Jelang Hari Raya Idul Fitri, Traveloka Berangkatkan Mitra Driver Eats Delivery Mudik Serta Bagikan Mudik Kit

Oleh : Hariyanto | Minggu, 01 Mei 2022 - 11:31 WIB

Traveloka Temu Kangen
Traveloka Temu Kangen

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Bertepatan dengan diperbolehkannya perjalanan mudik oleh Pemerintah dan momentum jelang libur hari raya Lebaran, Traveloka, lifestyle superapp Asia Tenggara mengadakan rangkaian program #TemuKangen untuk mengapresiasi sekaligus berbagi kebahagiaan kepada para mitra dan konsumen.

Inisiatif ini merupakan bagian dari dukungan Traveloka terhadap upaya pemerintah dalam pelaksanaan perjalanan mudik yang aman dan nyaman dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, rangkaian program #TemuKangen ini juga menjadi bagian dari komitmen Traveloka untuk mempercepat pemulihan sektor perjalanan dan pariwisata Indonesia.

Melalui program #TemuKangen, Traveloka mengapresiasi para mitra driver Eats Delivery dengan memberangkatkan lebih dari 200 mitra driver dan keluarga mudik secara gratis, serta mendistribusikan 400 paket sembako. Keberangkatan mudik para mitra driver Traveloka Eats Delivery dilaksanakan pada 27 April 2022 menuju 9 kota pilihan yakni Bandung, Brebes, Cirebon, Ciamis, Palembang, Semarang, Solo, Tegal, dan Yogyakarta.

Para mitra driver mendapat ragam pilihan transportasi yang disediakan Traveloka seperti bus, kereta api, dan pesawat. Sementara itu, kegiatan distribusi sebanyak 400 sembako telah dilaksanakan sejak 11-12 April 2022 di dua titik kumpul driver Eats Delivery (pull driver) yakni Kebon Jeruk dan Pejaten, dan dilanjutkan pada 27 April 2022 bertepatan dengan acara keberangkatan mudik para driver.

“Sejalan dengan kondisi perjalanan dan wisata Indonesia yang berangsur-angsur mulai bangkit kembali, sekaligus kebijakan Pemerintah yang juga telah membolehkan mudik tahun ini, kami melihat peningkatan pemesanan tiket pesawat, bus & shuttle, dan hotel menjelang mudik lebaran yang cukup tajam," kata Shirley Lesmana, CMO, Traveloka yang dikutip INDUSTRY.co.id, Minggu (1/5/2022).

Melihat peningkatan tersebut, lanjut Shirley, Traveloka senantiasa mendorong pelaksanaan protokol kesehatan lewat pendistribusian Traveloka Mudik Kit. "Tidak hanya peduli kepada konsumen, kami juga mendengar sekaligus mewujudkan aspirasi mitra driver Eats Delivery dengan memberangkatkan mereka ke kampung halamannya untuk bisa kembali berkumpul dengan keluarga dan sanak saudara. Kami juga membagikan paket sembako guna memudahkan pemenuhan kebutuhan para mitra driver jelang Hari Raya Idul Fitri," imbuhnya.

Henky Manurung, Deputi Bidang Industri dan Investasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia mengapresiasi langkah Traveloka dalam menjalani program #TemuKangen. Ia mengatakan, relaksasi kebijakan mobilitas mudik lebaran telah diumumkan pemerintah yang tentunya tetap harus diikuti dengan kepatuhan dan kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan.

"Oleh karena itu, kami sepenuhnya mengapresiasi inisiatif Traveloka dalam menyambut kebijakan yang telah diberlakukan dengan membagikan Mudik Kit kepada para wisatawan, hingga pembagian sembako bagi para mitra driver dan memfasilitasi mereka untuk berangkat mudik. Kami harap dengan pelonggaran mudik ini, para wisatawan atau pelaku perjalanan hingga mitra driver Traveloka turut berkontribusi menjadi motor penggerak pemulihan ekonomi, terutama di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif Tanah Air," katanya.

Dalam program #TemuKangen ini, Traveloka juga melibatkan konsumen melalui aktivitas pengumpulan donasi. Setiap transaksi konsumen Traveloka Eats yang ke-4 (berlaku kelipatan) selama periode 4-25 April 2022, akan dikonversi menjadi Rp5.000,- untuk didonasikan pada program #TemuKangen. Selain mitra, Traveloka juga membagikan 5.000 mudik kit kepada konsumen di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Terminal Bus Pulo Gebang, dan Stasiun Gambir untuk mendukung perjalanan mudik yang aman dan nyaman dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Menyambut positif inisiatif #TemuKangen, Ahmed Zaki Iskandar, Bupati Tangerang menyambut baik kepedulian Traveloka terhadap mitra driver yang tersebar di Jabodetabek, terutama yang berdomisili di Tangerang dan sekitarnya.

"Saya juga berharap kegiatan pemberian sembako untuk kebutuhan pokok sehari-hari hingga memfasilitasi driver dan keluarga untuk pulang mudik dapat mendorong pihak-pihak lainnya untuk dapat melakukan hal yang sama terhadap para mitranya. Penerapan protokol kesehatan harus tetap menjadi prioritas bagi seluruh mitra Traveloka yang akan mudik. Jangan lengah karena berbagai kelonggaran dan kemudahan yang telah dibuka. Mudik Sehat, Balik pun Selamat," ujar Zaki.

Dalam menyediakan Mudik Kit, Traveloka menggandeng sejumlah mitra seperti Krispy Kreme, Tempo Scan dan Kalbe Farma untuk membagikan berbagai produk vitamin, obat-obatan dan sanitasi seperti Hemaviton, SOS Hand Sanitizer, Masker SOS, dan Entrostop.

Konsumen Traveloka bisa mendapatkan Mudik Kit selama periode 18 April-1 Mei 2022 dengan menunjukkan e-tiket Traveloka di gerai Krispy Kreme area keberangkatan Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta dan Stasiun Gambir, serta booth Traveloka yang dapat dijumpai di area keberangkatan Terminal Bus Pulo Gebang.

Tidak hanya Traveloka Mudik Kit, konsumen Traveloka juga bisa mendapatkan donat gratis dari Krispy Kreme, selama persediaan masih ada. Khusus bagi konsumen Traveloka yang akan melakukan perjalanan menggunakan bus dengan keberangkatan dari Terminal Pulo Gadung juga akan mendapat kupon potongan harga produk Bus senilai Rp50.000, serta berkesempatan untuk merasakan fasilitas relaksasi berupa gratis pijat refleksi yang akan dilakukan oleh terapis profesional.

Melalui seluruh rangkaian inisiatif #TemuKangen ini, Traveloka berharap tidak hanya memberikan manfaat dan kebahagiaan kepada para mitra driver dan konsumen, namun juga mendorong semua pelaku perjalanan untuk senantiasa mengutamakan penerapan protokol kesehatan selama perjalanan mudik.

“Dua tahun mengalami pandemi tentu tidak mudah bagi setiap orang. Momentum jelang hari raya Lebaran sangat ditunggu-tunggu oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, termasuk teman-teman mitra driver Eats Delivery yang sudah tidak sabar untuk #TemuKangen dengan keluarga di kampung halaman. Kami optimis bahwa kondisi pandemi dapat terus membaik apabila ada kerjasama yang baik antara mitra, konsumen dan pemangku kepentingan lain. Hal ini sekaligus menunjukkan komitmen Traveloka dalam menggeliatkan kembali sektor perjalanan dan pariwisata di Indonesia dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat”, tutup Shirley.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Artis ChaCha Marisa

Selasa, 05 Juli 2022 - 12:42 WIB

Artis ChaCha Marisa Kesal Foto Syurnya Tersebar di Medsos, Lapor Polisi

Bintang film dan model iklan laris Chacha Marisa kesandung masalah, foto syurnya tersebar luas di media sosial. Dengan kasus yang menimpanya, bintang film Makmum 2, Gentayangan, Perjanjian dengan…

Presiden dan Ibu Iriana Disambut Tradisi Penyambutan oleh Taruna saat Tiba di AKPOL Semarang

Selasa, 05 Juli 2022 - 12:30 WIB

Presiden dan Ibu Iriana Disambut Tradisi Penyambutan oleh Taruna saat Tiba di AKPOL Semarang

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo tiba di Gerbang Tanggon Kosala, Akademi Kepolisian (Akpol), Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Selasa, 5 Juli 2022, sekitar pukul 07.15 WIB.…

BCA Raih Penghargaan Gold Champion dalam BISRA Award 2022

Selasa, 05 Juli 2022 - 12:22 WIB

BCA Raih Penghargaan Gold Champion dalam BISRA Award 2022

Komitmen PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) dalam menghadirkan service excellence dan inovasi terdepan serta nilai tambah bagi masyarakat telah mengantarkan BCA dalam beberapa ajang penghargaan.…

OPPO Rayakan 100 Tahun Center Court dengan menjadi Mitra Global Wimbledon

Selasa, 05 Juli 2022 - 11:25 WIB

OPPO Rayakan 100 Tahun Center Court dengan Menjadi Mitra Global Wimbledon untuk 4 Tahun Berturut-Turut

OPPO melanjutkan komitmen untuk menginspirasi pengguna globalnya, OPPO merayakan hari jadi Centre Court yang ke-100 dengan meluncurkan kampanye terbarunya bernama Inspiration Ahead. Center Court…

Ilustrasi perumahan MBR

Selasa, 05 Juli 2022 - 10:54 WIB

Hingga Semester I Tahun 2022, Kementerian PUPR Telah Salurkan FLPP Untuk 99.557 Unit Rumah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berkomitmen untuk meningkatkan akses masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) terhadap rumah layak huni dan terjangkau melalui bantuan pembiayaan…