Terkait Hoax dan Fitnah Dana Haji untuk Pembangunan IKN, Ini Kata Kepala Kanwil Anwar Abubakar

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 10 Mei 2022 - 09:06 WIB

Terkait Hoax dan Fitnah Dana Haji untuk Pembangunan IKN, Ini Kata Kepala Kanwil Anwar Abubakar
Terkait Hoax dan Fitnah Dana Haji untuk Pembangunan IKN, Ini Kata Kepala Kanwil Anwar Abubakar

INDUSTRY.co.id, Manado-Beberapa hari ini beredar tangkapan layar berita yang berasal dari media daring dengan judul yang menarasikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas minta masyarakat ikhlaskan dana haji dipakai pemerintah untuk pembangunan IKN (Ibu Kota Negara) Nusantara.

Terkait hal ini, ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (9/5), Kepala Kanwil Kemenag Sulut H. Anwar Abubakar mengungkapkan keprihatinannya atas upaya yang terus dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan cara-cara culas dan provokatif untuk mendiskreditkan Menteri Agama dan institusi Kementerian Agama melalui berita bohong dan fitnah.

“Kita sangat prihatin dengan beberapa upaya culas dan provokatif yang sengaja dibuat untuk mendiskreditkan Menteri Agama dan Kementerian Agama melalui hoax dan fitnah. Itu cara-cara yang tidak beradab dan tidak manusiawi", tandas mantan Kakanwil Kemenag Sulsel ini.

Anwar Abubakar meminta kepada semua pihak untuk tetap waspada dan cerdas memilih, memilah dan mencerna sebuah berita atau informasi yang beredar dan berseliweran di media sosial, media online maupun media cetak.

"Semua pihak terutama umat dan masyarakat harus cerdas dan bijak dalam memilih dan membaca berita. Cerna dan pahami, saring dulu sebelum sharing sehingga keakuratan serta kebenaran berita dan sumber berita dapat dipercaya", tegasnya.

Orang nomor satu di jajaran Kementerian Agama Sulut ini juga meminta kepada ASN dan Humas Kemenag untuk proaktif memberikan informasi dan edukasi yang tepat kepada umat dan masyarakat sehingga tidak terprovokasi dan tidak dibodohi dengan berita hoax dan fitnah yang beredar.

Mengakhiri sesi wawancara, Anwar Abubakar meminta aparat penegak hukum untuk tegas menindak pihak-pihak yang sengaja menyebar hoax dan fitnah untuk membuat kegaduhan dan merusak harmoni hidup di tengah umat dan masyarakat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance

Kamis, 18 April 2024 - 17:08 WIB

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance, Solusi Warisan Finansial Keluarga

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank HSBC Indonesia (Bank HSBC) kembali memperkuat kemitraan dan kanal distribusi bancassurance melalui peluncuran produk perlindungan…

Pameran umkm BNI di Singapura

Kamis, 18 April 2024 - 16:59 WIB

BNI Dukung UMKM Tembus Pasar Singapura di Pameran Indonesia in SG

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung UMKM Indonesia untuk go global.