven Scheurmann Sebagai Regional Vice President untuk ASEAN

Palo Alto Networks (PANW), perusahaan keamanan siber global, mengumumkan penunjukkan Steven Scheurmann sebagai regional vice president (RVP) untuk wilayah ASEAN. Scheurmann akan menggawangi…

Rusun Santri Ponpes Minhaajurrosyidiin

Selasa, 05 Juli 2022 - 15:11 WIB

Pembangunan Rampung, Rusun Santri Ponpes Minhaajurrosyidiin di Jaktim Sudah Siap Dihuni

Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Perumahan senantiasa bekerja sama dengan pemerintah daerah dan lembaga pendidikan setempat di berbagai daerah guna menyediakan hunian yang nyaman…

 Vaksin Booster

Selasa, 05 Juli 2022 - 15:04 WIB

Siap-Siap! Dua Minggu Lagi Pemerintah Bakal Berlakukan Kembali Kebijakan Vaksin Booster Sebagai Syarat Mobilitas

Seperti diketahui, berdasarkan data dari berbagai sumber ditemukan bahwa peningkatan kasus Covid-19 di beberapa negara terjadi begitu signifikan, seperti di Prancis, Italia, dan Jerman. Kenaikan…

Direktur Utama BSI Hery Gunardi bersama Menteri BUMN Erick Thohir di Dubai

Selasa, 05 Juli 2022 - 14:39 WIB

BSI Semakin Fokus Garap Pusat Keuangan Syariah di Dubai

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. atau BSI semakin fokus menggarap pasar keuangan di Dubai sebagai pusat ekonomi syariah dunia.