Kuil Hindu Guru Nanak Darbar, Berikan Makanan Berbuka Puasa untuk Muslim di Dubai

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 25 April 2022 - 15:15 WIB

Ilustrasi Berbuka Puasa Bersama (Ist)
Ilustrasi Berbuka Puasa Bersama (Ist)

INDUSTRY.co.id - Selama dua tahun, Ramadan bagi masyarakat Uni Emirat Arab tidak sama dibandingkan tahun lalu. Namun, tahun ini, semuanya tampaknya kembali normal, meski masih tetap mengutamakan protokol kesehatan yang ketat. Restoran dipenuhi pelanggan selama waktu berbuka puasa  dan selama malam Ramadan.

Selain tenda berbuka puasa pemerintah yang mendistribusikan makanan secara gratis, inisiatif kemanusiaan lainnya dilakukan oleh komunitas asing dan non-Muslim.

Guru Nanak Darbar, yaitu sebuah kulit Hindu-India di Desa Jebel Ali, di selatan Dubai, menyediakan makanan berbuka puasa untuk umat Muslim Dubai di wilayah sekitar yang kurang mampu. Kegiatan ini sudah dilakukan sejak awal Ramadan.

Kuil Guru Nanak Darbar, persisnya berlokasi di dalam komplek Churches, di mana disana juga terdapat sejumlah gereja.

Dalam sebuah wawancara dengan Al-Monitor, kepala Kuil Guru Nanak Darbar, Ragidi Babuhai Patel, mengatakan, komunitas India adalah yang terbesar di Uni Emirat Arab, berjumlah lebih dari 3 juta orang uamh nerasal dari berbagai pemeluk agama, mulai Islam, Kristen, Hindu atau Sikh.

"Ada sekitar 50 ribu pemeluk Sikh di Dubai. Tetapi saya tidak tahu berapa jumlah keseluruhan Uni Emirate Arab," katanya dilansir dari laman al-monitor.

Kuil ini dibangun pada 2012. Selain Kuil Guru Nanak Darbar, ada dua kuil yang lebih tua terletak di Bur Dubai.

Gagasan untuk menyediakan makanan sehari-hari bagi umat Islam dan pemeluk agama lain selama Ramadan dimulai pada 2018. 

"Sebagian besar pengunjung Muslim mereka adalah orang India, diikuti oleh orang Pakistan dan Bangladesh, dan orang-orang dari kebangsaan dan agama lain mengunjungi kuil sesekali. Mereka duduk bersama kami saat berbuka puasa," jelasnya.

Sebelum pandemi Covid-19, ruang tersebut dapat menampung sekitar 60 orang. Namun, hari ini, dengan langkah-langkah keamanan publik, maksimal 30 hingga 40 orang diizinkan masuk.

Untuk makanan yang disajikan, pihak kuil menyiapkan channa masala, yang merupakan pancake kecil yang diisi dengan kentang, kari, dan bawang. 

Palak paneer terbuat dari bayam dan potongan paneer, yang merupakan keju petani gaya India. Hidangan lain juga disajikan selain buah-buahan, permen India, dan teh Karak.

"Makanan kami tidak mengandung daging atau sejenisnya, karena keyakinan kami tidak mengizinkannya. Kami ingin berbagi dengan saudara-saudara kami. Terutama pekerja dengan upah rendah, dari kemanusiaan, perdamaian, dan persaudaraan," tukas Patel.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…