Ini Langkah Pemerintah Agar Tragedi Brexit Tidak Terulang

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 19 Juni 2017 - 09:17 WIB

Polisi Antisipasi kemacetan di Brexit Di Musim Liburan!
Polisi Antisipasi kemacetan di Brexit Di Musim Liburan!

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan tengah melakukan berbagai bentuk koordinasi dengan pemerintah daerah dan Polri untuk mengantisipasi terulangnya fenomena kemacetan Brebes Exit atau Brexit.

“Jadi saya ingin tegaskan kembali bahwa pengendali dari manajemen operasional rekayasa kita ada di tangan Polri. Kakorlantas punya 4 wasit di situ yang dikendalikan oleh Kakorlantas," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat  Pudji Hartanto kepada awak media di Jakarta akhir pekan lalu.

Pudji menambahkan, guna mengantisipasi titik-titik rawan terjadinya penumpukan arus kendaraan di ruas tol, keempat wasit akan mengamankan 4 titik ruas tol favorit pemudik yang menggunakan moda transportasi darat.

"Di mana dari titik-titik itu sudah jelas dari Cikarang Utama kemudian Cikampek, Cikopo kemudian nanti di daerah Brexit itu sendiri. Terakhir ada di daerah Pemalang," tutur Pudji.

Seperti diketahui sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta para pemudik untuk tidak hanya melewati jalur tol Cikopo-Palimanan (Cipali) untuk menuju arah Jawa Tengah. Tetapi bisa melalui jalur Pantai Utara (Pantura).

"Para pemudik jangan hanya memanfaatkan melalui jalur Cipali. Terbukti tahun lalu jalur Pantura dan jalur selatan lancar," kata Budi Karya Sumadi

Pasalnya, tahun lalu terjadi lonjakan kendaraan pada jalur tol Cipali. Sehingga para pemudik diimbau melalui jalur alternatif lain.

Selain itu, menurutnya pihak kepolisian akan membantu melakukan skenario lalu lintas atau buka tutup jalan pada jalur Cipali. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya lonjakan kendaraan pada sekitar jalur tol Cipali. "Kapolri sudah menyiapkan skenario lalu lintas, akan ada buka tutup jalan, sehingga itu tidak dibiarkan meluber," tukasnya.

Di sisi lain, PT Pertamina (Persero) mengawasi distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan ketat di Jawa Tengah di masa arus mudik dan arus balik hari raya Idul Fitri mendatang. Pasalnya, wilayah tersebut dianggap sebagai wilayah terpadat yang dilalui kendaraan pada masa-masa lebaran.

Direktur Pemasaran Pertamina Muchamad Iskandar mengungkapkan, Jawa Tengah merupakan jalur utama yang menghubungkan pemudik dari Jakarta dan Jawa Barat menuju Jawa Timur. Selain itu, banyak ruas tol di Jawa Tengah yang pertama kali menangani arus mudik mendatang.

  

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pradesain Ibu Kota Baru

Rabu, 06 Juli 2022 - 14:23 WIB

Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Minta Pemda Stop Pemberian Perizinan Dikawasan IKN

Jakarta – Pembangunan fisik akan dimulai bulan agustus 2022 di IKN dan akan terus berlanjut pasca disahkannya UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.

Pemusik Leon Travis

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:51 WIB

Pemusik Leon Travis Meng-Country di Tanah Amerika

Tidak banyak musisi country di Indonesia yang konsisten mengeluarkan karyanya selama 5 tahun terakhir.

Artis Bintang Darmawan

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:40 WIB

Bintang Darmawan, dari Di Bully Akhirnya Tunjukan Prestasi Dengan Mengeluarkan Single Bintang Di Hatimu karya Bemby Noor

Industry musik Indonesia tidak pernah kekurangan talent baru yang potensial meramaikan pasar musik yang sempat tiarap akibat wabah Pandemi Covid 19 yang nyaris tembus 3 tahun. Adalah Bintang…

Ilustrasi ACT

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:38 WIB

Soroti Dugaan Penyimpangan Dana Umat ACT, DPR Minta Adanya Sanksi Tegas

Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto menanggapi tentang Kasus masalah penyelewengan dana donasi yang dilakukan lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT). Menurutnya, oknum yang melakukan…

Kolaborasi CIMB Niaga dan KB Bukopin Perluas Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu di Jaringan ATM Bersama

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:28 WIB

Kolaborasi CIMB Niaga dan KB Bukopin Perluas Layanan Tarik Tunai Tanpa Kartu di Jaringan ATM Bersama

Tangerang Selatan-PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) bersama PT Bank KB Bukopin Tbk (KB Bukopin) dan PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa) hari ini meresmikan Implementasi Layanan Tarik…