Laporan ESG Report 2021, Bentuk Komitmen Eiger Tunjukkan Lingkungan Berkelanjutan

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 23 April 2022 - 11:45 WIB

Press Conference "Eiger Environment, Social, and Governance Report 2021"
Press Conference "Eiger Environment, Social, and Governance Report 2021"

INDUSTRY.co.id - Berawal dari keresahan melihat kondisi alam khususnya gunung-gunung saat ini, PT Eigerindo Multi Produk Industri, perusahaan yang menaungi brand penyedia perlengkapan kegiatan luar ruang asal Indonesia, EIGER Adventure, merilis Environment, Social and Governance (ESG) Report 2021 atau laporan keberlanjutan pertamanya bertemakan Untuk Bumi, Untuk Nanti.

Christian H. Sarsono, CEO PT Eigerindo Multi Produk Industri mengungkapkan, kami resah, kekayaan dan keindahan alam yang saat ini kita nikmati, gunung-gunung yang saat ini kita daki, di masa depan tidak dapat lagi dinikmati oleh generasi yang akan datang. 

"Padahal, sebagai brand yang terus mengajak masyarakat untuk melakukan eksplorasi, alam selalu menjadi inspirasi terbesar kami dalam mengembangkan produk dan kegiatan. Disitulah kami merasa memiliki tanggung jawab yang besar atas kondisi alam dan lingkungan," ujarnya melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Ia menambahkan, kepedulian ini semakin tumbuh didorong dengan diskusi dan masukan dari berbagai pihak termasuk melalui survey kepada Eigerian (konsumen), masukan dari para penggiat senior, komunitas, dan konsultan terkait keberlanjutan.

Lebih lanjut, Harimula Muharam General Manager Product Research and Development EIGER Adventure sekaligus Sustainability Project Leader menjelaskan kepedulian EIGER terhadap lingkungan sudah dilakukan sejak beberapa tahun ke belakang, seperti program Gerakan Tanam Indonesia dan Adopsi Pohon yang rutin dilaksanakan sejak tahun 2012. 

"Namun memang, semua yang sudah EIGER jalani sejak beberapa tahun kebelakang belum menerapkan strategi keberlanjutan secara terintegrasi dan holistik, termasuk belum dilakukannya pencatatan yang terukur," tuturnya.

"Sustainability atau keberlanjutan pun sudah menjadi bagian dari MISI perusahaan PT Eigerindo MPI sejak tahun 2020. Inilah salah satu bukti komitmen kami dalam mulai menjalani program keberlanjutan," tambah dia.

Di 2021, EIGER mulai untuk melakukan pencatatan dan pengukuran yang menyeluruh atas kontribusi yang telah dilakukan EIGER dalam kepeduliannya terhadap lingkungan. Bahkan, EIGER menggandeng Ir.R.A.Amalia Yunita, MM.Sust., seorang penggagas wisata arung jeram bernama Arus Liar dan pakar sustainability sebagai Sustainability Program Advisor.

Bersama dengan pakar sustainability, EIGER telah menyusun peta jalan untuk menjalankan inisiatif keberlanjutan secara holistik, termasuk melakukan perencanaan, pencatatan, dan pengukuran dalam merespon dampak operasional perusahaan dari bahan baku, pemasok hingga sampai ke konsumen dan menjadi dampak bagi lingkungan dan masyarakat.

Ir.R.A.Amalia Yunita, MM.Sust., EIGER Sustainability Program Advisor mengatakan, ini laporan perdana kami sebagai salah satu bentuk transparansi kami kepada publik.  Kami sangat terbuka untuk berbagai masukan dari berbagai pihak terkait laporan maupun inisiatif yang sudah maupun yang akan dilakukan.

"Langkah yang baru kami mulai tidak akan bisa berdampak besar jika kami jalan sendirian. Oleh karena itu, kami mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama kami mengarungi perjalanan ini," pungkas dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Florence, Italia (Dok: skyticket.com)

Rabu, 06 Juli 2022 - 14:38 WIB

Covid di Italia Ngamuk Lagi! Tembus 100 Ribu Kasus Imbas Sub-Varian Omicron BA.5

Jakarta-Italia melaporkan lebih dari 100 ribu kasus Covid-19 pada Selasa (5/7), tertinggi sejak Februari. Lonjakan angka infeksi ini disebut imbas sub-varian Omicron, BA.5.

Pradesain Ibu Kota Baru

Rabu, 06 Juli 2022 - 14:23 WIB

Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Minta Pemda Stop Pemberian Perizinan Dikawasan IKN

Jakarta – Pembangunan fisik akan dimulai bulan agustus 2022 di IKN dan akan terus berlanjut pasca disahkannya UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.

Pemusik Leon Travis

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:51 WIB

Pemusik Leon Travis Meng-Country di Tanah Amerika

Tidak banyak musisi country di Indonesia yang konsisten mengeluarkan karyanya selama 5 tahun terakhir.

Artis Bintang Darmawan

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:40 WIB

Bintang Darmawan, dari Di Bully Akhirnya Tunjukan Prestasi Dengan Mengeluarkan Single Bintang Di Hatimu karya Bemby Noor

Industry musik Indonesia tidak pernah kekurangan talent baru yang potensial meramaikan pasar musik yang sempat tiarap akibat wabah Pandemi Covid 19 yang nyaris tembus 3 tahun. Adalah Bintang…

Ilustrasi ACT

Rabu, 06 Juli 2022 - 13:38 WIB

Soroti Dugaan Penyimpangan Dana Umat ACT, DPR Minta Adanya Sanksi Tegas

Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto menanggapi tentang Kasus masalah penyelewengan dana donasi yang dilakukan lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT). Menurutnya, oknum yang melakukan…