Jelang Lebaran, Ketersediaan Daging Sapi Cukup Penuhi Kebutuhan Masyarakat

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 30 April 2022 - 16:25 WIB

Sapi-sapi yang berada di peternakan
Sapi-sapi yang berada di peternakan

INDUSTRY.co.idJakarta-Menjelang Hari Raya Idul Fitri Tahun 1443 Hijriah, ketersediaan daging sapi/kerbau hingga bulan Mei 2022 aman dan tercukupi, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir untuk persiapan lebaran tahun ini.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Nasrullah di Kantor Pusat Kementerian Pertanian pada hari ini Sabtu (30/04).

Nasrullah mengatakan, hasil pendataan dan verifikasi secara faktual untuk data ketersediaan daging sapi/kerbau hingga Mei 2022 sebanyak 334,81 ribu ton, sedangkan kebutuhan sebanyak 309,14 ribu ton, sehingga masih ada surplus sebanyak 25,67 ribu ton.

"Ini artinya secara ketersediaan hingga bulan Mei mencukupi,” ucap Nasrullah. “Jadi ketersediaan daging sapi/kerbau untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Idul Fitri aman”, ujar Nasrullah. “Kalaupun terjadi kenaikan harga karena tingginya permintaan saat event hari raya harusnya masih dalam taraf yang wajar dan tidak setinggi yang banyak diinfokan,” imbuhnya.

Secara terpisah, Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Tri Melasari saat memantau ketersediaan sapi siap potong di PT. Karunia Alam Sentosa Abadi  (PT. KASA) Provinsi Lampung menyampaikan, di peternakan tersebut masih banyak sapi siap potong yang siap didistribusikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

"Di sini bahkan pihak feedloter siap jemput bola dengan mendatangi distributor-distributor maupun pembeli yang akan membeli sapi, bahkan marketing-marketingnya tadi infonya sedang pada di luar kantor semua untuk promosi, jadi dapat disimpulkan ketersediaan sapi siap potong ada dan aman," ungkapnya menjelaskan.

Mela juga menyampaikan, selain sapi siap potong pemerintah juga telah berupaya untuk menyediakan alternatif atau pilihan daging/kerbau dengan harga yang terjangkau. "Untuk masyarakat Jabodetabek juga dapat mengakses daging sapi/kerbau beku yang tersebar di 54 outlet untuk wilayah Jabodetabek. Informasi untuk outlite sekitar wilayah Jabodetabek bisa dilihat di medsos Ditjen PKH Kementan," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama , senada dengan Tri Melasari, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung, Lili Mawarti menyampaikan, ketersediaan sapi siap potong di Provinsi Lampung surplus dan setiap tahun selalu menyuplai ke luar provinsi. "Kami sampai hari ini juga terus melakukan pemantauan agar pasokan dan distribusi sapi-sapi siap potong yang dikirim ke luar pulau lancar dan tidak ada kendala," ungkap Lili.

Menurutnya, sejauh ini ketersediaaan, pasokan dan distribusi lancar dan aman, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir kekurangan daging sapi. Sebagai informasi Lampung adalah salah satu sentra produsen ternak sapi potong di Indonesia.

Sementara itu, Gabungan Pelaku Usaha Peternakan Sapi Potong Indonesia (Gapuspindo) Didiek Purwanto menyampaikan, semua anggota Gapuspindo yang berjumlah 22 anggota baik dari Lampung, Banten, Jawa Barat dan Sumatera Utara sudah menyiapkan 115 ribu ekor untuk memenuhi kebutuhan dari bulan Februari hingga bulan Mei 2022. Ia katakan, rata-rata sapi yang dikeluarkan setiap bulan 30–35 ribu ekor untuk memenuhi kebutuhan sebelum bulan Ramadhan hingga setelah Lebaran nanti.

“Sapi- sapi sudah dipelihara selama 4 bulan dan kami semua sudah menyiapkan sapi hidup siap potong, dan kami tidak ada merubah jumlah sapi yang dikeluarkan, semua dikeluarkan sesuai yang sudah direncanakan dari bulan Februari 2022,” ungkap Didik. “Distribusi pun lancar, setiap bulan kita siapkan dan tidak ada pembatasan untuk pengeluaran, sehingga jika ada ada keluhan tentang ketersediaan harusnya itu tidak ada karena semuanya lancar,” tandasnya.

Hal yang sama juga disampaikam oleh Nanang, Ketua Umum Perhimpunan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia (PPSKI). Menurutnya, ketersediaan sapi lokal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Lebaran tahun ini aman, tidak ada kendala, dan sejauh ini setiap permintaan dapat mereka penuhi. "Antara permintaan dengan ketersediaan imbang, jadi semua yang pelanggan minta dapat kami penuhi," ungkap Nanang. "Saya saat ini masih memantau terus semua kebutuhan dari semua daerah dan semua aman tercukupi, demikian pula untuk distribusi juga lancar," imbuhnya.

Lebih lanjut, perwakilan Asosiasi Pedagang Daging Sapi Indonesia (APDI), Akhyat mengatakan, ketersediaan daging sapi segar saat ini menjelang hari Raya Idul Fitri tercukupi untuk wilayah Jabodetabek maupun wilayah lainnya.

Sedangkan Ketua Umum Jaringan Pemotong dan Pedagang Daging Indonesia (JAPPDI) Haji Asnawi menyampaikan, ketersediaan daging sapi ada. “Ketersediaan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang akan merayakan hari Raya Idul Fitri,” ungkap Asnawi.

“Pemerintah juga ada intervensi dengan menambah impor daging kerbau sebagai alternatif atau pilihan buat masyarakat,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…