SMKL Raih Pertumbuhan Pendapatan 24,86% YoY pada Tahun 2021

Oleh : Hariyanto | Rabu, 27 April 2022 - 19:18 WIB

PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk (SMKL)
PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk (SMKL)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Satyamitra Kemas Lestari Tbk (SMKL), Perseroan yang bergerak di bidang kemasan berbahan dasar karton atau kertas cokelat, terus mencatatkan kinerja yang baik dengan berhasil meraih penjualan Rp2,119 triliun atau bertumbuh sebesar 24,86% sepanjang tahun 2021.

Hal ini merupakan hasil dari berbagai strategi yang dilakukan SMKL sebagai penyedia total packaging solutions integrated with logistic, sehingga terus mendapatkan kepercayaan dan pesanan dari pelanggan.

SMKL menawarkan total packaging solutions integrated with logistic mulai dari produksi berbagai macam kemasan customized sesuai dengan permintaan pelanggan, pengiriman logistik yang dapat dimonitor secara real-time, hingga solusi penyimpanan dengan menyediakan gudang yang terintegrasi sehingga pengiriman dapat dilakukan tepat waktu sesuai permintaan pelanggan.

"Kami bersyukur dapat terus membukukan kinerja yang positif hingga akhir tahun 2021. Hal ini tidak terlepas dari berbagai dukungan dan upaya yang dilakukan untuk memberikan pelayanan dan produk yang berkualitas kepada pelanggan kami," kata Herryanto Setiono Hidayat selaku Direktur Marketing SMKL yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (27/4/2022)

"Pada tahun 2021 ini SMKL tidak hanya meraih kenaikan penjualan, melainkan juga memperoleh pertumbuhan laba bersih setelah pajak sebesar 162,81% atau Rp106,306 miliar. Diharapkan kedepannya SMKL dapat secara konsisten memberikan kinerja yang baik dan akan terus memperkuat solusi kemasan kami," imbuhnya.

Pada tahun 2021 kontribusi penjualan SMKL berasal dari penjualan corrugated carton box, pre-print corrugated box, offset printing box, dan rigid box. Adapun kontribusi untuk masing-masing penjualannya, yaitu didominasi oleh carton box sebesar 56,59%, lalu diikuti oleh offset 24,96%, pre-print 14,05%, dan rigid box 4.40%.

Di mana pada tahun 2021 ini pertumbuhan penjualan didorong terutama oleh segmen produk carton box dan offset yang masing-masing meningkat sebesar 24,90% untuk carton box dan 30,88% untuk offset. Adapun dalam memenuhi segmen-segmen tersebut, SMKL memiliki keahlian customized order sehingga mampu memenuhi kebutuhan pelanggan, baik jenis, bentuk, dan ukurannya.

SMKL sebagai penyedia kemasan yang sudah banyak dikenal oleh berbagai perusahaan secara global di berbagai sektor ini memiliki keunggulan melalui solusinya sebagai penyedia kemasan yang terintegrasi dengan logistic dan warehouse.

Serta, melalui fokusnya pada bisnis keberlanjutan juga memberi nilai tambah SMKL bagi para pelanggannya. SMKL telah memiliki sertifikasi keberlanjutan Forest Stewardship Council (FSC) dan pengelolaan waste paper yang baik dengan mengirimkannya ke pabrik kertas untuk didaur ulang.

Bahkan SMKL telah memiliki strategi untuk berencana memasang solar panel pada tahun ini untuk menghemat biaya listrik 5-8% dan akan mengganti bahan bakar batu bara dengan gas yang lebih ramah lingkungan. Hal ini yang membuat SMKL optimis akan terus memberikan kinerja yang optimal. Misalnya, pada tahun 2022 ini SMKL memiliki target pertumbuhan penjualan sebesar 15%.

“Kami yakin dapat terus berinovasi dalam memenuhi kebutuhan para pelanggan SMKL. Sebagai penyedia kemasan yang sudah dipercaya dan dengan berbagai keahlian yang kami miliki, SMKL akan terus melihat berbagai peluang yang ada. Kedepannya diharapkan SMKL dapat terus meraih kinerja yang baik melalui strategi-strategi yang akan dijalankan,” tutup Herryanto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Christian Atmadjaja Direktur Virtus.

Kamis, 19 Mei 2022 - 14:38 WIB

Virtus Technology Indonesia Lanjutkan Program Virtus Bakti Negeri untuk Dukung Pengembangan SDM Digital di Indonesia

Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap pendidikan, khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia, PT. Virtus Technology Indonesia (Virtus), penyedia solusi infrastruktur…

Ilustrasi Galon

Kamis, 19 Mei 2022 - 13:50 WIB

Ekonom Indef: KPPU Berkewajiban Desak BPOM Batalkan Wacana Pelabelan BPA Karena Berbau Persaingan Tidak Sehat

Ekonom senior Indef yang juga pengamat persaingan usaha, Nawir Messi, mengatakan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) berkewajiban mendesak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk membatalkan…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Kamis, 19 Mei 2022 - 13:40 WIB

Menteri Basuki : ASN Harus Memiliki Karakter yang Baik, Kuat, dan Akhlakul Karimah

Dalam rangka pengembangan kompetensi kepemimpinan, para Aparatur Sipil Negara (ASN) ke depan dituntut tidak hanya pintar atau ahli di bidangnya saja, tetapi juga harus memiliki karakter yang…

Indonesia-Singapura Perkuat Kolaborasi Sektor Parekraf Pascapandemi Covid-19 (Dok: Kemenparekraf)

Kamis, 19 Mei 2022 - 13:30 WIB

Kebijakan Masker dicabut, RI-Singapura Perkuat Kolaborasi Sektor Parekraf

Dalam pertemuan dengan Menteri Keuangan Singapura, Lawrence Wong dan Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Gan Kim Yong di Jakarta Pusat, Rabu (18/5/2022), Menteri Pariwisata dan Ekonomi…

Kapolda Sulteng : Buronan Teroris MIT Poso Tersisa Satu Orang

Kamis, 19 Mei 2022 - 13:01 WIB

Kapolda Sulteng : Buronan Teroris MIT Poso Tersisa Satu Orang

Poso-Kapolda Sulteng, Irjen Pol. Drs. Rudy Sufahriadi memastikan tersangka kasus terorisme yang masuk daftar pencarian orang (DPO) kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) tersisa satu orang…