Lamipak Gelontontorkan Dana Sebesar USD 200 Juta untuk Bangun Pabrik Kemasan Aseptik di Cikande

Oleh : Hariyanto | Jumat, 20 Mei 2022 - 13:37 WIB

Groundbreaking Lamipak
Groundbreaking Lamipak

INDUSTRY.co.id - Serang – Lami Packaging (Lamipak), yang merupakan industri penyedia produk dan solusi kemasan aseptik berkualitas tinggi, resmi memulai pembangunan pabrik keduanya di Indonesia. Pabrik ini tidak hanya akan menjadi ekspansi pertama Lamipak di luar negeri, tetapi juga akan menjadi pabrik kemasan aseptik pertama di Indonesia.

“Untuk melayani basis pelanggan kemasan aseptik kami yang berkembang sangat pesat, Lamipak akan memperluas kapasitas pabrik di Indonesia hingga 18 miliar kemasan dalam 2 tahap dengan total investasi sebesar USD 200 juta pada tahun 2024," kata Anil Kaul, Vice Chairman Lamipak yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (20/5/2022).

"Misi utama dari ekspansi kami juga untuk menjadi pemimpin global dalam industri pengemasan makanan dan minuman, dengan menjadi penyedia solusi satu atap yang menawarkan produk dengan jejak karbon terendah." imbuh Anil Kaul.

Berlokasi strategis di Cikande, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, sekitar 65 kilometer ke arah barat dari DKI Jakarta dengan waktu tempuh hanya sekitar 5 menit dari atau ke Gerbang Tol Cikande. Hal ini akan memperlancar pengangkutan kargo ke pelabuhan. Pabrik kemasan aseptik ini akan dibangun di atas lahan seluas 16,5 hektare dan memiliki luas bangunan lebih dari 55 ribu meter persegi.

Pabrik ini akan dilengkapi dengan mesin berkelas dunia yang sejalan dengan Industri 4.0 sehingga menjadikannya yang paling canggih dibandingkan dengan pabrik lainnya yang pernah dibangun Lamipak. Pabrik dirancang dengan total kapasitas 18 miliar kemasan per tahun yang pembangunannya akan dilaksanakan dalam dua tahap.

Tahap pertama akan memiliki kapasitas produksi sebanyak 9 miliar kemasan per tahun yang akan beroperasi secara komersial pada kuartal ke-4 tahun 2023. Setelah penyelesaian fase kedua atau akhir, akan membuat kapasitas produksi pabrik di Cikande ini menjadi salah satu yang terbesar di dunia.

Sebagai upaya Lamipak dalam mendukung kelestarian lingkungan yang berkelanjutan, pabrik kemasan aseptik ini akan dilengkapi dengan atap panel surya (Solar PV Rooftop) yang memenuhi standar sertifikasi Leadership in Energy and Environmental Design (LEED) Gold.

Pengunaan peralatan pabrik yang hemat energi diharapkan untuk memenuhi kualifikasi LEED Platinum, sebuah sertifikasi tertinggi desain energi dan lingkungan yang dapat diberikan oleh asosiasi tersebut.

Ratu Tatu Chasanah, Bupati Serang, menyampaikan apresiasi kepada Lamipak Indonesia yang telah berinvestasi USD 200 juta untuk membangun pabrik kemasan aseptik di Kabupaten Serang, Banten dengan dimulainya peletakan batu pertama (ground breaking).

“Kami siap mendukung proyek pabrik kemasan aseptik Lamipak. Pemda Serang akan mendukung pembangunan pabrik Lamipak karena akan memberikan banyak keuntungan bagi Indonesia, khususnya bagi masyarakat di Kabupaten Serang, seperti penyerapan tenaga kerja serta mampu menumbuhkan bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)” kata Ratu

“Tim kami bangga dan bersemangat untuk terlibat dalam proyek ini. Setelah pabrik siap beroperasi secara komersial, pabrik ini akan menjadi tolak ukur (benchmark) untuk fasilitas pabrik kemasan kelas dunia yang seharusnya dan akan memberikan layanan berkelas dunia baik untuk pelanggan lokal maupun mancanegara [ekspor]. Selain itu, kehadiran pabrik ini akan membawa manfaat bagi masyarakat sekitar dan kegiatan usaha mereka serta menciptakan lapangan kerja baru.” kata Kostiantyn Sinikov, Managing Director Lamipak Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…