Punya Rencana Perjalanan Mudik Tahun Ini? Perhatikan 5 Hal Penting Ini

Oleh : Hariyanto | Rabu, 27 April 2022 - 15:00 WIB

Mudik Lebaran
Mudik Lebaran

INDUSTRY.co.id - Jakarta -  Tren perjalanan sudah mulai bangkit awal tahun ini. Dimulai dengan tradisi mudik Lebaran yang akhirnya bisa kembali dijalankan. Berdasarkan data Litbang Kementerian Perhubungan, diperkirakan 85 juta penduduk Indonesia akan melakukan perjalanan mudik pada Hari Raya Idul Fitri 2022 nanti.

Antusiasme masyarakat yang tinggi untuk mudik juga terlihat dari meningkatnya pemesanan moda transportasi di aplikasi lifestyle superapp Traveloka.

Selama dua minggu pertama bulan April, pemesanan tiket moda transportasi darat dan udara di aplikasi Traveloka mengalami peningkatan sebesar 62% dibandingkan dua bulan sebelumnya ketika pemerintah belum mengumumkan kebijakan untuk membolehkan mudik.

"Berdasarkan data internal kami, terlihat bahwa jumlah pemesanan tiket pesawat sejak H-14 libur Lebaran mencapai 100% jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2019 (sebelum pandemi)," kata Iko Putera, CEO Transport, Traveloka yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (27/4/2022).

Menurutnya, engan adanya perubahan perilaku sejak pandemi dan peningkatan pemesanan menjelang tanggal keberangkatan, jumlah pemudik di tahun ini diperkirakan mencapai 112% jika dibandingkan dengan tahun 2019. "Kami juga mencatat rute perjalanan udara yang paling banyak dipilih konsumen untuk mudik tahun ini adalah dari Jakarta menuju Medan, Surabaya, Padang, Denpasar, dan Pekanbaru," imbuhnya.

Melihat adanya peningkatan minat dan kondisi pandemi yang perlahan mulai terkendali, momen libur Lebaran tahun ini bisa menjadi momen yang tepat untuk memulai rencana perjalanan, baik mudik atau sekedar refreshing ke destinasi impian. Kamu bisa menentukan destinasi baik domestik atau internasional yang tentunya harus disesuaikan dengan budget.

Bagi yang sudah memiliki rencana perjalanan mudik dan agar perjalananmu aman dan nyaman, perhatikan 5 hal penting ini:

1. Kondisi badan harus sehat.
Kondisi badan yang sehat menjadi persiapan paling utama dalam perjalanan mudik. Bagi sebagian orang, mungkin ini menjadi perjalanan jauh pertama, setelah sekian lama tidak bepergian, untuk itu sangat penting untuk tetap menjaga kesehatan. Selama berpuasa, pastikan mengkonsumsi makanan yang sehat saat sahur dan berbuka, minum vitamin, dan tetap terhidrasi dengan membawa botol minum sendiri.

2. Tetap menerapkan protokol kesehatan.
Walaupun kondisi pandemi sudah mulai terkendali, penerapan protokol kesehatan, seperti penggunaan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, tetap wajib dilakukan. Pastikan kita juga sudah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga atau booster.

Selain sebagai salah satu syarat untuk melakukan perjalanan mudik, vaksinasi booster juga sangat penting sebagai langkah melindungi diri dari Covid-19. Jika kamu baru mendapatkan vaksinasi dosis kedua, masih diperlukan tes Swab Antigen minimal 1x24 jam dengan hasil tes negatif. Jangan lupa untuk mengisi eHAC di aplikasi PeduliLindungi.
Jika kamu ingin vaksinasi booster, sebaiknya dilakukan paling lambat 1 minggu sebelum berangkat agar setibanya di rumah, kamu dan keluarga tetap aman dan terhindar dari COVID-19.

Kementerian Kesehatan juga telah menyiapkan 13.968 fasilitas kesehatan yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Terdiri dari 10.292 puskesmas, 3.034 rumah sakit, 251 Public Safety Center (PSC), 51 KKP dan 340 Pos Kesehatan guna membantu pemudik yang membutuhkan pertolongan medis. Konsumen Traveloka secara khusus bisa mendapatkan informasi mengenai regulasi dan kebijakan pemerintah terbaru dalam melakukan perjalanan dengan mengecek laman ‘Safe Travel Page’ di platform Traveloka.

3. Gunakan moda transportasi yang tepat.
Menurut data Litbang Kementerian Perhubungan, sekitar 47% total pemudik akan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil. Bagi masyarakat yang ingin menikmati perjalanan darat tapi tidak memiliki kendaraan pribadi, dapat memilih transportasi darat lain seperti Bus dan Shuttle, yang kini sudah dapat dipesan di Traveloka untuk rute sekitar Jawa dan Sumatera.

Menggunakan bus juga masih menjadi salah satu transportasi darat yang favorit karena jangkauan titik keberangkatan dan titik turun yang lebih luas. Sedangkan bagi kamu yang ingin menghindari penumpukan arus mudik lewat jalur tol dan destinasi yang lebih jauh, kamu bisa memilih alternatif moda transportasi non-tol lainnya, seperti Kereta Api atau Pesawat.

Data internal Traveloka mencatat pesawat menjadi salah satu alternatif moda transportasi yang paling banyak dipilih, dengan adanya peningkatan pemesanan tiket pesawat sejak dua minggu pertama April. Pemesanan ini dilakukan untuk jadwal keberangkatan 15-30 hari ke depan, dan diprediksi pemesanan tiket yang sifatnya last-minutes akan meningkat menjelang Hari Raya Idul Fitri.

4. Perjalanan menjadi lebih aman dengan perlindungan asuransi.
Penting untuk memiliki asuransi sebagai bagian dari persiapan perjalanan mudik untuk mengantisipasi dan melindungi kamu dari banyak risiko yang mungkin saja terjadi. Traveloka menyediakan sejumlah pilihan asuransi perjalanan untuk menambah kenyamanan konsumen, seperti asuransi COVID-19 gratis untuk semua penerbangan, reschedule coverage, perlindungan bagasi (baggage protection), asuransi untuk keterlambatan pesawat (delay protection), asuransi perjalanan kereta api, serta 100% refund guarantee untuk pesawat dan kereta api.

5. Ambil waktu istirahat selama perjalanan.
Perjalanan mudik baik dengan moda transportasi darat maupun udara tetap cukupmenguras energi. Ambil waktu istirahat sejenak jika dirasa kondisi tubuh mulai lelah. Bagi penumpang Garuda Indonesia yang melakukan pemesanan melalui Traveloka dan membeli tiket saat Jam Terbang (11.00-13.00 dan 19.00-21.00) bisa bersantai di Blue Sky Lounge yang berlokasi di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Bandara Kualanamu, Bandara Sepinggan, Bandara Sultan Syarif Kasim II, dan Bandara Supadio.

Tidak hanya penumpang pesawat, penumpang kereta api juga bisa menikmati berbagai macam keuntungan dari layanan Traveloka Train Plus selama perjalanan mudik. Mulai dari dari Traveloka Mudik Kit, kupon Eats Delivery, kupon QuickRide, kupon Car Rental, donat gratis, hingga gratis berlangganan hiburan Genflix.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:04 WIB

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menjalin kolaborasi dengan PT. KAI/KA Wisata dan ASTINDO menghadirkan program "Bundling…

Penandatanganan Kontrak Subsidi Energi 2024

Selasa, 19 Maret 2024 - 12:40 WIB

Pertamina Siap Salurkan Subsidi Energi 2024 Tepat Sasaran

Pertamina siap menjalankan penugasan Pemerintah menyalurkan subsidi energi 2024 tepat sasaran. Melalui PT Pertamina Patra Niaga sebagai Subholding Commercial & Trading, Pertamina akan memastikan…

Talk Show ICDX yang bertajuk “Menjelajahi Dinamika Komoditi Syariah: Peluang dan Tantangannya di Indonesia”

Selasa, 19 Maret 2024 - 12:22 WIB

Makin Diminati, ICDX Targetkan Transaksi Komoditi Syariah Mencapai Rp 2,5 Triliun di Tahun 2024

Direktur Utama Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX), Nursalam mengatakan, transaksi Komoditi Syariah di Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX) atau Bursa Komoditi dan…

Gedung BNI

Selasa, 19 Maret 2024 - 11:53 WIB

BNI Exporters Forum Bantu UMKM Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI konsisten mendorong UMKM Go Global dan meningkatkan devisa negara.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah)

Selasa, 19 Maret 2024 - 11:47 WIB

Menko Airlangga Targetkan 41 Proyek Strategis Nasional Selesai pada Tahun 2024

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) mengatakan bahwa pemerintah menargetkan 41 Proyek Strategis…